Cara Mengurangi Timbulnya Guratan Saat Hamil

Cara Mengurangi Timbulnya Guratan Saat Hamil – Guratan bekas kehamilan, sering muncul sebagai garis-garis merah atau keputih-putihan yang tidak enak dipandang. Garis-garis ini bisa muncul pada payudara, perut, pinggang, serta paha. Garis-garis tersebut disebabkan oleh serat-serat elastis di dalam jaringan yang berada di bawah lapisan epidemiis yang meregang di luar batas, sampai titik robek.
Cara Mengurangi Timbulnya Guratan Saat Hamil
Ada dua jenis bekas guratan dalam kehamilan:

a. Regangan yang disebabkan oleh perubahan hormonal di masa awal kehamilan.
b. Garis-garis yang muncul pada triwulan terakhir, terjadi pada saat kulit payudara, pinggang, paha dan perut teregang oleh membesarnya rahim.

Langkah-langkah untuk memperkecil risiko timbulnya guratan di masa kehamilan adalah:

1) Pakailah BH yang pas, untuk mencegah payudara Anda menggantung tanpa penyangga.

2) Aturlah kenaikan berat badan Anda dalam batas-batas yang aman (sekitar 11-15 kg). Kelebihan atau kekurangan berat badan yang terlalu mencolok memungkinkan timbulnya guratan.

3) Perbaiki pola makan Anda. Anda membutuhkan cukup protein, seng, vitamin C, serta B6 yang penting untuk melindungi serat-serat kolagen kulit, sehingga kulit menjadi kuat dan lentur.

4) Vitamin E banyak dianggap orang dapat mencegah guratan-guratan di saat kehamilan. Namun belum ada bukti ilmiah yang dapat mendukung hal ini. Sekalipun begitu, vitamin E ini memang tetap dibutuhkan tubuh.

5) Gunakan krim, cairan atau salep untuk menjaga kelembutan dan kelenturan kulit Anda. Hampir semua jenis minyak aromaterapi, krim vitamin E atau lanolin akan efektif dalam melembutkan kulit. Oleskan zat-zat itu pada kulit segera setelah mandi. Namun perlu diingat, krim/minyak tersebut hanya akan melembutkan kulit dari luar, tetapi tidak dapat mengubah kelenturan jaringan di bawah permukaan kulit.

6) Latihan gerak badan secara teratur akan memperkuat otot-otot yang menahan tubuh dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya guratan tersebut.

Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Obat-obatan Ini Harus Anda Hindari Ketika Hamil.

Topik yang serupa dengan artikel Cara Mengurangi Timbulnya Guratan Saat Hamil ini, Anda dapat temukan dalam kategori Kehamilan. Silahkan kunjungi kumpulan artikel tentang Ibu Hamil kami yang lain.

loading...