Biawak Penyembuh Penyakit Asma dan Penyakit Kulit

Biawak Penyembuh Penyakit Asma dan Penyakit Kulit – Dilihat dari bentuk fisiknya, biawak seolah makhluk purba yang bertahan selama jutaan tahun dan bertahan hingga kini. Sejak lama, biawak menjadi salah satu hewan buruan manusia untuk dikonsumsi. Banyak orang yang mempercayai bahwa reptil ini memiliki manfaat dan khasiat tersendiri bagi manusia.

Biawak Penyembuh Penyakit Asma dan Penyakit KulitBiawak masuk ke dalam golongan kadal besar, suku Varanidae. Biawak dalam bahasa lain biasa disebut: bayawak (Sunda), menyawak atau nyambik (Jawa), berekai (Madura), dan monitor lizard atau goanna (Inggris). Di Nusantara, biawak kerap ditemui di desa-desa dan perkotaan Indonesia bagian barat. Hewan ini kebanyakan biawak air dari jenis Varanus Salvator, dengan panjang tubuh (moncong hingga ujung ekor) umumnya hanya berkisar 1 meter, meskipun ada pula yang dapat mencapai 2,5 meter.

Biawak dipercaya dapat menyembuhkan atau obat alternatif penyakit asma dan obat penyakit kulit. Kasiat daging biawak untuk mengatasi penyakit asma, sedangkan minyak dari biawak digunakan untuk obat penyakit kulit. Daging biawak umumnya berwarna putih seperti daging ayam, dengan tekstur agak ulet karena serat yang lebih rapat seperti daging kuda. Warung makan yang menyajikan daging biawak biasanya diolah menjadi sate, sop, atau rendang.

Sedangkan untuk penyakit kulit, seperti luka bakar, alergi, atau gatal-gatal dapat diatasi dengan menggunakan minyak biawak. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah karena kini telah banyak terdapat penjual minyak biawak.

Tetapi jika Anda berminat untuk membuatnya sendiri berikut langkah-langkahnya:

– Sediakan daging biawak yang telah dibersihkan, gorenglah daging tersebut tanpa minyak goreng.
– Setelah sekian menit, minyak biawak akan keluar dari dagingnya.
– Setelah dingin, oleskan minyak biawak tersebut pada kulit yang mengalami luka atau penyakit.

Dengan melakukan secara teratur 3 kali sehari, dipercaya bahwa luka bakar, gatal-gatal, dan alergi kulit akan teratasi. Bahkan minyak biawak ini juga dipercaya dapat menghaluskan kulit.

Ada dua pendapat tentang hukum halal dan haram dalam mengonsumsi daging biawak. Mereka yang berpendapat biawak haram, berdasar dari keterangan yang menyebutkan bahwa Rasulullah pernah membuangnya. Sedang yang berpendapat halal, berdasar dari keterangan yang mengarahkan bahwa hewan ini boleh dimakan, meskipun Rasul sendiri tidak memakannya.

Topik yang serupa dengan artikel Biawak Penyembuh Penyakit Asma dan Penyakit Kulit ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Cula Badak Bikin Perkasa. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

Advertisements