Manfaat Tomat Untuk Kesehatan: Mengatasi Perut Kembung, Kolesterol, Hingga Memar

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan: Mengatasi Perut Kembung, Kolesterol, Hingga Memar – Tomat merupakan sayuran yang sering digunakan sebagai bumbu masak atau jus. Tomat berasal dari Amerika tropis, ditanam sebagai tanaman buah di ladang, pekarangan, atau ditemukan liar pada ketinggian sampai dengan 1600 m dpl. Tanaman tomat membutuhkan sinar matahari terik, serta menghendaki tanah yang gembur dan subur.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan: Mengatasi Perut Kembung, Kolesterol, Hingga MemarTumbuhan tomat tumbuh tegak atau bersandar pada tanaman lain, bercabang banyak, berambut, dan berbau kuat. Daun berbentuk bundar telur sampai memanjang dengan ujung yang runcing. Berbunga banyak dan berkumpul dalam rangkaian berupa tandan dengan mahkota berbentuk bintang dan warnanya kuning.

Buah tomat berdaging dengan kulitnya tipis licin mengkilap, warnanya kuning atau merah, berbiji banyak, biji berbentuk pipih dan warnanya kuning kecoklatan. Bagian tomat yang sering digunakan adalah buahnya, bisa dimakan langsung, dibuat jus, saus tomat, dimasak, dibuat sambal goreng, atau dibuat acar tomat. Sedangkan daunnya jarang sekali dugunakan, padahal pucuk atau daun mudanya bisa disayur. Buah tomat yang umum ada di pasaran bentuknya bulat.

Nama daerah dari tomat ini bermacam-macam diantaranya adalah Sumatera: Terong kaluwat, Reteng, Cung asam. Jawa; Kemir, Leunca komir (Sunda), Ranti bali, R. gendel, B. kenong, rante, B. raja, Terong sabrang, Tomat (Jawa). Sulawesi; Kamantes, Samate, Samatet, Samante, Temantes, Komantes, Antes, Tamato, Tamati, Tomate.

Buah tomat mempunyai rasa manis, asam, sifatnya sedikit dingin. Buah ini dapat menghilangkan haus, antiseptik usus, pencahar ringan (laksatif), menambah nafsu makan dengan cara memperbanyak keluarnya air liur, merangsang keluarnya enzim lambung, dan melancarkan aliran empedu ke usus.

Bagian tanaman tomat yang digunakan sebagai obat adalah buahnya. Digunakan segar, setelah direbus, atau diolah sebagai masakan. Daunnya dapat digunakan untuk obat luar.

Bagaimana pemakaian tanaman obat ini?

Buah tomat dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, tidak nafsu makan, radang gusi, gusi berdarah, sariawan, ulkus lambung, wasir, tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar kolesterol darah tinggi (hiperkolesterolemia), lemas akibat kadar glukosa darah rendah, demam, rasa haus, rematik, gout, susah buang air besar (sembelit), sakit kuning, radang hati, radang saluran napas (bronkhitis), sesak napas (asma bronkhial), radang usus buntu, dan memar akibat terbentur.

Buah tomat dapat pula digunakan sebagai obat luar, salah satu caranya yaitu buah yang telah masak digiling sampai halus. Dapat juga menggunakan daun tomat yang segar. Hasil tumbukan tersebut dapat langsung ditempelkan ke tempat yang sakit seperti kulit terbakar sinar matahari, jerawat, radang kulit, kurap, luka, dan borok kronis. Jus tomat juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengencangkan dan melembutkan kulit wajah.

Penelitian yang dilakukan pada tikus, jus tomat yang diberikan pada tikus dapat menurunkan kadar serum kolesterol yang tinggi dan menurunkan jumlah kolesterol di dalam hati. Sedangkan pada kucing, sirup tomat dapat menurunkan tekanan darah tanpa mengganggu denyut jantung dan menstimulir otot polos. Pada binatang percobaan, senyawa tomatine berkhasiat sebagai antiradang dan menurunkan permeabilitas pembuluh darah.

Tomatine efektif untuk menghambat pertumbuhan jamur pada tubuh manusia. Penelitian di Amerika, laki-laki yang mengonsumsi sedikitnya sepuluh porsi buah tomat yang dimasak dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena kanker prostat sampai 45%. Hal ini, dimungkinkan karena adanya likopen, karoten pada tomat yang dipercaya dapat mencegah timbulnya tumor dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman tomat ?

Buah tomat mengandung senyawa alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, Bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Ca, Mg. P, K, Na, Fe, sulfur, Chlorine), vitamin (Bt, 82, BS, C, E, likopen, niasin), dan histamin. Senyawa rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Senyawa klorin dan sulfur adalah adalah trace element yang berkhasiat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati dan penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat antibiotik. Daun mengandung pektin, arbutin, amigdalin, dan alkaloid.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Kelapa Untuk Kesehatan: Obat Sakit Gigi, Demam Berdarah, Dan Panas Dalam. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Tomat Untuk Kesehatan: Mengatasi Perut Kembung, Kolesterol, Hingga Memar ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.