Fakta Uang Dan Mitos Tentang Uang

Fakta Uang Dan Mitos Tentang Uang – Sepertinya, cara paling gampang jadi kaya adalah menikah dengan orang kaya yang banyak uang. Anda percaya hal seperti itu? Apa saja yang tergolong fakta uang dan mitos uang? Sebetulnya, tak susah kok hidup nyaman dengan banyak uang. Caranya, ubah cara berpikir Anda! Hasil cepat yang bisa dilihat: Anda akan merasa lebih kaya secara spiritual. Jika dijalani secara konsisten, krisis ekonomi pribadi pun enggan mendekati. Jadi, percayalah hanya pada fakta saja! Simak 6 fakta dan mitos tentang uang berikut ini.

Fakta Uang Dan Mitos Tentang Uang

TAK PUNYA WAKTU MENGURUS KEUANGAN
Mitos: Anda terlalu sibuk bekerja atau hangout dengan teman dan pacar. Jadi, tak ada waktu tersisa untuk mengatur keuangan.
Fakta: Jangan khawatir. Mengelola keuangan pribadi tak butuh waktu banyak. Kerahkan pengetahuan Anda tentang manajemen finansial. Pada awalnya, Anda akan butuh waktu lebih lama. Santai saja! Ambil softdrink dan cemilan, kalkulasi gaji dan semua pengeluaran di atas kertas. Ketika Anda terbiasa, pasti tak ada masalah lagi!

TAK BISA MENIKMATI HIDUP
Mitos: Mengerikan sekali! Berhemat artinya Anda tak bisa pergi hangout di kafe dan hanya bisa nonton film saat ‘nomat”saja.
Fakta: Meski Anda sedang melakukan pengetatan ikat pinggang, tapi jangan membuat hidup jadi mengenaskan! Rahasianya, buat rencana keuangan sesuai prioritas. Buat daftar kegiatan yang paling penting. Pertimbangkan dana yang Anda rasa paling layak dihabiskan memenuhi kebutuhan ini. Jika Anda berani berkata ‘Tidak’ untuk secangkir cappucino setiap pagi, mungkin Anda bisa dapat reward yang lebih menyenangkan: beli baju yang sudah lama diimpikan!

BELANJA GILA-GILAAN DI KALA SEDIH
Mitos: Belanja tanpa hitung harga sepertinya adalah satu-satunya cara untuk menyenangkan diri sendiri saat sedang sedih.
Fakta: Boleh saja. Asal jangan lupa untuk selalu pakai akal sehat agar hidup tak jadi sengsara! “Sebetulnya, jumlah yang dihabiskan saat belanja sebanding dengan rasa percaya diri Anda, ” kata Dr. Helga Dittmar, dosen psikolog di Sussex University, Inggris. Artinya, saat tak percaya diri, makin banyak uang yang akan dibelanjakan! Hanya saja, tetapi belanja ini tak akan membuat Anda nyaman. Percayalah, efeknya hanya sementara. Jadi, jangan sampai Anda hanya bisa meringis saat melihat tagihan kartu kredit datang!

BELUM PIKIR PENSIUN
Mitos: Mungkin saat ini Anda sedang “Livin La vida Loca”. Tak perlu pikir masa pensiun, toh masih jauh dari mata.
Fakta: Membuat saldo selalu seimbang untuk hidup sekarang dan di masa datang memang tak mudah. Tapi ingat, semuanya tergantung diri Anda sendiri. Setiap bulan, sisihkan 10% dari gaji untuk tabungan rutin. Jangan anggap tabungan adalah “pengeluaran” agar tak merasa kehilangan. Cobalah melakukan investasi. Betapapun kecilnya, pasti akan berarti di masa tua. Buat juga rencana panjang. Misalnya dalam waktu tiga tahun, Anda harus membeli emas yang bisa dijadikan investasi. Saat Anda terbiasa menabung, segalanya pasti jadi mudah!

MENGANDALKAN PASANGAN
Mitos: Saat sudah menikah, masalah keuangan ada di bawah tanggung jawab suami. Apalagi kalau dapat suami berduit, hidup pasti akan terjamin.
Fakta: Halo? Anda hidup di mana sih ? Sekarang wanita tak perlu terlalu tergantung pada pria. Lagipula, siapa bilang punya suami kaya bisa menjamin segalanya? Penelitian mengatakan kalau wanita punya kecenderungan hidup 7 tahun lebih lama dari pria! Pendek kata, Anda harus siap untuk jadi wanita mandiri. Atur keuangan bersama dengan suami. Misalnya gunakan rekening bersama untuk bayar tagihan. Selain itu, cobalah untuk punya simpanan setidaknya sebulan gaji.

UANG = SETAN JAHAT
Mitos: Menumpuk uang bisa membuat Anda kelihatan jadi orang kikir dan disisihkan dari pergaulan.
Fakta: “Punya rekening besar di bank memang membuat Anda bahagia dan tak merasa stres,” ungkap psikolog Prof. Andrew Oswald dan Dr. Jonathan Gardner dari Warwick University, Inggris. Jadi jangan merasa bersalah jika Anda punya prinsip hidup hemat dan berhati-hati dengan uang. Tentu saja tak perlu terlalu pelit pada Anda sendiri. Ingat, semua ini Anda lakukan agar merasa siap menghadapi hari esok.

loading...