Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan: Penyembuh Luka Hingga Raja Singa

Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan: Penyembuh Luka Hingga Raja Singa – Sewaktu kita jalan-jalan ke lapangan yang berumput, seringkali kita menemukan tumbuhan alang-alang. Tumbuhan ini mempunyai nama ilmiah imperala cylindrica dengan nama daerahnya yang dikenal dengan Naleueng lakoe (Aceh) Rih, Ri (Batak), Oo (Nias), Alalang, Hilalang, Ilalang (Minang kabau); Lioh (Lampung), Belalang, Bolalang (Dayak); Eurih (Sunda); Alang-alang kambengan (Jawa), Kebut, Lalang (Madura) Lalang (Bali), Kii, Rii (Flores) Well, Welia, Wed (Aymbon).

Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan: Penyembuh Luka Hingga Raja Singa
Tumbuhan ini hidup di berbagai tempat di daerah terbuka seperti padang, lapang, rawa-rawa, ladang ataupun hutan yang baru terbakar. Di Jawa tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700 m dpl, Tumbuhan ini dapat memengaruhi pertumbuhan tanaman lain karena kebutuhan natrium yang relatif tinggi. Tanaman ini termasuk kelompok herba atau tanaman yang tidak mempunyai kayu di bagian batangnya, merupakan jenis rumput yang merayap dengan ketinggian 30-180 cm.

Mempunyai batang yang merayap di bawah tanah, dengan bunga yang tegak membentuk satu perbungaan. Daun berbentuk helaian panjang yang berujung runcing. Mempunyai buah seperti padi dengan bijinya berbentuk jorong, panjang 1 mm lebih. Tahu tidak kapan tumbuhan alang-alang berbunga? Alang-alang biasa berbunga antara Januari sampai dengan Desember, cukup lama ya artinya berbunga sepanjang tahun atau berbunga kapan saja.

Tanaman alang-alang berkembang biak dengan sendirinya. Bagian yang sering digunakan untuk pengobatan adalah bagian rimpang (batang yang menjalar) dari tumbuhan yang telah matang. Rimpang yang baik berwarna pucat, berasa manis dan sejuk.

Bagian Rimpang berkhasiat untuk pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti perdarahan. Di samping itu, dapat digunakan pula dalam upaya pengobatan penyakit kelamin (kencing nanah, kencing darah, raja singa), penyakit ginjal, luka, demam, tekanan darah tinggi dan penyakit syaraf. Nah, kalau bagian tumbuhan keseluruhan dapat digunakan sebagai makanan hewan ternak, bahan kertas, dan untuk pengobatan kurap.

Hati-hati lho kalau menggunakan tanaman ini harus sesuai dengan aturan sehingga tidak berakibat racun (toksik) terhadap tubuh kita. Bila berlebihan dalam mengonsumsinya efek yang ditimbulkan, yaitu pusing, mual, adanya peningkatan rasa ingin buang air besar.

Contoh Manfaat Alang-alang di masyarakat Indonesia :
Demam karena buang air kecil berdarah : Satu sendok penuh rimpang alang-alang, rebus dengan beberapa potong tang kwe (daging buah beligu setengah matang yang dibuat manisan kering) dalam dua gelas sampai airnya tinggal separuh. Air ini diminum 2 gelas 1 hari. Air kencing akan normal dan suhu badan turun.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman alang-alang?
Tanaman alang-alang memiliki kandungan senyawa arundoin, fernenol, isoarborinol, silindrin, flavon, dan kandungan kimia lainnya.

Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan: Penyembuh Herbal.

Topik yang serupa dengan artikel Manfaat Alang-alang Untuk Kesehatan: Penyembuh Luka Hingga Raja Singa ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

loading...