Manfaat dan Khasiat Manfaat Jagung Untuk Kesehatan: Baik Untuk Batu Ginjal Batu Empedu Dan Kencing Manis Tanaman Herbal

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan: Baik Untuk Batu Ginjal, Batu Empedu, Dan Kencing Manis

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan: Baik Untuk Batu Ginjal, Batu Empedu, Dan Kencing Manis – Jagung adalah tanaman yang tak asing bagi kita, makanan tambahan (Cemilan) favorit dengan beraneka ragam penyajian seperti popcorn, jagung bakar, jagung rebus, dan bahkan di beberapa tempat di bagian timur Indonesia, jagung menjadi makanan pokok penduduk mereka. Jagung dikenal dengan nama ilmiah Zea mays.

Manfaat Jagung Untuk Kesehatan: Baik Untuk Batu Ginjal, Batu Empedu, Dan Kencing Manis
Tanaman jagung yang termasuk dalam tanaman obat ini mempunyai ciri batang yang tegak, tinggi lebih kurang 1.5 meter. Batang bulat, dan tidak bercabang, berwarna warna kuning atau jingga. Daun tunggal, berpelepah, bulat panjang dengan mempunyai panjang 35-100 cm, berwarna hijau. Tanaman ini mempunyai sifat bunga berumah satu artinya bunga jantan dan bunga betina terpisah tidak dalam satu tanaman, bunga jantan dan betina berbentuk bulir, terletak di ujung batang atau di ketiak daun berwarna putih.

Khasiat tanaman ini diantaranya untuk mengobati batu empedu, batu ginjal, busung air pada radang ginjal, busung perut, hepatitis, kencing manis, radang kandung empedu, Sirosis, tekanan darah tinggi.

1. Batu empedu
Bahan yang diperlukan Jagung muda 5 tongkol ditambah Herba Kumis Kucing segar 5 gram dan air 110 ml. Cara pembuatannya sederhana yaitu dengan dibuat infus (diambil ekstrak) lalu hasilnya diminum 1 kali sehari 100 ml dengan lama pengobatan diulang selama 14 hari.

2. Batu Ginjal
Bahan yang diperlukan Jagung muda 4 tongkol ditambah rambut Jagung 1 genggam lalu daun Keji Beling segar sebanyak 8 helai kemudian dilengkapi dengan air sebanyak 110 ml. Cara pembuatan dibuat infus (diambil ekstrak) lalu hasilnya diminum 1 kali sehari 100 ml. Diulang selama 14 hari kemudian setalah batu keluar, baik berupa kerikil, butiran maupun buih pengobatan dihentikan, lalu diteruskan dengan minum Jamu Kumis Kucing dan Meniran yang tertera pada paparan Kumis Kucing.

3. Tekanan Darah Tinggi
Bahan yang diperlukan Jagung muda 5-7 tongkol lalu rambut Jagung 1 genggam ditambah air 110 ml. Cara pembuatan dengan cara dibuat infus (mengambil sari/mengekstrak dari campuran bahan tersebut kemudian diambil airnya. Kemudian air hasil ekstrak tadi diminum 1 kali sehari sebanyak 100 ml. Pengobatan tersebut diulang selama 7 hari. Penggunaan rambut Jagung supaya hati-hati karena tekanan darah dapat turun dengan cepat.

Apakah rahasia dibalik manfaat dan khasiat tanaman jagung?
Tanaman obat jenis jagung ini mempunyai kandungan sebagai berikut Rambut terkandung di dalamnya Saponin, zat, samak, flavon, minyak atsiri, minyak lemak, alantoin, dan zat pahit. Bunga terkandung di dalamnya stigmasterol.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Delima Untuk Kesehatan: Sembuhkan Luka, Radang Gusi, dan Cacingan. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Jagung Untuk Kesehatan: Baik Untuk Batu Ginjal, Batu Empedu, Dan Kencing Manis ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top