Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota Polisi Dan TNI

Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota Polisi Dan TNI – detiklife.com. Untuk terjun ke dunia politik, anggota polisi atau TNI harus mengundurkan diri dari jabatannya. Entah itu pencalonan sebagai DPR maupun sebagai kepala daerah, tetap wajib membuat surat pengunduran diri. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, dalam artikel berikut akan dibahas:

  • Surat Pengunduran Diri Anggota POLRI
  • Surat Pengunduran Diri Satpol PP
  • Surat Pengunduran Diri TNI

Masing-masing contoh surat resign tersebut ditulis mengikuti format surat resmi yang baik dan benar. Kami juga menyediakan link download surat pengunduran diri doc (format word) ukuran A4 dan F4 / Folio.

Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota POLRI

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Sigit Purnomo
Pangkat/NRP : Inspektur Jenderal Polisi / 2735272
Jabatan : Kapolda
Kesatuan : Polda

Menyatakan dengan sebenarnya bahwa saya bersedia diberhentikan dengan hormat dari Anggota Kepolisian Negara RI. Hal ini berkaitan dengan pencalonan saya sebagai anggota DPRD. Pengunduran ini berlaku sejak tanggal diterimanya Keputusan Pemberhentian Dengan Hormat.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan untuk di jadikan perhatian. Atas kerjasamanya saya mengucapkan terima kasih.

Semarang, 29 april 2019
Yang Menyatakan,

[Materai Rp. 6000]

Sigit Purnomo
IRJENPOL/2735272

Contoh diatas adalah surat pengunduran diri anggota POLRI (Kepolisian Negara Republik Indonesia). Surat resmi tersebut bisa Anda sesuaikan dengan data diri. Tentunya dengan mengajukan surat pengunduran diri POLRI akan ada konsekuensi terkait hak pensiun Anda.

Contoh Surat Pengunduran Diri Satpol PP

Karanganyar , 12 Juli 2019

Yth.
Kasat Pol PP Dan Damkar Kabupaten Semarang
Jl. Brigjen Sudiarto No.34, Dliwang, Ungaran
Semarang

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : IRMANSYAH EFENDI
TTL : Semarang, 27 Februari 1985
NIP : 198527263813817
Jabatan : Staf Pelaksana / Komandan Regu IV (DANRU IV)
Pangkat/Gol : Penata Muda (III a)
bersama ini saya menyatakan pengunduran diri saya dari jabatan Staf Pelaksana / DANRU IV di Satuan Pol PP Dan Damkar Kabupaten Semarang. Pengunduran diri ini efektif per tanggal 13 Agustus 2019, satu bulan sejak surat ini dibuat.

Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan selama saya menjadi komandan regu IV. Saya juga meminta maaf jika selama menjabat sebagai komandan regu melakukan banyak hal yang kurang berkenan.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya, tanpa pengaruh pihak manpun. Atas perhatiannya saya menyampaikan terima kasih.

Hormat saya

IRMANSYAH EFENDI
NIP. 198527263813817

Contoh surat penggunduran diri tersebut bisa dijadikan acuan saat membuat surat pengunduran diri Satpol PP. Mengenai pangkat dan jabatan di dalam kesatuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) bisa Anda edit sendiri. Didalam surat tersebut juga bisa ditambahkan alasan Anda mengundurkan diri.

 

Contoh Surat Pengunduran Diri TNI

SURAT PENGUNDURAN DIRI

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : FARZAN GUNAWAN
Jabatan : Perwira menengah
Pangkat/NRP : Letnan Kolonel /26172
Kesatuan militer : Batalyon Infanteri Lintas Udara 328

menyatakan bahwa saya bersedia diberhentikan dengan hormat sebagai Anggota Tentara Angkatan Darat Republik Indonesia. Hal ini berkaitan dengan pencalonan saya sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Barat.

Pengunduran diri ini efektif sejak diterimanya Keputusan Pemberhentian Dengan Hormat. Saya juga menyadari sepenuhnya segala konsekuensi akibat pengunduran diri saya. Terutama bahwa surat pengunduran ini tidak bisa ditarik kembali.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya tanpa paksaan pihak manapun. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Bandung, 12 Juni 2019
Yang menyatakan,

Materai Rp.6000,-

Farzan Gunawan
Letnan Kolonel /26172

Contoh diatas merupakan surat pengunduran diri TNI karena akan mencalonkan diri menjadi gubernur. Sebelum mengajukan pengunduran diri dari TNI lebih baik dipertimbangkan dulu baik-baik. Karena surat pengunduran TNI atau kesatuan militer ini kemungkinan tak bisa ditarik lagi.

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Anggota POLRI Doc

contoh surat pengunduran diri anggota polri

Download Contoh Surat Pengunduran Diri Satpol PP Doc

surat pengunduran diri satpol pp

Download Contoh Surat Pengunduran Diri TNI Doc

surat pengunduran diri tni