Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Mengatasi Luka Bakar, Bisul, Hingga Gatal-gatal

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Mengatasi Luka Bakar, Bisul, Hingga Gatal-gatal – Tanaman ini terkenal dengan buahnya yang manis dan rasanya yang khas berbeda dengan buah yang lain dan hampir setiap orang pernah mencicipinya. Nanas berasal dari negara Brasil. Di Indonesia, nanas ditanam di kebun-kebun, pekarangan, dan tempat-tempat lain yang cukup mendapat sinar matahari pada ketinggian 1-1300 m dpl. Nanas merupakan tanaman buah dan berjenis herba yang selalu berbuah sepanjang tahun.

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Mengatasi Luka Bakar, Bisul, Hingga Gatal-gatalTinggi tanamannya sekitar 50-150 cm, di bagian pangkalnya terdapat tunas merayap. Daun berkumpul dalam akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah. Helaian daun bentuk seperti pedang, tebal dan liat, ujungnya lancip menyerupai duri. sisi bawah bersisik putih, berwarna hijau atau hijau kemerahan. Bunganya banyak/majemuk tersusun dalam bulir yang sangat rapat, letaknya memusat/terminal dan bertangkai panjang. Buahnya bulat agak panjang, berdaging, berwama hijau, jika masak warnanya menjadi kuning. Buah nanas rasanya enak, asam banyak juga yang manis.

Nanas juga mempunyai biji, ukurannya kecil dan seringkali tidak jadi dari tidak terlihat. Buahnya selain di makan secara langsung, bisa juga diawetkan dengan cara direbus dan diberi gula, dibuat selai, atau dibuat sirop. Buah nanas dapat digunakan untuk memberi citarasa asam dan manis, sekaligus sebagai pengempuk daging. Daunnya yang berserat dapat dibuat benang ataupun tali. Untuk memperbanyak tanaman nanas dapat diperbanyak dengan cara menanam mahkota bunga, tunas batang, atau tunas ketiak daunnya.

Buah yang telah masak sifatnya dingin, dapat berkhasiat mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan atau penyakit maag. membantu mencemakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, dan menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet). Buah muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan. antelmintik, diuretik, peluruh haid (emenagog), peluruh dahak (mukolitik), dan pencahar. Daunnya berkhasiat pencahar, antiradang, dan menormalkan siklus haid.

Nanas memiliki nama-nama lokal daerah seperti di Sumatera: Ekahauku (Enggano), Anes (Aceh), Nas (Gayo), Henas, Kenas, Hanas (Batak), Gona (Nias), Asit, Nasit (Mentawai), Kanas, Nanas (Melayu). Aneh, Naneh (Minangkabau), Kanas. Kanyas, Nas, Nyanyas (Lampung). Jawa: Danas. Ganas (Sunda), Nanas (Jawa); Lanas, Nanas (Madura): Kalimantan: Kanas, Samblaka, Malaka, Uro Usan, Kayu Usan, Kayu Ujan, Belasan. Nusa Tenggara: Manas (Bali), Nanas (Sasak). Aruma, Fanda, Pandai (Bima), Panda (Sumba), Nana (Sawu), Peda, Anana, Pedang (Flores).

Cara Pemakaian:

Untuk obat yang diminum, jus 1/2-2 buah nanas ukuran sedang atau dapat juga diparut lalu minum. Untuk pemakaian obat luar, kupas buah nanas, lalu parut. Turapkan hasil parutannya pada bagian tubuh yang sakit, seperti membersihkan jaringan mati (debridement) pada luka bakar, ketombe, bisul, koreng, dan radang kulit (dermatitis). Cara lain, tumbuk daun nanas sampai halus, lalu balurkan pada luka bakar, bisul, dan gatal-gatal.

Bagi ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda karena dapat mengganggu kehamilan. Buah nanas di dalam saluran cerna difermentasi menjadi alkohol yang dapat menimbulkan kambuhnya rematik Gout. Sedangkan penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman nanas?

Buah nanas mengandung vitamin banyak vitamin diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, selain itu, mengandung unsur kalsium. fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa (gula tebu), dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, dan mengganggu pertumbuhan sel. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi).

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Mengkudu Untuk Kesehatan: Mengobati Darah Tinggi, Batuk, Dan Sakit Perut. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Nanas Untuk Kesehatan: Mengatasi Luka Bakar, Bisul, Hingga Gatal-gatal ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

About these ads