Manfaat Lobster Untuk Kesehatan: Kaya Akan Omega 3

Manfaat Lobster Untuk Kesehatan: Kaya Akan Omega 3 – Orang sering bingung apakah lobster sama dengan udang? Kedua binatang ini sama-sama termasuk dalam ordo Decapoda. Untuk membedakannya, bisa dilihat dari ukurannya, lobster lebih besar dibanding udang. Baik udang maupun lobster, selalu menjadi andalan dalam menu seafood. Binatang bercapit ini memang tak hanya lezat disantap, namun juga mengandung berbagai zat bermanfaat.

Manfaat Lobster Untuk Kesehatan Kaya Akan Omega 3
Dalam sebuah konferensi kardiovaskular di Norwegia, Profesor Daan Krommhout dari Institut Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan Belanda, melaporkan bermacam manfaat asam lemak Omega 3 yang terdapat pada ikan besar, termasuk lobster. Memakan lobster ternyata dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Sebagai sampel dapat dilihat pada orang Jepang dan kutub utara, di mana statistik menunjukkan bahwa di wilayah ini memilki tingkat kematian paling rendah akibat penyakit jantung.

Menurut Profesor Christian A. Devon dengan Departemen Ilmu Gizi (sekolah Ilmu Kedokteran, Universitas Oslo), asam lemak Omega 3 bermanfaat penting bagi fungsi visual, terutama untuk kesehatan retina. Lemak Omega 3 juga mendukung perkembangan otak, mata, dan mengatasi kegelisahan. Bagi ibu hamil atau sedang menyusui, mengonsumsi makanan hasil laut akan sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi, yakni meningkatkan kemampunan kognitif.

Tidak hanya itu, lobster juga mengandung vitamin B-12, vitamin-D, juga mineral. Dalam lobster terkandung juga mineral, termasuk seng, magnesium, kalium, tembaga, selenium, dan yodium. Lobster bersifat rendah lemak jenuh dan termasuk sumber protein yang sempurna. Kita tidak perlu khawatir soal kadar kolesterol dari lobster. Olahan lobster rebus atau kukus hanya mengandung 72 miligram (mg) per 100 gramnya, jumlah ini lebih rendah dibanding daging ayam yang tanpa kulit (75 mg), dan telur besar (200 mg). Lobster juga cocok untuk program diet. Karena 100 gram porsi lobster berisi 98 kalori, sedangkan ayam dan telur bisa mencapai 172 kalori. Jadi, tidak perlu segan memesan menu lobster di resto seafood.

Demikianlah artikel Manfaat Lobster Untuk Kesehatan: Kaya Akan Omega 3. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Lintah Untuk Kesehatan: Pelancar Aliran Darah. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

Advertisements