Manfaat Ulat Sutera Untuk Kesehatan

Manfaat Ulat Sutera Untuk Kesehatan – Banyak orang hanya mengenal ngengat sutera atau ulat murbei sebatas untuk difungsikan membuat kain sutera saja. Ternyata binatang asal Tiongkok Utara ini, memiliki manfaat lain sebagai treatment kulit, tentunya setelah menjadi kepompong. Di negeri China, kepompong ulat sutera sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu untuk perawatan kulit. Malah orang Jepang kerap melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan kepompong sutera karena ngengat sutera sudah tersedia dalam kemasan praktis. Sedang di Thailand, perawatan lebih banyak dilakukan di aneka spa premium.

Manfaat Ulat Sutera Untuk Kesehatan
Kepompong sutra mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi keremajaan kulit. Seorang Ilmuwan asal Jerman, Dr. Hauschka mengatakan kepompong ulat sutera memiliki komposisi jaringan yang mirip dengan struktur kulit manusia, yaitu dengan jumlah asam amino dan pH yang hampir sama. Kepompong ulat sutera juga mengandung zat anti-bakteri yang bermanfaat melindungi jaringan kulit.

Menurut Dr. (HC) Anita Rahayu, yang juga merupakan pemilik salah satu salon kecantikan, scrub kepompong ulat sutera berfungsi untuk: menghaluskan, mencerahkan, serta menghilangkan flek-flek hitam dan komedo. Kulit yang dirawat menggunakan bahan tersebut juga dapat terlihat lebih cerah dan berkilau. Hal itu dikarenakan lapisan fibroin atau protein dari ulat sutera bisa membuat kulit bercahaya bak mutiara. Fibroin juga dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Demikianlah artikel Manfaat Ulat Sutera Untuk Kesehatan. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Ikan Mujair Untuk Kesehatan: Mengentalkan Sperma. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

Advertisements