Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan (A1C-Abortus)

Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. I

Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan (A1C-Abortus)

  • Pengertian A1C

A1C adalah tes yang mengukur kadar glukosa darah rata-rata seseorang selama 2 sampai 3 bulan terakhir. Hemoglobin adalah bagian dari sel darah merah yang membawa oksigen ke sel-sel dan kadang-kadang bergabung dengan glukosa dalam aliran darah. 

Juga disebut hemoglobin A1C atau hemoglobin glikosilasi, tes ini menunjukkan jumlah glukosa yang menempel pada sel darah merah, yang proporsional dengan jumlah glukosa dalam darah. Ini adalah tes darah diberikan kepada penderita diabetes untuk menentukan seberapa baik kondisi mereka di bawah kontrol. Interval referensi: 0-6%.

  • Pengertian Aarskog-Scott (Sindrom)

Aarskog-Scott adalah Sebuah sindrom mata spasi lebar (hipertelorisme okular), lubang hidung menghadap ke depan , bibir atas yang lebar, cacat kantong pelir (skrotum), dan kelemahan ligamen yang mengakibatkan layuh belakang lutut (genu recurvatum), kaki datar, dan jari-jari terlalu mengembang.

Ada bentuk-bentuk penyakit terkait gen. Gen untuk bentuk terkait-X telah dipetakan ke band kromosom Xp11.21 dan diidentifikasi sebagai gen FGD1.Penyakit ini dinamai sesuai penemunya DJ Aarskog (1928 -) dan CI Scott, Jr (1934 -), dokter anak Norwegia dan Amerika, yang melaporkannya pada tahun 1970 dan 1971.  Sindrom ini juga dikenal sebagai sindrom Aarskog, displasia faciodigitogenital, dan displasia faciogenital.

  • Pengertian Abdomen

Abdomen adalah area tubuh antara bagian bawah tulang rusuk dan bagian atas paha.

  • Pengertian Abdomen Akut

Abdomen akut adalah istilah medis yang mengacu pada gejala nyeri perut yang datang tiba-tiba. Berbeda dengan nyeri perut umum yang biasanya tidak berbahaya, abdomen akut hampir selalu merupakan gejala penyakit intra-abdomen.

Abdomen akut mungkin mengindikasikan masalah utama dengan salah satu organ di dalam perut seperti radang usus buntu (apendisitis), radang kantong empedu (kolesistitis), perforasi usus atau limpa pecah.

  • Pengertian Abdominal

Abdominal adalah berhubungan dengan perut atau abdomen, yang merupakan bagian tubuh antara dada dan pinggul yang berisi pankreas, lambung, usus, hati, kandung empedu, dan organ lainnya.

  • Pengertian Abdominoplasti

Abdominoplasti adalah sebuah prosedur pembedahan yang dilakukan untuk meratakan perut Anda dengan membuang lemak dan kulit ekstra, dan mengencangkan otot-otot di dinding perut. Prosedur ini sering disebut sebagai tummy tuck.

  • Pengertian Abduktor

Abduktor adalah otot yang bergerak menjauh dari tubuh, seperti mengangkat lengan ke samping. Anda melebarkan jari-jari Anda menggunakan abduktor karena Anda menjauhkan jari-jari Anda dari garis imajiner yang memanjang di lengan Anda.

  • Pengertian Abegrin

Abegrin adalah zat yang sedang dalam penelitian untuk pengobatan beberapa jenis kanker dan kondisi lainnya. Abegrin mengikat protein pada permukaan pembuluh darah dan dapat mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru yang diperlukan tumor untuk tumbuh. Abegrin merupakan jenis agen antiangiogenesis, inhibitor metastasis, dan antibodi monoklonal. Juga disebut etaracizumab, antibodi monoklonal manusia Medi-522, dan Medi-522.

  • Pengertian Aberasi

Aberasi adalah distorsi terkait dengan astigmatisme, yang menyebabkan ketidakmampuan sinar cahaya yang memasuki mata untuk bertemu (berkumpul) ke titik fokus tunggal pada retina. Aberasi dibagi menjadi dua kategori utama:

– tingkat tinggi

– tingkat rendah

  • Pengertian Abiotrofi

Abiotrofi adalah kehilangan fungsi atau degenerasi karena alasan yang tidak diketahui. Sebagai contoh, abiotrofi serebelum dapat mempengaruhi koordinasi sementara abiotrofi batang kerucut dapat menyebabkan kebutaan pada saat lahir

  • Pengertian Abiraterone Asetat

Abiraterone asetat adalah obat yang digunakan untuk mengobati kanker prostat yang telah menyebar ke bagian lain dari tubuh dan tidak merespon terapi hormon dan obat-obatan antikanker tertentu. Obat ini juga sedang dipelajari dalam pengobatan kanker payudara dan kanker jenis lain. Abiraterone Asetat menghambat jaringan pembuat androgen membuat (hormon pria), seperti testosteron, sehingga dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker yang perlu androgen untuk tumbuh. Obat jenis antiandrogen ini juga disebut Zytiga.

  • Pengertian Ablasi

Ablasi dalam pengobatan adalah pemindahan atau perusakan bagian tubuh atau jaringan atau fungsinya. Ablasi dapat dilakukan dengan operasi, hormon, obat-obatan, frekuensi radio, panas, atau metode lainnya.

  • Pengertian Ablasi Endometrium

Ablasi endometrium adalah prosedur untuk meluruhkan dinding rahim (endometrium).

  • Pengertian Ablasi Retina

Ablasi retina atau ablasio retina (retinal ablation) adalah lepasnya retina dari tisu penopangnya yang menutupi permukaan di bagian belakang mata. Kondisi ini disebabkan oleh cedera pada mata atau wajah, rabun jauh ekstrem (retina tipis sehingga yang lebih rentan untuk terlepas), dan operasi LASIK. Ablasi retina dapat menyebabkan kebutaan apabila retina tidak dilekatkan kembali dalam waktu relatif singkat.

  • Pengertian ABMD

ABMD (Anterior Basement Membrane Dystrophy) adalah distrofi kornea yang paling umum. Sebuah kondisi mata di mana membran yang terletak di bawah sel-sel epitel (sel-sel permukaan) kornea menjadi tidak merata dan memerangkap sel-sel di bawahnya yang biasanya naik di atasnya.

Kondisi yang merusak penglihatan ini biasanya turun-temurun, dan berfluktuasi dalam tingkat keparahannya selama seumur hidup seseorang. Kondisi ini juga disebut Map-Dot-Fingerprint Dystrophy danEpithelial Basement Membrane Dystrophy.

  • Pengertian Abnormal

Abnormal adalah tidak normal. Menyimpang dari struktur, posisi, kondisi, atau perilaku biasa atau apa yang dianggap normal. Mengacu pada pertumbuhan sel, lesi atau pertumbuhan abnormal dapat bersifat jinak (bukan kanker), prakanker atau premaligna (cenderung menjadi kanker), atau ganas (kanker).

  • Pengertian ABO

ABO adalah sistem golongan darah manusia yang membagi darah menjadi berbagai jenis, berdasarkan ada atau tidak adanya tanda-tanda tertentu pada permukaan sel darah merah. Empat golongan darah utama adalah A, B, O, dan AB.

  • Pengertian Aborsi

Aborsi Sinonim dengan abortus

  • Pengertian Aborsi Medis

Aborsi medis mengacu pada aborsi yang diinduksi oleh pemberian obat.

  • Pengertian Abortifasien

Abortifasien (abortifacient) adalah obat atau senyawa yang menginduksi keguguran embrio atau janin.

  • Pengertian Abortus

Abortus atau aborsi adalah terhentinya kehamilan sebelum 20 minggu, ketika janin belum bisa bertahan hidup di luar rahim. Istilah abortus mengacu baik yang terjadi secara alami, tanpa disengaja (abortus spontan) atau yang disengaja (abortus provokatus). Namun, di masyarakat cenderung terjadi penyempitan makna yaitu abortus hanya mengacu pada yang disengaja dan menyebut abortus spontan sebagai “keguguran”.

  • Pengertian Abortus Habitualis

Abortus habitualis atau aborsi berulang adalah abortus spontan yang terjadi tiga kali berturut-turut atau lebih.

  • Pengertian Abortus Iminen

Abortus iminen atau aborsi terancam (threatened abortion) adalah perdarahan selama trimester pertama kehamilan (<20 minggu), dengan atau tanpa kram perut bawah dan tanpa dilatasi serviks.

  • Pengertian Abortus Inkompletus

Abortus inkompletus adalah keguguran tidak lengkap dengan sebagian hasil konsepsi masih tersisa di dalam rahim. Intervensi medis berupa penguretan (kuretase) mungkin diperlukan untuk menghapus hasil konsepsi yang masih tersisa.

  • Pengertian Abortus Insipiens

Abortus insipiens (inevitable abortion) adalah abortus yang sedang berlangsung di mana ekspulsi hasil konspsi belum terjadi tetapi telah ada dilatasi serviks. Kondisi ini ditandai dengan perdarahan sedang sampai berat, disertai nyeri kram perut bawah. Kehamilan tidak dapat dipertahankan lagi.

  • Pengertian Abortus Kompletus

Abortus kompletus adalah keguguran lengkap di mana semua hasil konsepsi (desidua dan fetus) telah keluar tanpa membutuhkan intervensi medis.

  • Pengertian Abortus Provokatus

Abortus provokatus (induced abortion) adalah abortus yang disengaja, baik dengan memakai obat-obatan maupun alat-alat. Abortus provokatus bisa legal karena ada indikasi medis (disebut abortus medisinalis) yaitu bila kehamilan dilanjutkan dapat membahayakan jiwa ibu. Abortus tanpa indikasi medis adalah kejahatan melawan hukum, disebut abortus kriminalis.

Menurut definisi WHO: pengakhiran kehamilan klinis oleh interferensi yang disengaja sebelum usia kehamilan 20 minggu (18 minggu setelah pembuahan), atau jika usia kehamilan tidak diketahui, embrio / janin kurang dari 400 g.

  • Pengertian Abortus Septik

Abortus septik adalah aborsi spontan (keguguran) dengan komplikasi infeksi intrauterin, yang mungkin ditandai oleh demam dan debit perdarahan bernanah.

  • Pengertian Abortus Spontan

Abortus spontan terdiri dari beberapa jenis, yang meliputi abortus iminen, abortus insipiens, abortus kompletus, abortus inkompletus, abortus tertunda, abortus habitualis dan abortus septik. Abortus spontan, juga dikenal sebagai keguguran, adalah kehamilan yang berakhir prematur secara spontan (alamiah) pada usai embrio/ janin di bawah 20 minggu kehamilan ((18 minggu setelah pembuahan) atau, jika usia kehamilan tidak diketahui, berat embrio/ janin kurang dari 400 g.

  • Pengertian Abortus Tertunda

Abortus tertunda (missed abortion) adalah kehamilan di mana ada kematian janin (biasanya hingga 8 minggu atau lebih) tetapi tidak ada aktivitas rahim untuk mengeluarkan hasil konsepsi.

Menurut definisi WHO: missed abortion adalah kondisi di mana embrio atau janin nonviable tetapi tidak dikeluarkan secara spontan dari rahim.

Demikianlah artikel Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pengertian Kesehatan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Apa Itu Trigeliserida. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang Pengertian Kesehatan kami yang lain.

loading...