Manfaat dan Khasiat Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan: Mengobati Batu Ginjal Malaria Hingga Jerawat Tanaman Herbal

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan: Mengobati Batu Ginjal, Malaria, Hingga Jerawat

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan: Mengobati Batu Ginjal, Malaria, Hingga Jerawat – Tanaman Pepaya (Carica papaya) terkenal dengan buahnya yang terasa manis. Pepaya merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan yg basah. Jika dibelah bagian tengah batang berlubang. Bunganya berwarna putih dan buahnya berwarna hijau disaat muda, sedangkan yang sudah tua berwama kuning kemerahan. Tinggi pohon pepaya dapat mencapai 5 sampai 10 meter dengan akar yang kuat.

Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan: Mengobati Batu Ginjal, Malaria, Hingga JerawatHelaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. Rongga dalam pada buah pepaya berbentuk bintang apabila penampang buahnya dipotong melintang. Pepaya memiliki berbagai nama daerah, di lngggris disebut dengan Papaw, di daerah Sunda Gedang, di daerah Jawa dikenal dengan nama Betik, Kates, Telo gantung. Penyakit yang dapat diobati oleh pepaya diantaranya adalah batu ginjal, hipertensi, malaria, sakit keputihan, kekurangan ASI, rematik, malnutrisi, gangguan saluran kencing, haid berlebihan. Sakit perut saat haid, disentri, diare, jerawat, ubanan.

Contoh penggunaan di masyarakat Indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini

Apabila kita terserang malaria maka kita dapat menggunakan pepaya sebagai obatnya dengan cara 1 lembar daun pepaya, tempe busuk sebesar ibu jari dan garam secukupnya ditumbuk bersamaan sampai halus, kemudian diperas dan disaring untuk diambil airnya. Air tersebut diminum 1 kali sehari selama 1 minggu berturut-turut.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman pepaya?

Kandungan kimia yang terdapat pada buah pepaya masak adalah Kalori, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, Kalsium, Hidrat Arang, Fosfor, Besi, Protein, dan air. Selain itu, buah pepaya juga mengandung unsur antibiotik, yang dapat digunakan untuk pengobatan tanpa ada efek sampingnya. Buah Pepaya mengandung unsur yang dapat membuat pencernaan makanan lebih sempurna, disamping memiliki daya yang dapat membuat air seni bereaksi asam, yang secara ilmiah disebut zat caricaksantin dan violaksantin.

Kandungan senyawa carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Di samping pada daunnya. akar dan getah pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Mengatasi Luka Bakar, Bisul, Hingga Gatal-gatal. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Pepaya Untuk Kesehatan: Mengobati Batu Ginjal, Malaria, Hingga Jerawat ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top