Manfaat Susu dan Daging Unta Untuk Kesehatan

Manfaat Susu dan Daging Unta Untuk Kesehatan – Binatang berpunuk ini hidup wilayah kering atau gurun di Asia dan Afrika Utara. Orang kerap menyebutnya Unta atau Onta. Binatang dari genus Camelus ini sudah dimanfaatkan oleh manusia sejak kurang lebih 5.000 tahun yang lalu. Tidak hanya tenaganya saja, namun juga daging dan susu.

Manfaat Susu dan Daging Unta Untuk Kesehatan
Sedangkan riset mengenai manfaat susu onta lebih detail dilakukan Fatima Abdul Rahman, pemimpin Ahli Mikrobiologi Makanan, Laboratorium Pusat Dubai, Uni Emirat Arab (UAE). Beliau mengatakan susu unta lebih bergizi dibandingkan susu sapi karena rendah lemak dan kolesterol. Selain itu, susu onta kaya dengan potassium, zat besi juga mineral (sodium dan magnesium). Beberapa studi menyimpulkam kandungan lemak per unit susu unta antara 1,8 % – 3,8 %. Susu onta juga mengandung Vitamin C dan Niacin. Penelitian mengenai khasiat Susu Onta telah diplubikasikan dalam dokumen berjudul Standards for Camel Milk pada penyelenggaraan kelima Konferensi Keselamatan Makanan Internasional di Dubai, 22-25 Februari 2010.

Di Arab, daging unta sangat populer dan kini banyak diolah menjadi bahan makanan tak terkecuali Burger Onta. Daging Onta dipercaya rendah lemak dan mengandung kandungan protein tinggi. Pada hari perayaan kurban, orang-orang Arab tidak menyembelih sapi, melainkan Onta. Hal tersebut terdapat dalam surat Al-Hajj: 3, yang berbunyi, “Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta.”

Demikianlah artikel Manfaat Susu dan Daging Unta Untuk Kesehatan. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Penyu Bagi Kesehatan: Penyembuh Berbagai Penyakit. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

About these ads