Tips Menghemat Energi: Air, Listrik, Pulsa, BBM

detikLife.com – Ketersediaan energi yang terbatas dan biaya kebutuhan hidup yang semakin meningkat menuntut kita menerapkan pola hidup hemat. Efisiensi energi mutlak dilaksanakan agar jumlah pengeluaran di akhir bulan tidak membengkak diluar batas kemampuan finansial.

Apa langkah mudah yg bisa dilakukan untuk berhemat? Disini akan dibagikan beberapa ‘tips’ (cara) penghemat listrik, air, BBM, dan pemakaian pulsa. Setidaknya dengan 4 faktor hemat: BBM, air, pulsa dan listrik ini bisa menyelamatkan anggaran pengeluaran agar tidak melebihi budget yang sudah direncanakan sebelumnnya.

Penghematan air, listrik, BBM dan pulsa membutuhkan kedisiplinan dan tanggung jawab dari semua pihak yang berkepentingan. Karena jika dalam sebuah keluarga hanya sedikit yang mempunyai kesadaran untuk menghemat, maka tujuan efisiensi pengeluaran akan sulit tercapai. Berikut ini tips-tips hemat penggunaan energi.

hemat air
HEMAT AIR
 Jangan biarkan air mengucur saat gosok gigi.
 Jangan lupa mengecek tombol flush toilet. Gunakan toilet yang memiliki tombol flus yang berbeda untuk buang air kecil dan air besar.
 Periksa keran dan pipa air Anda. Ganti yang bocor atau menetes.
 Cuci baju sekaligus dalam jumlah banyak.
 Gunakan ember dan lap untuk mencuci mobil.
 Air bekas cucian bisa digunakan untuk menyikat kamar mandi.

hemat listrik
HEMAT LISTRIK
 Sebaiknya ganti semua lampu pijar/neon dengan lampu LED. Walau harga lampu LED lebih mahal, namun konsumsi listriknya jauh lebih hemat dan lebih terang.
 Jangan gunakan alat elektronik yang sama berbarengan. Misalnya, televisi. Bila mempunyai televisi lebih dari satu, lebih baik menonton bersama-sama memakai salah satu saja.
 Hindari pemakaian alat elektronik secara bersamaan di malam hari. Misalnya, jangan menyalakan AC secara bersamaan, karena running startnya menyedot banyak arus listrik. Menyetrika pun, sebaiknya dilakukan di siang hari saat tidak semua lampu menyala.
 Jangan lupa mencabut charger ponsel Anda saat tidak digunakan. Demikian juga dengan adapter atau stabilizer (misalnya yang digunakan oleh komputer Anda). Alat-alat ini akan mengkonsumsi banyak listrik meski komputer tidak dinyalakan atau ponsel sudah dicabut dari charger-nya.
 Banyak alat-alat yang dikondisikan untuk power on-standby. Televisi, VCD, dan DVD misalnya, yang bisa langsung lewat remote control. Mulai sekarang matikan benar-benar alat-alat tersebut. Power-on standby mengkonsumsi listrik yang lumayan.
 Banyak komputer yang sebenarnya tidak benar-benar mati. Bila komputer Anda memiliki tombol on-off di belakang CPU-nya, pastikan bahwa tombol itu dalam keadaan off saat tidak digunakan.
 Demikian juga dengan printer, pastikan bahwa tombol power printer dalam keadaan off.
 Tidak perlu semua ruangan menggunakan AC. Pilih altematif kipas angin yang bisa dipasang di langit-langit atau exhaust fan.
 Pasang timer pada AC, sehingga pada saat udara sudah cukup sejuk, AC bisa mati sendiri.
 Biasakan mematikan lampu-lampu ruangan saat tidak digunakan.

hemat pulsa
HEMAT BIAYA PULSA
 Stop bicara ngalor-ngidul di telepon. Kalaupun ingin mengobrol, lebih baik gunakan telepon untuk membuat janji bertemu saja.
 Rencanakan isi pembicaraan Anda sebelum menelepon, supaya pembicaraan berlangsung efisien.
 Bila perlu, kunci telepon rumah saat Anda tidak berada di rumah. Sekarang ini ada perangkat telepon yang bisa diprogram khusus, yaitu walaupun telepon ‘terkunci’, namun bisa digunakan untuk menghubungi nomor-nomor tertentu yang penting atau nomor telepon darurat.
 Gunakan telepon rumah saat diberlakukan tarif reduksi, misalnya pada 21.00 ke atas dan 06.00 pagi.
 Batasi pemakaian ponsel dengan menjatah pulsa lewat kartu prabayar.
 Untuk hal-hal yang bisa disampaikan dalam kalimat pendek, lebih baik gunakan SMS saja.
 Bila Anda memakai internet, pilihlah paket yang seimbang antara harga dan kecepatan. Tidak perlu akses internet yang sangat cepat jika hanya digunakan untuk browsing. Lebih baik lagi jika berlangganan internet digabung bersama langganan TV cable.
 Jika tidak menggunakan paket unlimited, ketik e-mail Anda dalam keadaan offline. Kurangi chatting atau browsing yang tidak perlu.

hemat BBM
HEMAT BBM
 Kurangi penggunaan mobil pribadi. Cobalah untuk membuat jadwal pergi bersama rekan yang searah. Misalnya hari ini giliran Anda ‘mengangkut’ rekan-rekan ke kantor. Besok gantian rekan Anda yang lain.
 Untuk tujuan yang jaraknya dekat, tak ada salahnya berjalan kaki.
 Bila udara cukup sejuk, matikan AC mobil untuk menghemat bahan bakar.

Advertisements