Belajar Cara Bermain Saham

Cara Bermain Saham – Katanya, cara bermain saham ibarat main golf, karena musuhnya adalah diri sendiri. “Keberanian Anda menentukan saat membeli atau melepas saham, sama sulitnya dengan menentukan saat yang tepat untuk memukul bola dan mengontrol keras lemahnya pukulan,” kata Wirjawan Joesof, branch manager, PT Trimegah Securities Tbk, Surakarta.

Investasi dalam bentuk saham memang merupakan salah satu bentuk investasi alternatif yang cukup menarik selain menabung. Selain akan mendapat keuntungan saat melakukan transaksi beli, Anda juga akan mendapatkan pembagian deviden. Manfaat tambahannya lagi, investasi saham yang Anda miliki dapat dijadikan agunan tambahan untuk mendapat kredit dan bank. Hanya saja, semakin besar hasil yang Anda peroleh, semakin besar juga risikonya. Belajar saham untuk pemula, mutlak diperlukan sebelum benar-benar terjun dalam bisnis jual beli saham.

Belajar Cara Bermain Saham

Menurut Wirjawan Joesoef, ada beberapa kiat bermain saham, yang bisa Anda cermati berikut:
1. Use money you can afford to lose
Sisihkan uang yang betul-betul tidak diperlukan dan jangan ganggu pos pengeluaran rutin Anda. Berinvestasi dengan ketakutan bahwa uang tersebut seharusnya dialokasikan untuk hal lain hanya akan mengganggu pikiran.
2. Know who you are
Kenali diri sendiri dan jagalah temperamen Anda. Jangan sampai kehilangan kendali karena seorang pemain sukses tak pernah emosi dalam mengambil keputusan. Hindari mengambil keputusan karena berharap mendapat keuntungan besar.
3. Start With small amount
Mulailah dengan jumlah kecil dan aman terlebih dahulu. Jangan ikuti keinginan mendapat keuntungan banyak dalam waktu singkat. Setelah Anda menguasai strategi permainan, barulah bisa mencoba untuk bermain dalam jumlah besar.
4. Don’t be overcommited
Jangan pertaruhkan semua uang yang Anda untuk investasi saham, cukup sepertiganya saja. Hindari tindakan mengambil keputusan karena dana Anda menipis. Jika tidak yakin, jangan paksakan diri untuk memutuskan di saat itu juga. Salah-salah, malah kehilangan semua uang Anda.
5. Take a break for a While
Bermain saham setiap hari akan menumpulkan daya analisis. Sempatkan untuk refreshing agar saat kembali, Anda bisa punya pandangan baru yang lebih segar tentang pasar.
6. Don’t follow to crowd
Jangan ikut arus mayoritas pemain lain saat mengambil keputusan, karena secara hitoris mereka cenderung salah menilai pasar. Anda tentu tak mau merugi hanya karena ikut-ikut orang lain kan?
7. Don’t trade too much at once
Seperti halnya mengenali kondisi emosional, ketahui sejauh mana batas kemampuan Anda. Janganlah memaksakan diri untuk bermain di berbagai jenis komoditi pada saat bersamaan. Tindakan seperti itu hanya akan membuat pecah kepala Anda.
8. Learn to like losses
Belajarlah juga menerima kerugian sebagai bagian dari permainan. Pengalaman akan membuat emosi Anda stabil untuk mengalami kerugian. Jika Anda sudah melewati tahap tersebut, Anda sudah berada di separuh menuju sukses bisnis saham.
9. Buy bullies news, sell the fact
Buka mata dan telinga Anda lebar-lebar. Belilah saham saat terdengar kabar akan terjadi kenaikan dan juallah saat hal itu menjadi kenyataan
10. Don’t die of overweight
Berhati-hatilah dengan harga yang melambung tinggi, karena perubahan harga bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Amati terus perkembangan harga dan perhatikan arah pergerakan pasar agar Anda bisa mengantisipasi setiap perubahan.
11. Always take quick profit
Ketika tiba-tiba Anda mendapat keuntungan besar, raih segera jangan pikirkan dari mana asalnya. Kesempatan tidak datang dua kali!
12. Act promptly
Pemain sukses tidak pernah menunda keputusan. Bukan berarti harus terburu-buru, namun ketika Anda membuat keputusan untuk membeli atau menjual saham, lakukanlah dengan cepat.
13. Do not reverse
Jangan langsung berputar haluan 180 derajat saat Anda merasa kalah di tengah permainan. Tindakan banting setir hanya merugikan Anda.
14. Know the price trend
Gunakan grafik untuk melihat tren harga di pasar. Jangan membeli saham di saat tren menurun dan menjualnya di saat tren naik.
15. Don’t be too greedy
Realisasikan keuntungan sesegera mungkin di saat Anda merasa cukup puas dengan keuntungan yang didapat. Jangan menyesal jika setelah terjual ternyata harga saham Anda semakin melonjak harganya.

Hal yang paling penting dalam cara bermain saham tidak lain adalah kedisiplinan. Perlu juga diingat kalau segala keuntungan yang diperoleh dari saham Anda, tergantung dari kondisi usaha yang didanai. Selektiflah dalam memilih saham dan hubungi perusahaan pialang atau penasehat investasi yang berpengalaman, untuk memberikan informasi dan nasehat yang berguna untuk mengelola bisnis investasi saham Anda.

loading...