Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan: Melawan Asma Hingga Rematik

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan: Melawan Asma Hingga Rematik – Buah ini sering dipakai untuk menambah kelezatan makanan dikenal juga sebagai bumbu makanan yang rasanya asam, tentunya kita sudah mengenalinya, ya kan. Asam jawa dikenal dengan nama ilmiah Tamarindus indica dan mempunyai beberapa nama daerah di Indonesia, yaitu asam Jawa (Indonesia), Celangi, tangkal asem (Sunda), Asem (Jawa) dan nama asing Tamarind (Inggris), Tamarinier (Perancis).

Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan: Melawan Asma Hingga Rematik
Asam jawa (Tamarindus indica) merupakan tanaman yang hidup daerah tropis (termasuk indonesia di dalamnya). Asam jawa mempunyai batang pohonnya yang cukup keras dapat tumbuh menjadi besar dan daunnya rindang dan biasa ditanam di pinggir-pinggir jalan sebagi peneduh jalan. Daun asam jawa bertangkai panjang dan bersirip.

Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dengan rasa khas asam. Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, dengan jumlah biji berjumlah 2 – 5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.

Khasiat asam jawa ini untuk mengobati penyakit asma, batuk, demam, sakit panas, pegal linu (rematik), sakit perut, alergi/biduren, sariawan, luka baru, luka borok, eksim, bisul, gigitan ular berbisa, rambut rontok.

Contoh Manfaat Asam Jawa di masyarakat Indonesia :

1. Asma
Bahan yang diperlukan 2 potong kulit pohon asam jawa, adas 5 pulawaras secukupnya kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring cara penggunaannya dengan diminum 2 kali sehari.

2. Batuk Kering
Bahan yang diperlukan 3 potong buah asam jawa, 1/2 genggam daun saga. Cara membuatnya kedua bahan tersebut direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan kemudian disaring. Adapun cara penggunaannya diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3. Demam
Bahan yang diperlukan 1 genggam daun asam jawa, adas ‘lpulawaras secukupnya kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan 1/2 liter air sampai mendidih, lalu disaring. Penggunaan obat ini dengan diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Sakit Panas
Bahan yang diperlukan 2 potong buah asam jawa yang telah masak, garam secukupnya kemudian kedua bahan tersebut diseduh dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring. Cara menggunakannya dengan diminum biasa. Resep tersebut tidak boleh diminum oleh ibu hamil.

5. Rematik
Bahan yang diperlukan 1 genggam daun asam jawa. 2-3 biji asam jawa kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk halus lalu dipakai untuk kompres bagian yang sakit.

6. Sakit perut
Bahan yang diperlukan 3 potong buah asam jawa, 1 potong gula aren kemudian kedua bahan tersebut disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring lalu diminum biasa.

7. Sariawan
Bahan yang diperlukan 2 polong buah asam jawa, 2 rimpang temulawak sebesar ibu jari, 1 potong gula kelapa kemudian semua bahan tersebut direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring dan diminum biasa.

8. Luka borok
Bahan yang diperlukan beberapa biji asam jawa kemudian biji asam jawa ditumbuk halus lalu ditempelkan pada luka, kemudian diperban.

9. Eksim dan Bisul
Bahan yang diperlukan 1 genggam daun asam jawa yang masih muda lalu 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.

10. Bengkak karena disengat lipan atau lebah
Bahan yang diperlukan 3 – 5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya kemudian biji asam jawa ditumbuk halus. Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu dengan kain yang dibasahi dengan minyak kayu putih, kemudian ditaburi/ditempeli dengan bubukan biji asam jawa tersebut.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman asam jawa?
Buah polong asam jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Apel Untuk Kesehatan: Melawan Diabetes Mellitus dan Diare. Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan: Melawan Asma Hingga Rematik ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

About these ads