Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan: Mengatasi Gatal Dan Kanker

Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan: Mengatasi Gatal Dan Kanker – Mungkin sebagian dari kita belum terlalu tahu tentang mathkota dewa, walaupun namanya sering kita dengar. Mahkota dewa bisa ditemukan ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias atau di kebun-kebun sebagai tanaman peneduh. Asal tanaman mahkota dewa masih belum diketahui. Banyak orang yang memperkirakan tanaman ini populasi aslinya dari tanah Papua. Irian Jaya. Hal ini karena nama ilmiahnya adalah Phaleria papuana.

Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan: Mengatasi Gatal Dan KankerDi sana memang bisa ditemukan tanaman ini. Mahkota dewa merupakan tanaman perdu menahun. Dapat tumbuh subur di tanah yang gembur dan subur pada ketinggian 10-1200 m di bawah permukaan laut. Batangnya bulat, dengan permukaannya yang kasar, warnanya cokelat, berkayu dan bergetah, tinggi pohon sekitar 1-1.5 meter. Daun bertangkai pendek dengan ujung dan pangkal runcing, tapi tidak bergerigi atau rata, permukaan licin, warnanya hijau tua. Mahkota dewa dapat berbunga sepanjang tahun, letaknya tersebar di batang atau ketiak daun, bentuk tabung, berukuran kecil, berwarna putih dan harum. Buah bentuknya bulat dan kecil dengan permukaan licin, beralur.

Pada buah muda berwarna hijau dan merah setelah masak. Daging buah berwarna putih, berserat, dan berair. Biji berbentuk bulat dan keras, berwarna cokelat. Berakar tunggang dan berwarna kuning kecokelalan. Jika kita ingin memperbanyak tumbuhan ini dapat dilakukan dengan mencangkok batangnya atau menanam dengan bijinya.
Nama daerah untuk mahkota dewa adalah Simalakama (Melayu), Makutadewa, Makuto mewo, Makuto ratu, Makuto rojo (Jawa). Sedangkan nama asingnya adalah Simplisia phaleriae Fructus (buah mahkota dewa). Buah mahkota dewa dapat berkhasiat menghilangkan gatal (antipruritus) dan antikanker. Tetapi, biji tanaman ini beracun.

Contoh penggunaan di masyarakat lndonesia

 

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?

Bagian yang digunakan sebagai obat adalah daun, daging, dan kulit buah. Daun dan kulit buahnya dapat digunakan saat masih segar, sedangkan daging buahnya digunakan setelah dikeringkan.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat mahkota dewa?

Senyawa yang terkandung didalamnya adalah senyawa lignan yang termasuk dalam golongan polifenol dan senyawa syringaresinol. Selain itu mahkota dewa mengandung antihistamin, alkaloid, saponin, dan polifenol (lignan). Kulit buah mengandung alkaloid, saponin, dan flavanoid.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan: Mengobati Cacingan, Jerawat, Hingga Amandel. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Mahkota Dewa Untuk Kesehatan: Mengatasi Gatal Dan Kanker ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

Advertisements