Obat Herbal Tradisional Untuk Gigitan Binatang

Obat Herbal Tradisional Untuk Gigitan Binatang – Kematian karena gigitan binatang seringkali terjadi. Disebabkan karena kelalaian kita yang tidak tahueara memberikan pertolongan pertama. Pada faktor ini binatang yang mengigit biasanya memiliki bisa yang mematikan ataupun membuat lemah si korban.

Obat Herbal Tradisional Untuk Gigitan Binatang

Sebagian binatang memiliki bisa (racun) yang berfungsi untuk melindungi dirinya dan berfungsi untuk menaklukan mangsanya. Banyak kasus terkena racun dari binatang berbisa ini dapat diatasi dengan baik apabila berhasil ditangani sejak dini. Diantara binatang berbisa itu adalah ular, lipan, ikan terutama sejenis ikan lele (sembilang).
Efek gigitan bisa bervariasi. mulai dari rasa gatal sampai yang mengancam jiwa dan anda tidak perlu tinggal di pedalaman untuk mendapatkannya.

Kenali tanda-tanda reaksi parah

Gigitan laba-laba beracun bisa menyebabkan reaksi alergi yang parah. Sehingga anda perlu hati-hati mengenali reaksi alerginya sebelum terlambat. Tanda-tanda analilaksis atau reaksi alergi yang parah ialah: sulit bernafas, bentol-bentol di seluruh badan, dan kehilangan kesadaran. Orang yang mengalami tanda-tanda ini harus secepatnya dibawa ke rumah sakit. Dokter biasanya merawat pasien ananlaksis dengan menggunakan steroid, adrenalin, dan antihistamin.

Hentikan Perdarahan

Jika gigitan binatang menyebabkan perdarahan hebat, tekan daerah itu dengan telapak tangan. Jika lukanya besar, ikatkan sapu tangan, handuk, atau t-shirt erat-erat di sekitar daerah luka untuk memberi tekanan pada daerah tersebut (tidak terlalu erat sehingga tidak menghalangi sirkulasi). Jangan gerakkan daerah tersebut. Bila gigitan itu terdapat pada bagian kaki, angkat kaki sehingga berada di atas lokasi jantung. Temui dokter secepatnya.

Jangan Merawat Lubang Gigitan Seperti Sebuah Goresan

Sebuah gigitan yang meninggalkan goresan tetapi tidak menembus kulit bisa langsung dicuci dengan sabun dan air. lalu diolesi dengan krim antibiotik atau salep. Tidak demikian untuk gigitan yang menembus atau melubangi kulit. Jenis ini memerlukan perawatan dokter. Anda perlu melihat apakah binatang itu sakit atau tidak. Perhatikan binatang itu. Pada binatang liar. jika ia diam saja (misalnya anda bisa mendekati seekor tupai dan memberinya makanan), maka pasti ada sesuatu pada binatang itu. Binatang itu sakit. Anda bisa menghubungi dokter atau dokter hewan untuk memastikan apakah ada wabah rabies pada binatang runtah atau liar di daerah anda.

Dapatkan Suntikan Anti Tetanus

Jika anda tergigit binatang liar atau binatang peliharaan dan gigitan itu menembus kulit, anda disarankan menemui dokter untuk mengetahui apakah anda perlu suntikan anti, tetanus atau tidak (biasanya tergantung pada jenis luka dan waktu suntikan tetanus terakhir anda). Gigitan hewan dan manusia mudah Smi karena semua makhluk ini memiliki banyak bakteri yang hidup di mulutnya. Juga perlu diperhatikan tanda-tanda infeksi seperti bengkak dan warna merah.

Jangan Tergigit

Mungkin jalan terbaik untuk merawat gigitan adalah, sebelum tergigit. hindari binatang liar walaupun mendekat pada anda dan `jangan menyentuh ulan laba-laba lebah dan apapun yang kelihatannya membahayakan. Kebanyakan binatang dan serangga tidak akan menyerang jika tidak diganggu. Binatang yang kelihatannya jinak pun seperti tupai. bisa membawa kutu yang menimbulkan penyakit. Obat anti serangga juga bisa menghindarkan anda dari gigitan bila anda lama berada di luar rumah.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Gigitan Ular

Asam Jawa (Tamarindus Indica, Linn.)
Cara membuat : Beberapa biji asam jawa dibelah menjadi dua. Tempelkan-belahan biji bagian dalam pada luka gigitan ular (Jumlah biji yang digunakan sesuai kebutuhan).

Sambiloto (Andrographis Paniculata Ness)
Cara membuat : daun sambiloto segar dicuci. Tarnbahkan tembakau. Giling keduanya sampai halus. Turapkan pada luka, balut. Atau : 9-15 gr daun sambiloto segar direbus, Minum airnya sekaligus (3 kali sehari). Atau herba sambiloto segar secukupnya dikunyah beberapa lama. Telan airnya, ampas kunyahan diletakkan pada luka gigitan. Balut.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Gigitan Serangga

Bawang Putih (Allium Sativum, Linn.)
Cara membuat : Umbi bawang putih, sendowo, dan garam secukupnya. Umbi bawang putih ditumbuk halus. Campurkan dengan bahan lainnya. Aduk merata. Oleskan pada bagian tubuh yang disengat serangga.
Pengobatan Herbal Untuk Gigitan Semut Hitam dan Bisa Ulat

Keji Beling (Reulla Napifera Zoll Mor)
Cara membuat : 1 Lembar daun keji beling mentah dan segar digosokkan pada bagian tubuh yang gatal, hingga daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Lakukan 2 kali setelah berselang 2 jam.

Ngokilo (Starchytarpheta Mutabilis, Vahl.)
Cara membuat : 1 Lembar daun ngokilo mentah dan segar. Gosokkan pada bagian tubuh yang gatal hingga daun tersebut mengeluarkan air dan hancur. Dilakukan 2 kali sehari setelah selang 2 jam.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Jantung. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Gigitan Binatang ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

Advertisements