Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Alergi

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Alergi – Alergi atau hipersensitivitas tipe I adalah kegagalan kekebalan dimana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat atopik. Dengan kata lain, tubuh manusia beraksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik. Bahan-bahan yang menyebabkan hipersensitivitas tersebut disebut alergen.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Alergi
Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya alergi :

  • Jagalah kebersihan lingkungan, baik di dalam maupun diluar rumah. Hal ini termasuk tidak menumpuk banyak barang di dalam rumah ataupun kamar tidur yang dapat menjadi sarang bertumpuknya debu sebagai rangsangan timbulnya reaksi alergi.
  • Usahakan jangan memelihara binatang di dalam rumah ataupun meletakkan kandang hewan peliharaan di sekitar rumah anda.
  • Kebersihan diri juga harus diperhatikan, untuk menghindari tertumpuknya daki yang dapat pula menjadi sumber rangsangan terjadinya reaksi alergi. Untuk mandi, haruslah menggunakan air hangat, dan usahakan mandi sore sebelum jam 17.00. Sabun dan shampoo yang digunakan adalah sabun dan shampoo untuk bayi. Dilarang untuk menggunakan cat rambut.
  • Jangan menggunakan pewangi ruangan ataupun parfum, obat-obat anti nyamuk. Jika dirumah anda terdapat banyak nyamuk, gunakan raket anti nyamuk.
  • Gunakan kasur atau bantal dari bahan busa, bukan kapuk
  • Gunakan sprei dari bahan katun dan cucilah minimal hangat akan efektif.
  • Hindari menggunakan pakaian dari bahan wool, gunakan lah pakaian dari bahan katun.
  • Pendingin udara (AC) dapat digunakan, tetapi tidak boleh terlalu dingin dan tidak boleh lebih dari jam 24.00.
  • Awasi setiap makanan atau minuman maupun obat-obatan yang menimbulkan reaksi alergi. Hindarilah bahan makanan, minuman, maupun obat-obatan tersebut.
  • Anda harus mematuhi aturan diet alergi anda.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Alergi :

  1. Asam Jawa (Tamarindus Indica, Linn.)
    Cara membuat : 2-3 polong buah asam jawa yang telah tua, garam secukupnya, 1/2 sendok kapur sirih. Semua bahan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih, hingga tersisa 2 gelas. Saring. Kemudian minum airnya 2 kali sehari, setiap pagi dan sore hari.
  2. Sirih (Piper Betle, Lima.)
    Cara membuat : 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1.5 sendok minyak kayu putih. Semua bahan ditumbuk sampai halus. Oleskan pada bagian badan yang gatal.

Jika Anda ingin membaca artikel sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Abses (Peradangan Nanah). Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Alergi ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

loading...