Anda Harus Memberi ASI, Ini Alasannya

Anda Harus Memberi ASI, Ini Alasannya – Mengapa harus menyusui? Tidak diragukan lagi bahwa ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Kandungan gizinya lebih baik dibandingkan susu formula (buatan) dan memberikan keseimbangan zat-zat gizi yang ideal bagi bayi dengan proporsi yang sangat tepat, untuk memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Apa saja manfaat ASI? ASI bersifat anti infeksi dan tidak menimbulkan alergi. Zat anti yang terkandung di dalamnya membantu melindungi bayi dari berbagai infeksi virus dan bakteri. ASI juga membangun pertahanan tubuh terhadap penyakit. Bayi-bayi yang disusui oleh ibunya lebih jarang terserang alergi di kelak kemudian hari. Mereka pun sering jauh lebih sehat dibanding bayi yang diberi susu botol. Mereka cenderung mengalami lebih sedikit infeksi, mempunyai proporsi otot yang lebih besar, kurang berlemak dan tubuhnya lebih kuat.

Anda Harus Memberi ASI, Ini Alasannya
Menyusui juga mempunyai banyak manfaat bagi Anda, karena dapat menghemat tenaga dan waktu. Anda tidak perlu mensucihamakan dan menyiapkan botol-botol susu. ASI selalu siap diberikan setiap saat. Menyusui juga membantu Anda memperoleh kembali bentuk tubuh lebih cepat dan efektif, karena lemak yang disimpan selama kehamilan sebagai persiapan untuk menyusui secara bertahap akan digunakan dalam produksi air susu Anda sehari-hari. Dan, barangkali yang paling penting, menyusui membantu terbentuknya suatu ikatan kasih sayang yang kuat antara Anda dan bayi Anda.

Mutu ASI tergantung pada pola makan Ibu

Jika Anda mempunyai rencana untuk menyusul bayi Anda sendiri. Anda perlu menyantap makanan yang sehat dan bervariasi baik sebelum maupun sesudah persalinan. Zat gizi merupakan batu penyusun bagi pengaliran air susu yang baik. Jika Anda menderita kekurangan gizi, maka mungkin Anda akan mengalami masalah dalam menyusui. Semakin banyak protein, vitamin, mineral, dan lemak-lemak tidak jenuh yang Anda santap, akan semakin banyak pula kadarnya di dalam ASI Anda.

Namun hendaknya Anda tidak perlu kecewa atau merasa bersalah bila tidak dapat menyusui sendiri karena suatu alasan. Misalnya ada gangguan kesehatan. Metode yang terbaik adalah metode yang Anda nikmati dan rasakan paling nyaman. Tidak ada gunanya, bila Anda memaksakan diri untuk tetap menyusui, padahal sebenarnya Anda tidak siap melakukannya. Hal ini malah akan membuat hubungan Anda dengan si kecil menjadi kurang menyenangkan. Bayi Anda akan tetap tumbuh meskipun dengan pemberian susu botol. Anda dapat memeluknya dengan erat saat menyusuinya dengan botol untuk membuatnya merasa aman dan dicintai.

Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Cara Mengurangi Timbulnya Guratan Saat Hamil.

Topik yang serupa dengan artikel Anda Harus Memberi ASI, Ini Alasannya, Anda dapat temukan dalam kategori Kehamilan. Silahkan kunjungi kumpulan artikel tentang Kehamilan Ibu Hamil kami yang lain.

loading...