Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota Legislatif

Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota Legislatif – detiklife.com. Anggota legislatif yang ada di Indonesia antara lain DPR, DPD, DPRD atau caleg / bacaleg yang belum terpilih. Karena alasan tertentu, mungkin Anda ingin menggundurkan diri dari lembaga pemerintah tersebut. Sesuai tata cara pengunduran diri yang resmi, biasanya harus mengajukan surat pengunduran diri. Untuk itulah disini kami akan membahas:

  • Surat Pengunduran Diri Anggota DPR
  • Surat Pengunduran Diri Anggota DPD
  • Surat Pengunduran Diri Caleg / Bacaleg

Contoh-contoh surat tersebut dibuat mengikuti format surat yang resmi dan benar. Anda juga bisa mendowload file surat pengunduran diri doc / word dalam ukuran A4 maupun F4.

Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota DPR

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIA

Sekretariat Jenderal DPR RI

Jl. Jenderal Gatot Subroto, Senayan Jakarta 10270 – Indonesia

Jakarta, 10 Maret 2019

Perihal : Pernyataan Pengunduran Diri Sebagai Anggota DPR RI
Lampiran : 1 Lembar Surat Keterangan Dokter

Yth.
Ketua DPR RI
di Jakarta

Bersama surat ini saya Dr. Ahmad Armadani, dengan ini menyatakan pengunduran diri saya sebagai anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat periode jabatan 2019–2024.

Hal ini berkaitan penyakit Multiple sclerosis yang saya derita, seperti telah tercantum dalam lampiran. Karena penyakit tersebut, saya tidak bisa lagi menjalankan tugas sebagai anggota dewan DPR RI periode 2019–2024.

Demikian pernyataan pengunduran diri ini saya buat sesuai keadaan sebenarnya. Saya berharap, semoga DPR RI akan selalu menyampaikan aspirasi rakyat Indonesia. Atas perhatiannya saya menyampaikan terima kasih.

Hormat Saya

Materai Rp.6000,- + tanda tangan

Dr. Ahmad Armadani
Nomor Anggota G-467

Tembusan:
1. Mahkamah Kehormatan DPR RI

Diatas adalah surat pengunduran diri anggota DPR karena menderita penyakit yang mengganggu pekerjaan. Contoh surat pengunduran diri yang simple tersebut di tulis dengan baik dan mudah dipahami. Sudah pasti surat pengunduran tersebut tidak menimbulkan salah paham.

Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota DPD

Lampiran : 1 Berkas
Perihal : Pengunduran Diri Dari Anggota Dewan DPD RI

Yth.
Ketua DPD RI
Jl. Jenderal Gatot Subroto no. 6 Senayan
Jakarta

Dengan hormat,
Sehubungan dengan UU No 10 tahun 2016 pasal 7 ayat 2 huruf s bahwa calon gubernur/wakil gubernur harus “menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPD RI”.

Berkaitan dengan hal tersebut, saya menyampaikan pengunduran diri saya sebagai Anggota DPD provinsi Sumatra Barat periode 2014-2019, dalam rangka pencalonan diri saya sebagai gubernur Sumatra Barat. Adapun surat pernyataan mengenai pengunduran diri saya tercantum di dalam lampiran.

Demikian yang dapat saya sampaikan, jika terdapat tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf. Atas perhatian dan kerjasamanya saya menyampaikan terima kasih.

Hormat saya,

Materai Rp.6000,-

Ir. Muslih Ahmad Fikri

Surat diatas adalah contoh surat pengunduran diri resmi sebagai Anggota DPD. Surat pengunduran diri yang singkat tersebut mungkin bisa menjadi referensi ketika hendak mengundurkan diri dari jabatan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Caleg / Bacaleg

Kepada Yth.
Ketua DPD
Partai PDIP Kabupaten Pekalongan
di Tempat

Dengan hormat,
Sebelumnya saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sehingga saya dijadikan sebagai Bakal Calon Legislatif DPRD Kabupaten Pekalongan.Dengan tanpa mengurangi rasa hormat, saya menyatakan pengunduran diri saya dari bakal calon legislatif anggota DPRD Pekalongan. Pengunduran ini terpaksa harus saya ambil ambil dengan berat hati karena saya akan berpindah domisili mengikuti anak di Aceh.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya tanpa pengaruh pihak mana pun. Atas perhatiannya saya menyampaikan terima kasih.

Pekalongan, 23 Mei 2019
Hormat saya,

Drs. Yusril Ahmad Abdillah

Contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan tersebut cukup singkat dan pendek. Tetapi surat tersebut tetap mengikuti kaidah penulisan yang formal dan sopan. Jika Anda hendak mengundurkan diri sebagai caleg / bakal caleg, surat diatas mungkin bisa jadi contoh terbaik.

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota DPR Doc

surat pengunduran diri anggota dpr

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota DPD Doc

surat pengunduran diri anggota dpd

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Caleg Doc

surat pengunduran diri sebagai caleg