Mengatur Budget Dari Gaji Bulanan

Mengatur Budget Dari Gaji Bulanan – Agar tak tekor tiap bulan, buat perencanaan keuangan dengan melakukan budget bulanan dengan pintar. Hasilnya, meski akhir bulan sudah menjelang, masih ada dana tersedia untuk bersenang-senang! Ini adalah saran budget keuangan pribadi yang bisa Anda gunakan untuk mensiasati gaji bulanan Anda.

Mengatur Budget Dari Gaji Bulanan

30% Angka ini adalah jumlah maksimal yang boleh Anda gunakan untuk bayar kos atau sewa rumah. Sesuaikan anggaran perumahan dengan gaii yang Anda dapat. Usahakan jangan melebihi 30% dari total pendapatan Anda. Lebih bagus kalau sewa kos bisa jauh lebih rendah dari angka ini.
20% Untuk ditabung atau diinvestasikan. Bentuknya bisa macam-macam. Tabungan tradisional, deposito, atau investasi saham dan reksadana. Pilihan lain, praktekkan cara menabung nenek jaman dulu, menyimpan dalam bentuk emas.
30% Sisihkan untuk keperluan sehari-hari. Termasuk dalam pos ini adalah uang makan sehari-hari, keperluan pribadi, atau belanja bulanan lainnya. Masukkan juga tagihan kartu kredit dalam pos ini.
20% Jumlah ini masuk dalam ketegori keperluan ekstra. Belanja baju, aksesori, nonton, sewa VCD, beli kaset atau CD, jalan-jalan, atau hiburan lainnya. Kalau ada rekan yang menikah atau ulang tahun, belilah kado yang diambil dan pos ini.

Dalam membuat budget bulanan, INGAT hal-hal berikut ini:
 Budget Anda harus berdasarkan pada kemampuan, kebutuhan, dan prioritas Anda.
 Dalam menetapkan jumlah yang dianggarkan harus realitis.
 Usahakan agar pada akhirnya Anda masih punya sisi kelebihan uang.
 Simpan paling tidak 5% dari penghasilan Anda untuk keperluan tak terduga.
 Buat catatan budget Anda dengan cara yang simpel dan mudah dibaca.
 Dalam hal ini hanya Anda sendiri yang bisa mempertahankan budget Anda. Berbelanja tanpa pertimbangan dan perencanaan dapat menghancurkan rencana menabung.
 Jangan panik dulu jika menemukan jumlah pengeluaran yang tidak klop. Justru dengan begitu Anda bisa merevisi lagi susunan anggaran Anda ke jumlah yang lebih sesuai.
 Berdisiplin dalam pelaksanaannya.

Advertisements

One response to “Mengatur Budget Dari Gaji Bulanan

  1. Pingback: Cara Membuat Budget Keuangan Pribadi | DetikLife·

Comments are closed.