Nama Bayi Perempuan Islami

Nama Bayi Perempuan Islami 1 Kata Terbaik

Nama bayi perempuan islami 1 kata – Mempunyai seorang anak perempuan merupakan impian setiap orangtua di dunia. Selain dapat membantu ibu dalam kegiatan sehari – hari, anak perempuan biasanya memiliki hati yang lembut juga penuh kasih sayang. Selain itu, anak perempuan biasanya lebih bisa mendengarkan segala curahan hati orang tua daripada anak lelaki. Maka dari itulah, wanita begitu dimuliakan dalam Islam.

Karena itulah anda harus memberikan nama yang terbaik untuk anak perempuan anda. Hal tersebut juga dapat menunjang sifat yang dimiliki anak perempuan anda kelak jika sudah dewasa. Nah, jika anda sedang mencari nama bayi perempuan islami 1 kata untuk buah hati anda yang baru saja lahir, berikut adalah referensinya.

Nama Bayi Perempuan Islami 1 Kata

Nama bayi perempuan islami 1 kata

1. Azura

Nama bayi perempuan islami 1 kata yang pertama adalah Azura. Nama ini diambil dari nama anak perempuan dari Nabi Adam dan Siti Hawa. Setelah ia tumbuh dewasa ia menikah dengan saudaranya sendiri yang bernama Syit. Syit adalah sosok yang cerdas dan terkenal akan ketaqwaannya kepada Allah SWT yang luar biasa. Setelah mereka melangsungkan pernikahan, mereka pun dikaruniai keturunan yang nantinya menjadi leluhur – leluhur seluruh manusia di dunia.

Azura sendiri memiliki arti langit biru. Kata Azura sendiri berasal dari bahasa Arab. Ada beberapa tokoh ternama yang memakai ‘Azura’ pada nama mereka. Mereka adalah Azura Mustofa, Azura Skye dan lain – lain.

2. Rumaisa

Nama bayi perempuan islami 1 kata yang kedua adalah Rumaisa. Rumaisa berasal adari bahasa Arab yang mempunyai makna seikat bunga yang cantik. Nama ini diambil dari seorang perempuan yang merupakan wanita pertama yang masuk agama islam. Beiau adalah sosok yang sangat pemberani, kuat, dan tegas. Hal tersebut terbukti pada saat Ia menolak lamaran dari seorang yang tangguh dan kaya namun tidak beragama Islam, bernama Abu Talha.

Tapi pada akhirnya lamaran tersebut ia terima karena Abu Talha masuk ke dalam agama Islam. Beliau juga sempat berpartisipasi dalam Perang Uhud karena keberanian serta ketaqwaannya kepada Allah SWT. Bahkan ia lah yang melindungi Rasulullah SAW ketika Beliau ada di kondisi yang terdesak.

3. Aiza

Nama bayi perempuan islami 1 kata yang ketiga adalah Aiza. Nama ini diabil dari Al – Qur’an di surat Al-Maidah ayat ke 54. Arti dari kata ‘Aiza’ adalah seorang yang perkasa, mulia, dan juga dihormati. Dalam bahasa Spanyol, nama tersebut bermakna pemimpin yang dihormati. Dan dalam bahasa Austronesian, nama tersebut bermakna amal.

Selain tokoh Islam, nama ini pun kerap digunakan oleh tokoh – tokoh ternama seperti selebritis. Mereka adalah Aiza Segguera, Aiza Marquez, dan lain sebagainya.

4. Shafurra

Nama bayi perempuan islam yang berikutnya adalah Shafurra atau bisa juga disebut dengan Zaphora. Nama ini berasal dari bahasa Arab dan diambil dari nama istri Nabi Musa. Nabi Musa bertemu dengan sosok bernama Shafurra ini ketika Shafurra sedang membeli minuman untuk hewan ternaknya. Dan tiba – tiba ia mengalami kesulitan di tengah jalan, dan datanglah Nabi Musa untuk menolong.

Setelah itu, ayah dari Shafurra pun mengundang Nabi Musa untuk diberikan sebuah imbalan. Dan ternyata Nabi Musa dipersilahkan untuk bekerja di tempat ayah Shafurra tersebut hingga 10 tahun. Setelah itu, barulah Shafurra dengan Nabi Musa menikah.

5. Hilya

Nama bayi perempuan islam yang selanjutnya ialah Hilya. Nama tersebut diambil dari Al – Qur’an dari Surat An – Nahl ayat 14. Keseluruhan dari ayat tersebut menerangkan bahwa Allah SWT dapat menundukkan lautan, sehingga kita bisa mengambil ikan dan juga perhiasan dari dalam laut tersebut. Dan arti dari kata ‘Hilya’ tersebut adalah perhiasan.

Sehingga jika anda menamai putri anda dengan nama Hilya, diharapkan akan menjadi berharga seperti artinya.
Terdapat bentuk lain dari nama Hilya, yaitu Hilyah. Arti dari nama Hilyah sendiri sama dengan Hilya yang bermakna perhiasan.

6. Ayesha

Nama bayi perempuan islam yang berikutnya adalah Ayesha. Bentuk lain dari nama Ayesha adalah Aisyah. Nama Aisyah pastinya tidak asing untuk anda, karena nama tersebut diambil dari nama istri Nabi Muhammad SAW. Terkenal sebagai pribadi yang sangat cerdas dan juga berilmu, nama ini tentunya sangat baik untuk bayi perempuan anda.

Dengan nama ini, anda menyelipkan doa kepada Allah SWT semoga anak anda pun diberi kecerdasan dan kebaikan yang sama seperti istri Nabi tersebut. Dan semoga putri anda memiliki sifat – sifat mulia yang sama seperti Aisyah.

7. Hindun

Nama bayi perempuan islam selanjutnya adalah Hindun. Nama Hindun diambil dari istri Nabi Muhammad SAW yang mempunyai nama lengkap Hindun binti Hudzaifah. Sebelumnya, Ia merupakan seorang janda karena suaminya meninggal di medan perang.

Beliau terkenal dengan sebutan Ummu Salamah. Ia berasal dari alangan terhormat pada zaman tersebut. Ia pun memiliki kecerdasan yang luar biasa dan juga ketepatan dalam mengambil sebuah keputusan. Tak hanya itu saja, sosok Ummu Salamah ini pun memiliki paras yang cantik.

8. Afra

Nama bayi perempuan islam yang terakhir adalah Afra. Nama tersebut diambil dari seorang Afra binti Ubaid yang terkenal akan kesabaran dan kerelaannya berkorban. Beliau rela berkorban di jalan Allah SWT meski harus merelakan putranya gugur di medan perang. Salah satu putra dari Afra lah yang dengan keberaniannya membunuh Abu Jahal di medan perang. Nama Afra sendiri mempunyai arti malam ke – 13 atau putih kemerahan. Nama tersebut berasal dari bahasa Arab.

Itulah beberapa referensi nama bayi perempuan Islam yang bisa menambah ide anda dalam mencari nama untuk bayi perempuan anda. Beberapa nama yang memiliki arti yang indah tersebut bisa anda gabungkan untuk memiliki nama yang sedikit panjang. Pilihlah nama sesuai dengan harapan anda sebagai orangtua kepada buah hati anda. Dan jangan lupa didiklah mereka dengan baik agar sifat mereka terbentuk seindah nama mereka. Semoga referensi di atas bermanfaat!

To top