Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah Dan Bangunan Yang Singkat

Contoh Surat Perjanjian Sewa – detiklife.com. Ketika melakukan kegiatan sewa menyewa pertama-tama pasti akan dibuat kesepakatan dan perjanjian antara 2 pihak yang terlibat. Agar tidak menyebabkan perselisihan di kemudian hari, penting juga untuk membuat surat perjanjian bersama yang ditanda tangani diatas materai. Apa saja yang harus dimuat dalam surat perjanjian sewa? Simak selengkapnya dalam contoh-contoh:

  • Surat Perjanjian Sewa Rumah
  • Surat Perjanjian Sewa Tanah
  • Surat Perjanjian Sewa Ruko

Contoh surat perjanjian singkat yang dibahas disini dibuat dengan mengikuti format aslinya yang sah dan benar. Selain itu, Anda juga bisa mendownload contoh surat perjanjian doc (file word) dalam ukuran A4 dan F4 atau Folio. Jadi tidak perlu kerepotan lagi mengatur ukuran kertas saat di print.

Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah

SURAT PERJANJIAN SEWA RUMAH

Pada hari ini, 16 Juli 2019 (enam belas Juli dua ribu sembilan belas) telah disepakati sebuah perjanjian bersama antara:

Nama : Christupel Tupamahu
Pekerjaan : Pengusaha
No. KTP : 36872692837
Alamat : Jln. Pandanaran 55 (Samping Bandeng Bonafide) Randusari, Semarang Selatan
Telp. : 0872263623

Selaku pemilik rumah dan dalam hal ini bertindak sebagai PIHAK PERTAMA atau yang menyewakan.

Nama : Eko Budi Susilo, SH
Pekerjaan : Karyawan
No. KTP : 88288900111
Alamat : JL. Pleburan VII No 9 Singosari – Semarang Selatan, Semarang.
Telp/Hp : 08134536547
Sebagai pihak kedua atau penyewa yang dalam perjanjian ini merupakan PIHAK KEDUA.

Dengan ini, kedua belah pihak bersepakat untuk mengadakan perjanjian sewa rumah dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:
1. Rumah yang menjadi objek sewa adalah sebuah rumah yang terletak di Jalan Menoreh, Sampangan, Gajahmungkur Semarang. Rumah tersebut memiliki luas tanah 900 m2 dan luas bangunan 400 m2.
2. PIHAK PERTAMA menyewakan rumah seperti disebut dalam poin 1 beserta tanah dan propertinya kepada PIHAK KEDUA.
3. PIHAK KEDUA bertanggung jawab penuh terhadap perawatan dan pemeliharaan keseluruhan isi rumah beserta halaman dan pekarangannya.
4. Segala perincian terkait perjanjian ini akan di musyawarahkan dan dibahas kemudian serta menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perjanjian ini.

Demikian surat perjanjian ini dibuat sebagaimana mestinya dengan itikad baik supaya bisa diikuti dan dijalankan kedua belah pihak.

Semarang, 16 Juli 2019,

PIHAK PERTAMA

Materai 6000

Christupel Tupamahu

PIHAK KEDUA

Eko Budi Susilo, SH

Contoh surat perjanjian singkat diatas menggunakan format yang sederhana dan mudah dipahami. Membuat surat pernjanjian sewa secara baik dan benar bisa meminimalisir terjadinya sengketa. Karena itu Anda harus mencantumkan perincian dengan lengkap dalam perjanjian sewa tersebut. Misalnya saja objek sewa menyewa dan masa berlaku sewa menyewa.

Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah

SURAT PERJANJIAN SEWA TANAH

Pada hari ini, tanggal 15 Oktober 2019, telah terjadi kesepakatan dan perjanjian bersama antara pihak-pihak berikut:

Nama : Lingga Wisnu Murti
No. KTP : 827739382002
Pekerjaan : Swasta
Alamat : Jl. Marelan 3 Pasar 3 Barat, Kec.rengas Pulo Medan Marelan
Selaku pemilik tanah dan penyewa tanah yang dalam perjanjian ini disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

Nama : Mahardika Suwandi
No. KTP : 773845920301
Pekerjaan : Pedagang
Alamat : Jl. Dr. Setiabudi Kompl Taman Setiabudi Indah Bl PP/84 Medan
Untuk selanjutnya dalam perjanjian ini akan disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Dengan ini kedua belah pihak secara sadar menyepakati perjanjian sewa tanah dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. PIHAK PERTAMA mempunyai sebidang tanah dengan luas sekitar 300 m2 yang terletak di Jl. Marelan 3 Pasar 3 Barat, Kec.rengas Pulo Medan Marelan, Medan.
2. PIHAK KEDUA akan menyewa tanah sebagaimana disebut dalam point 1 terhitung per 1 November 2019 sampai dengan 30 November 2019. Dengan uang sewa sebesar Rp.1.000.000,-.
3. Hal-hal yang tidak dibahas secara terperinci dalam perjanjian ini akan dibahas dan didiskusikan kemudian melalui musyawarah. Kesepakatan tersebut akan secara otomatis akan menjadi addendum dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perjanjian sewa ini serta akan dicantumkan sebagai lampiran klausa tambahan.

Demikian perjanjian ini dibuat sebagaimana mestinya tanpa campur tangan dan pengaruh pihak lainnya. Perjanjian ini dibuat rangkap dua dengan materai cukup dan memiliki kekuatan sama di mata hukum.

Medan, 15 Oktober 2018,

PIHAK PERTAMA

(materai 6000)

Lingga Wisnu Murti

PIHAK KEDUA

Mahardika Suwandi

Contoh tersebut adalah surat perjanjian sewa tanah yang dibuat diatas materai. Surat perjanjian sewa tanah yang singkat diatas ditulis dengan sederhana dan tidak berbelit-belit. Tentunya ini akan lebih mudah dipahami oleh kedua pihak yang terlibat dalam pernjanjian tersebut.

Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko

SURAT PERJANJIAN SEWA RUKO

Hari ini, 16 September 2019, telah terjadi kesepakatan dan perjanjian bersama antara:

Nama : Rahmat Yudiansyah
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat : Jl. Raya Dukuh Kupang No. 83-A Surabaya
No. Telp : 08847878222
Selanjutnya dalam perjanjian ini akan disebut PIHAK PERTAMA

Nama : Henni Indriaty, SH, M.Si.
Pekerjaan : Pedagang
Alamat : Jl. Masjid Agung Timur No. 2 Surabaya
No. Telp : 08784826373
Yang selanjutnya bertindak sebagai PIHAK KEDUA dalam perjanjian ini.

Kedua belah pihak di atas menyepakati untuk mengikatkan diri dalam perjanjian sewa ruko dengan ketentuan dan aturan sebagai berikut:

1. PIHAK PERTAMA menyewakan bangunan berupa ruko kepada PIHAK KEDUA beserta seluruh tanah, teras, dan halaman belakang. Ruko tersebut beralamat di jalan Jl. Raya Sambikerep No. 2 Surabaya.
2. Semua hal berkaitan dengan biaya perawatan dan pemeliharaan gedung, termasuk biaya listrik serta air bersih menjadi tanggungan pihak KEDUA.
3. Apabila di kemudian hari diperlukan kesepakatan yang lebih rinci maka akan dibahas melalui musyawarah bersama untuk mencapai kata mufakat. Dan jika sengketa tidak terselesaikan maka akan ditempuh jalur hukum sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

Surat perjanjian ini dibuat sebagaimana mestinya tanpa pengaruh dari pihak mana pun. Perjanjian ini dibuat rangkap dua dan bermaterai cukup serta mempunyai kekuatan hukum serupa.

Surabaya, 19 Desember 2017

PIHAK PERTAMA

Rahmat Yudiansyah

(materai 6000)

PIHAK KEDUA

Henni Indriarty, SH, M.Si.

Yang dicantumkan diatas adalah contoh surat perjanjian sewa ruko antara pemilik ruko dan pihak yang menyewa ruko. Anda bisa mencontoh surat perjanjian sewa tersebut. Tapi harus disesuaikan dengan perjanjian dan kesepakatan bersama yang Anda lakukan. Jika diperlukan, Anda juga bisa menambahkan perincian-perincian lengkap ke dalam isi surat perjanjian diatas.

Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Rumah Doc

surat perjanjian sewa rumah

Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Tanah Doc

surat perjanjian sewa tanah

Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Ruko Doc

surat perjanjian sewa ruko