Manfaat Nyamuk Untuk Kesehatan

Manfaat Nyamuk Untuk Kesehatan – Nyamuk selalu identik dengan binatang pembawa celaka. Segudang pandangan negatif memang telah melekat pada nyamuk, terlebih nyamuk jenis Aedes Aegypti yang merupakan biang keladi wabah deman berdarah. Namun tidak semua gigitan nyamuk dapat menyebabkan penyakit, kalau gatal-gatal sih sudah pasti jelas.

Manfaat Nyamuk Untuk Kesehatan
Nyamuk adalah pemakan nektar bunga. Binatang ini menghisap darah hanya untuk kelangsungan proses regenerasi, yang bertujuan mendapatkan manfaat protein untuk tujuan perkembangbiakan. Melalui penglihatan dan sensor panas, nyamuk akan memindai zona darah. Penerima panas pada nyamuk bisa mendeteksi perbedaan suhu hingga sekecil 1/100 derajat celcius.

Hasil penelitian dari studi entimologi University of Florida, Amerika, menyatakan bahwa nyamuk akan mendeteksi dan memilih darah yang disedotnya. Darah santapan nyamuk adalah yang berbau asam, misal asam laktat dan asam urat, serta darah berbau kolesterol. Dengan demikian tanpa kita sadari, gigitan nyamuk ternyata dapat mengurangi kadar kolesterol, asam laktat, dan asam urat dalam darah. Salah satu jenis kolesterol, yaitu Low Density Lipoprotein (LDL) adalah ikatan antara lemak dan protein. Kelebihan LDL pada darah akan berimbas pengerasan dan pengendapan pembuluh darah. Akibatnya dapat terjadi peningkatan lemak di jaringan adiposa.

Sudah disebutkan di atas, nyamuk menyukai darah yang mengandung asam urat dan laktat. Asam urat merupakan senyawa yang apabila dalam jumlah banyak akan cenderung mengendap dan menyebabkan inflamasi.

Di samping itu, larva nyamuk yang hidup dalam air kotor ternyata bisa mengurangi populasi mikro organisme dan bakteri parasit. Untuk dapat bertahan hidup, larva nyamuk membuat pusaran kecil di dalam air, dengan menggunakan dua anggota badan berbulu. Pusaran ini akan menarik bakteri atau mikro organisme lain yang akan dimakan oleh larva nyamuk.

Meski tidak semua nyamuk menjadi penyebab penyakit, namun kita tetap harus waspada. Jangan ambil resiko, jadi tetap siapkan obat anti nyamuk dirumah.

Demikianlah artikel Manfaat Nyamuk Untuk Kesehatan. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Ulat Sutera Untuk Kesehatan. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

Advertisements