Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Abses (Peradangan Nanah)

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Abses (Peradangan Nanah) – Abses (Latin: abscessus) merupakan kumpulan nanah (netrofil yang telah mati) yang terakumulasi di sebuah kavitas jaringan karena adanya proses infeksi (biasanya oleh bakteri atau parasit) atau karena adanya benda asing H (misalnya serpihan, luka peluru, atau jarum suntik). Proses ini merupakan reaksi perlindungan oleh jaringan untuk mencegah penyebaran/perluasan infeksi ke bagian lain dari tubuh.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Abses (Peradangan Nanah)
Organisme atau benda asing membunuh sel-sel lokal yang pada akhirnya menyebabkan pelepasan sitokin. Sitokin tersebut memicu sebuah respon inflamasi (peradangan) yang menarik kedatangan sejumlah besar sel-sel darah putih (leukosit) ke area tersebut dan meningkatkan aliran darah setempat.

Struktur akhir dari suatu abses adalah dibentuknya dinding abses atau kapsul oleh sel-sel sehat di sekeliling abses sebagai upaya untuk mencegah nanah menginfeksi struktur lain di sekitarnya. Meskipun demikian, sering kali proses enkapsulasi tersebut justru cenderung menghalangi sel-sel imun untuk menjangkau penyebab peradangan (agen infeksi atau benda asing) dan melawan bakteri bakteri yang terdapat dalam nanah.

Karena abses merupakan salah satu manifestasi peradangan, maka manifestasi lain yang mengikuti abses dapat merupakan tanda dan gejala dari proses inflamasi, yakni: kemerahan (rubor), panas (Calor), (tumor), rasa nyeri (dolor) dan hilangnya fungsi. Abses dapat terjadi pada setiap jaringan solid, tetapi paling sering terjadi pada permukaan kulit, pada paru-paru, otak, gigi, ginjal dan tonsil. Komplikasi mayor abses adalah penyebaran abses ke jaringan sekitar atau jaringan yang jauh dan kematian jaringan setempat yang ekstensif (gangren).

Abses tidak memiliki aliran darah sehingga pemberian antibiotik biasanya sia-sia. Antibiotik diberikan setelah suatu abses mengering, dan hal ini dilakukan untuk mencegah kekambuhan. Antibiotik juga diberikan jika abses menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya.

Pengobatan Tradisional Herbal Untuk Penyakit Abses :

Daun Tanduk Rusa (Plalycerium Coronarariium, Desv)
Cara membuat : 1 lembar daun tanduk rusa, 1 siung bawang merah, dan adas pulowaras secukupnya. Semua bahan ditumbuk halus. Gunakan untuk mengompres bagian yang bengkak.

Jika Anda ingin membaca kumpulan artikel tentang tanaman herbal, silahkan kunjungi kategori Tanaman Herbal. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Abses (Peradangan Nanah) ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

Advertisements