Manfaat Benalu Untuk Kesehatan: Mengobati Amandel, Kanker, Campak

Manfaat Benalu Untuk Kesehatan: Mengobati Amandel, Kanker, Campak – Seringkali kita mendengar benalu identitik dengan hal yang merugikan, akan tetapi tumbuhan ini sebenarnya berperan juga sebagai tanaman obat. Nama tanaman ini berasal dari nama Belanda, yaitu Parasiet (hidup sebagai parasit), dengan memiliki nama lain, yaitu Pasilan, Kemladean (Jawa) dan Loranthus (Latin).

Manfaat Benalu Untuk Kesehatan: Mengobati Amandel, Kanker, Campak
Tanaman Benalu (Loranthus) adalah jenis tumbuhan yang hidupnya menempel pada tumbuhan lain yaitu pada daerah dahan-dahan pohon kayu, sehingga keberadaannya pun tidak memerlukan tanah sebagai media. Bunga benalu memiliki biji buah yang mengandung getah. Biji buah ini disebar oleh binatang atau burung yang memakan biji buah benalu tersebut.

Proses pengembangbiakannya sangat sederhana, yaitu biji benalu yang bergetah itu dimakan binatang atau burung. Kemudian biji benalu tersebut melekat di dahan dahan kayu bersama dengan kotoran burung yang memakannya, dan kemudian tumbuh di dahan itu. Benalu mempunyai pola hidup menempel pada pohon lain (inang).

Berdasarkan pengalaman yang dilakukan nenek moyang kita, setiap inang yang ditempeli benalu akan mempunyai khasiat tertentu misalnya, tanaman teh (Camellia sinensis) dapat digunakan sebagai obat anti kanker. Sedang benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis (Citrus Aurantifolia) dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk penyakit amandel dan jenis benalu umum dapat dimanfaatkan sebagai obat campak.

Contoh manfaat benalu di masyarakat Indonesia
Bagaimana benalu dapat mengobati penyakit ? Apabila terserang penyakit amandel maka yang perlu dilakukan adalah mengambil bahan benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dan tanaman adas palawaras secukupnya. Kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai suhu mendidih, setelah itu disaring dan diminum 1 kali sehari 1/2 gelas.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Belimbing Manis Untuk Kesehatan: Menurunkan Kolesterol. Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Benalu Untuk Kesehatan: Mengobati Amandel, Kanker, Campak ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

loading...