Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan: Rematik, Sariawan, dan Sakit Gigi

Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan: Rematik, Sariawan, dan Sakit Gigi – Tanaman ini dikenal sebagai pelengkap bumbu makan serta bahan utama membuat sambal, apakah itu? Apalagi kalau bukan si pedas cabai merah, bentuknya lonjong, memanjang dan berwarna merah ini mempunyai nama ilmiah Capsicum Annuum L, dengan nama daerah yang beraneka ragam Sumatera: Campli, Capli (Aceh), Lasina (Batak), Lada sebua (Nias), Lado (Minangkabau), Cabi (Lampung), Cabe, Lasinao (Melayu). Jawa: Cabe, Lombok, Sabrang (Sunda), Lombok, Mengkreng, Cabe (Jawa), Cabhi (Madura), Tabia (Bali), Koro (Flores).

Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan: Rematik, Sariawan, dan Sakit Gigi
Tanaman Capsicum annum ini berasal dari luar negeri, yaitu Amerika yang beriklim tropis, tersebar mulai dari Meksiko sampai bagian utara Amerika Selatan. Adapun di Indonesia, umumnya dibudidayakan di daerah pantai sampai pegunungan, hanya kadang-kadang menjadi liar. Cabe merah ini mempunyai batang berkayu, berbuku-buku dengan postur yang tegak berukuran 1-2,5 m, berumur setahun atau menahun. Daun berwarna hijau berbentuk bulat telur sampai elips, ujung runcing.

Bunga cabai merah berbentuk bintang, berwarna putih, keluar dari ketiak daun. Buahnya termasuk buah buni berbentuk kerucut memanjang, lurus atau bangkok meruncing pada bagian ujungnya dengan posisi menggantung, rasanya pedas. Buah muda berwarna hijau tua, setelah masak menjadi merah cerah. Tanaman ini ketika di buka buahnya akan didapati biji. Biji yang masih muda berwarna kuning, setelah tua menjadi coklat, berbentuk pipih. Rasa buahnya sangat pedas.

Tanaman cabai merah ini mempunyai khasiat untuk pengobatan berbagai penyakit, yaitu diantaranya rematik, sariawan, sakit gigi, influenza, dan untuk meningkatkan nafsu makan. Adapun bagian yang dapat digunakan untuk pengobatan, yaitu bagian buah, daun serta getah daun muda yang dapat digunakan untuk mempermudah persalinan.

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?
Cara pemakaiannya sangat mudah, apabila digunakan untuk pengobatan dalam tubuh (diminum), kita cukup merebus atau mengeringkan 0.5-1 gram buah, lalu dihaluskan sampai menjadi serbuk dan apabila digunakan untuk pengobatan di luar tubuh, kita cukup merebus 0,5-1 gram buah, lalu air rebusannya digunakan sebagai obat kompres. Selain itu, buah cabai juga dapat dicampur dengan bahan lain untuk membuat obat gosok sedangkan getah daun muda dapat digunakan untuk pengobatan luka, bisul, dan sakit gigi.

Contoh manfaat cabai merah di masyarakat Indonesia

Rematik
– Seduh 10 g serbuk cabai merah dalam 1/2 gelas air panas. Aduk sampai rata dan diamkan beberapa menit. Hasil seduhannya, dibalurkan pada bagian tubuh yang sakit.
– Oleskan minyak sayur pada beberapa helai daun cabai, lalu layukan di atas api kecil. Tempelkan daun cabai tersebut selagi hangat pada bagian kulit yang terluka.

Apa rahasia dibalik manfaat dan khasiat tanaman cabai?
Tanaman cabai mengandung kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin (A, C), damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, clan lutein. Selain itu, juga mengandung mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, iosior, dan niasin.

Adapun Zat aktif kapsaisin berkhasiat sebagai perangsang. Jika kamu mengonsumsi kapsaisin terlalu banyak akan mengakibatkan rasa terbakar di mulut dan keluarnya air mata, dan hal inilah yang menyebabkan lidah kita terasa pedas ketika sedang memakan cabai merah.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Benalu Untuk Kesehatan: Mengobati Amandel, Kanker, Campak. Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Cabai Merah Untuk Kesehatan: Rematik, Sariawan, dan Sakit Gigi ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.