Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ginjal

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ginjal – Ginjal adalah bagian tubuh yang sangat penting. Keberadaan ginjal sebagai penyaring darah dari sisa-sisa metabolisme menjadikan fungsinya tak bisa tergantikan oleh yang lainnya.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ginjal

Kerusakan atau gangguan pada ginjal menimbulkan masalah pada kemampuan dan kekuatan tubuh. Aktivitas kerja terganggu, tubuh jadi mudah lelah dan lemas. Bagi anda yang mengalami cepat lelah dan lemas berhati-hatilah, siapa tahu Anda sedang terkena penyakit ginjal.

Anatomi Ginjal

Anatomi ginjal diperuntukkan untuk berbagai kegiatan krusial bagi tubuh. Berwama merah tua. organ ini terdari dua sisi: sisi convex dan concave. Masing-masing sisi ginjal disambungkan oleh membran transparan yang disebut renal capsule, yang membantu memproteksi kedua ginjal dari infeksi dan trauma.

Ginjal terbagi atas dua area besar yaitu:

1. Area berwarna cerah dibagian luar, renal cortex
2. Area berwarna pekat di dalam, renal medulla
Di dalam mcdulla ada 8 atau lebih cone-shape section yang disebut sebagai renal pyramids. Area di antara piramid disebut renal columns.

Anatomi Ginjal dan Ekskresi

Struktur paling mendasar pada ginjal adalah nephrons. Masing-masing ginjal memiliki satu juta struktur mikroskopis ini yang berfungsi menyaring darah dan membuang limbah buangan.

Pembuluh darah arteri menyalurkan darah ke ginjal setiap hari, 180 liter atau 50 galon. Ketika darah memasuki ginjal, maka ia akan disaring dan dikembalikan ke jantung melalui pembuluh darah vena.

Proses penyaringan dan pembuangan limbah dari cairan tubuh disebut ekskresi. Tubuh mempunyai empat sistem organ yang bertanggungjawab terhadap proses ekskresi ini.

Sistem urinisasi adalah salah satu sistem organ dalam ekskresi. Ia bertugas membuah limbah, racun, hormon, garam, besi hidrogen, dan air yang tidak diperlukan lagi di dalam tubuh.

Ukuran Ginjal Normal

Ginjal yang normal pada orang dewasa berukuran:

Panjang: 10-13 cm (4 -5 inci)
Lebar: 5-7,5 cm (2-3 inci)
Berat: kurang lebih 150 gram,
Persentase berat ginjal: 0,5% dari berat tubuh

Ukuran ginjal pada manusia sangat kecil, anatomi juga sangat sederhana, akan tetapi tanggung jawabnya terhadap kesehatan tubuh sangat besar. Jadi jagalah selalu kesehatan ginjal agar aktivitas Anda lancar.

Fungsi Ginjal

1. Membuang racun dan produk buangan/limbah dari darah. Racun dalam darah diantaranya urea dan urie acid. Jika kandungan keduanya berlebihan, akan mengganggu metabolisme tubuh.
2. Menjaga kebersihan darah dengan meregulasi seluruh cairan (air dan garam) di dalam tubuh
3. Meregulasi tekanan darah. Ginjal menghasilkan enzim renin yang bertugas mengontrol tekanan darah dan keseimbangan elektrolisis. Renin mengubah protein dalam darah menjadi hormon angiotensis. Selanjutnya angiotensis akan diubah menjadi aldosterone yang mengabsorbsi sodium dan air ke dalam darah.
4. Mengatur keseimbangan pH darah.
5. Memproses vitamin D sehingga dapat distimulasi oleh tulang
6. Memproduksi hormon erythropoiethin yang bertugas memproduksi sel darah merah di tulang

Penyakit pada Ginjal

1. Diabetes mellitus
2. Hipertensi
2. Pyelonephritis (inflamasi pada ginjal)
3. Batu ginjal
4. Alport syndrome
5. Kidney reflux disease
6. Medullary sponge kidney

Gejala Awal Penyakit Ginjal

Pada stadium awal, penyakit ginjal tidak menimbulkan gejala apa pun. Akan tetapi seiring dengan metabolisme tubuh Anda, akan terjadi-penumpukan sisa-sisa metabolisme tubuh tahun dan tangan Anda jadi bengkak, beraktivitas pun jadi menurun.

Penyakit ginjal adalah penyakit yang aktif bekerja la sangat mudah untuk bertambah parah bila tidak ditangani secara dini.

Keadaan akhir dari penyakit ginjal adalah ginjal tidak bisa berfungsi lagi yang disebut dengan ESRD (End Stage Renal Disease) atau tahap akhir penyakit ginjal. Ini tahap paling berbahaya. Kalau sudah demikian, yang terbaik bagi Anda sekarang adalah operasi penggantian ginjal. Sebelum semuanya terjadi maka usaha yang bisa Anda lakukan adalah pencegahan dini dari kemungkinan ESRD.

Gagal Ginjal

Fungsi utama ginjal adalah membersihkan darah dari sisa-sisa hasil metabolisme tubuh yang berada di dalam darah dengan cara menyaringnya. Jika kedua ginjal gagal menjalankan fungsinya (pada tahap akhir penyakit ginjal), sisa-sisa hasil metabolisme yang diproduksi oleh sel normal akan kembali masuk ke dalam darah (Uremia).

Bagaimana gagal ginjal bisa terjadi? Ini terjadi jika terdapat gangguan pada pembuluh darah vena atau system penyaringanya. Tidak hanya itu, bisa jua terjadi karena adanya masalah-masalah pada kesehatan yang lain, seperti adanya tekanan darah tinggi, diabetes atau adanya masalah yang terjadi pada System penyaringan ginjal seperti pada keadaan glomerulonefritis atau penyakit ginjal polikistik. Pada kasus lainnya juga ditemukan akibat adanya masalah pada saluran kemih.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Ginjal?

1. Melakukan diet. Jagalah setiap asupan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol
2. Menjaga kesehatan air dan organ ginjal
3. Berolahraga secara teratur
4. Melakukan detoxitikasi bagi kesehatan ginjal

Berikut Beberapa Saran Makanan Yang Dianjurkan

1. Konsumsi makanan rendah protein

Tubuh memerlukan protein untuk membentuk otot. Tapi bagi penderita penyakit ginjal, kelebihan protein akan menyebabkan gangguan pada pada proses penyaringan, yang berakibat terjadi peningkatan sisa hasil metabolisme protein dalam darah dan menambah parah penyakitnya. Anda dapat mencegah hal ini dengan cara mengkonsumsi makanan rendah protein yang ada di sekitar Anda.

2. Konsumsi sedikit garam

Garam natrium berfungsi untuk mempertahankan cairan dalam tubuh Anda. Untuk mengurangi kadar garam dalam tubuh, bila Anda membeli makanan, periksalah label makanan dan carilah makanan yang mempunyai kandungan natrium di bawah 400 mg untuk sekali makan. Kalaupun Anda makan dengan saus, gunakan saus yang berkadar natrium rendah, dan jangan gunakan garam pengganti yang mengandung kalium.

3. Tidak minum terlalu banyak

Ginjal yang normal dapat mengatur keseimbangan cairan yang masuk dan keluar dari tubuh. Jika ginjal Anda mengalami gangguan maka akan terjadi masalah pada pembentukan urine. Dalam kondisi seperti ini, Anda harus membatasi konsumsi air per hari. Sebaiknya hisaplah air jeruk lemon untuk membasahi bibir Anda yang kering, dan minumlah hanya untuk mengatasi rasa haus saja. Jika Anda juga termasuk penderita diabetes jagalah kadar gula Anda agar Anda tidak merasa terlalu haus.

4. Tidak mengkonsumsi fosfat

Susu, kacang-kacangan yang dikeringkan, dan coklat yang banyak mengandung zat fosfat, sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi karena akan berakibat kadar fosfat dalam darah Anda meningkat dan menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Batu Ginjal

Kacang Panjang (Vigna sinensis)
Cara membuat : 200 Gr kacang panjang, 200 gr asparagus. Blender dengan 200 cc air. Rebus hingga mendidih, minum selagi hangat.

Jagung (Zeu mays L.)
Cara membuat :Gunakan 100 gram rambut jagung, 15 gram sambiloto. Rebus semuanya dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc. Saring dan minum airnya selagi hangat.

Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia Swingle)
Cara membuat : 2 buah jeruk nipis diperas. Encerkan dengan 2 gelas air hangat. Minum setelah makan malam setiap hari selama 10 hari.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Gigitan Binatang. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Ginjal ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

About these ads