Cara Membuat Budget Keuangan Pribadi

Membuat Budget Keuangan – Kecerdasan dalam mengatur uang akan membuat Anda mempunyai status keuangan yang sehat, bisa membeli apa-apa yang diimpikan masa depan terjamin. Oleh karena itu, buatlah perencanaan keuangan sejak sekarang. Bagaimana caranya? Setelah sebelumnya dibahas tentang saran alokasi budget gaji bulanan, berikut ini tujuh cara mudah bikin budget pribadi.

Cara Membuat Budget Keuangan Pribadi

 Tahap Pertama. Buat tabel yang terdiri dari 4 kolom. Kolom pertama, dinamai kolom A, beri judul “Pemasukan/Pengeluaran”. Kolom kedua, B, diberi judul “Dana Masuk”, Kolom ketiga, C, ditandai “Dana Keluar” dan kolom keempat, D, ditulisi ‘Saldo’.
 Tahap Dua. Tulis penghasilan yang Anda dapat setiap bulannya dalam kolom A, juga pemasukan dari sumber-sumber lain, misalnya honor mengirim tulisan ke yang akan masuk pada bulan atau jenis pemasukan lainnya.
 Tahap Ketiga. Susun daftar pengeluaran tetap Anda dalam satu bulan. Cicilan atau kontrak rumah, gaji pembantu, uang sampah, langganan koran, belanja bulanan, tagihan telepon, beli baju atau sepatu, dan sebagainya. Masukkan daftar ini dalam kolom A, setelah daftar pemasukan.
 Tahap Empat. Masukkan jumlah uang yang diterima dari penghasilan ke kolom B. Sedangkan jumlah uang yang dianggarkan dalam daftar pengeluaran, dimasukkan ke dalam kolom C.
 Tahap Lima. Langkah berikutnya adalah untuk mendapatkan sisa kelebihan uang dengan mengurangi jumlah dari kolom B ke kolom C, lalu meletakkan hasilnya di kolom D.
 Tahap Enam. Jika terdapat saldo positif di kolom D, maka Anda bisa melangkah ke tahap tujuh. Jika saldonya nol atau dalam jumlah yang sangat sedikit maka Anda perlu mengevaluasi lagi keperluan pengeluaran Anda setiap bulannya. Mungkin dengan mengurangi atau menghilangkan pengeluaran lainnya yang berada di kualitas terendah. Tapi, kalau angka di kolom D negatif maka Anda tidak bisa melanjutkan ke tahap tujuh dulu, melainkan membereskan dulu utang-utang yang ada dan memperketat ikat pinggang.
 Tahap Tujuh. Inilah saatnya memantapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang Anda. Buatlah sebuah daftar dari keinginan-keinginan Anda itu. Misalnya:
• Jangka Panjang sekolah mengambil S2
• Jangka pendek kursus TOEFL
• Mengambil produk keuangan untuk mempersiapkan pensiun
• DLL

Sekalian Anda membuat daftar, perhitungkan juga berapa yang Anda butuhkan untuk alokasi dana cadangan untuk menghadapi situasi urgent seperti sakit, atau tiba-tiba kehilangan penghasilan.

loading...