Manfaat Penyu Bagi Kesehatan: Penyembuh Berbagai Penyakit

Manfaat Penyu Bagi Kesehatan: Penyembuh Berbagai Penyakit – Penyu adalah kura-kura laut. Penyu ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman jurasic (145-208 juta tahun yang lalu) atau dapat dikatakan pernah sezaman dengan dinosaurus. Pada masa itu spesies Archelon yang berukuran panjang badan enam meter, dan spesies Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu masa kini.

Manfaat Penyu Bagi Kesehatan: Penyembuh Berbagai Penyakit
Kini penyu sisik maupun penyu hijau makin terancam kehidupannya, justru karena binatang yang dilindungi itu diketahui banyak memberi manfaat pada masyarakat. Perburuan penyu menjadi marak di berbagai lokasi yang menjadi habitatnya. Daging penyu memiliki rasa yang enak hingga digemari banyak orang. Sedang kulit dan batoknya dapat dibuat cinderamata yang indah. Telur penyu banyak dicari karena dipercaya khasiatnya untuk kesehatan dan menambah kekuatan tubuh. Dan di Bali penyu hijau menjadi sarana untuk upacara adat.

Di China, daging penyu memang diyakini mampu mengobati pelbagai penyakit, seperti jantung, paru-paru, ambeien, kurang darah, serta beberapa penyakit pencernaan di usus dan lambung. Daging penyu juga dapat meningkatkan nafsu makan, penambah tenaga, mengatasi kesulitan buang air besar (sembelit), bahkan juga dipercaya sebagai obat kuat, awet muda, dan menghilangkan rematik.

Tidak hanya daging tetapi telur penyu juga dipercayai berkhasiat. Beberapa orang percaya bahwa telur penyu dapat berfungsi sebagai obat kuat. Orang-orang di Maluku Utara seperti di Kayoa dan Bacan, telur penyu dicari dikonsumsi oleh para pelaut dan orang memiliki pekerjaan berat. Di samping itu, telur penyu juga dipercaya mengobati penyakit sariawan.

Disamping daging dan telurnya, penyu juga diambil minyaknya. Sama seperti minyak kura-kura / bulus, penyu dipercaya sebagai obat pelbagai penyakit kulit. Jika kita tidak dapat membuatnya sendiri, minyak juga tersedia di pasaran dengan harga sekitar Rp 50000 per botol. Anda berminat?

Demikianlah artikel Manfaat Penyu Bagi Kesehatan: Penyembuh Berbagai Penyakit. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Nyamuk Untuk Kesehatan. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...