Manfaat Daging Burung Merpati Untuk Kesehatan

Manfaat Daging Burung Merpati Untuk Kesehatan – Burung Dara atau yang biasa disebut juga burung merpati atau Columba Livia termasuk dalam kelas unggas dan hewan bertulang belakang. Burung ini dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah dunia. Merpati dibedakan atas tiga tipe, yaitu dari keindahan (fancy breed), ketangkasan (performing breed), dan kegunaan atau penghasil daging (utility breed).

Manfaat Daging Burung Merpati Untuk Kesehatan
Merpati memiliki kandungan gizi cukup tinggi, proteinnya sekitar 35,8%, lebih tinggi dibanding daging ayam (20%), daging sapi (19,2%), dan burung puyuh (21,1%). Kandungan zat gizi dalam 100 gr daging merpati adalah: 129 kalori; 3,35 gr lemak; 5 mg kalsium; dan 2,5 mg zat besi. Jika dilihat dari komposisi kandungan tersebut, daging merpati tergolong bahan makanan bergizi tinggi yang juga rendah kolesterol.

Sayangnya di Indonesia merpati pedaging tidak sepopuler ayam atau bebek. Bahkan bisa dikatakan masih sedikit resto yang menyediakan menu merpati. Padahal, di Amerika Serikat, merpati muda akrab dengan sebutan squab menjadi salah satu menu favorit karena dagingnya yang enak dan lunak. Malah di Restoran Gordon Ramsay London, daging merpati juga disajikan dalam daftar menu. Restoran Inggris Gordon Ramsay termasuk dalam 10 restoran termahal di dunia versi majalah Forbes edisi 2007. Nah, di Eropa dan Amerika saja, merpati menjadi makanan elit, masak kita tak mau mencoba.

Demikianlah artikel Manfaat Daging Burung Merpati Untuk Kesehatan. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Lobster Untuk Kesehatan: Kaya Akan Omega 3. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...