Apa Itu Trigeliserida

Trigeliserida adalah

Apa Itu Trigeliserida – Trigeliserida adalah salah satu bentuk lemak yang diserap oleh usus setelah mengalami hidrolisis, kemudian masuk ke dalam plasma. Trigliserida merupakan lemak darah yang akan meningkat ketika mengkonsumsi alkohol, mengalami peningkatan berat badan dan mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi (Sutanto, 2010).

Pernah ada anggapan bahwa level trigliserida yang tinggi tidak menjadi masalah sepanjang tidak ada faktor risiko lain. Penyebab kondisi kesehatan bertambah buruk adalah faktor ikutan yang menemani level trigliserida, misalnya level trigliserida yang tinggi dijumpai pada orang yang menderita DM, hypertensi dan obesitas. Hal ini yang diyakini oleh para ilmuwan memperbesar resiko penyakit jantung (Khomsan, 2006).

Trigliserida Adalah

Trigliserida Tinggi

Level trigliserida seseorang dapat diketahui melalui tes darah yang disebut lipid trigliserida dan kolesterol. Untuk melakukan tes ini, Anda diharuskan puasa (tidak makan dan minum kecuali air putih/mineral) selama minimal 12 jam.

National Cholesterol Education Program (NCEP) mendefinisikan batas trigliserida tinggi 150-199 miligram per desiliter (mg / dL). Jika angka trigliserida 200-499 mg / dL maka hal tersebut dikategorikan melewati batas trigliserida tinggi. Trigliserida yang sangat tinggi adalah 500 mg / dL ke atas. Kebanyakan orang dengan trigliserida tinggi dengan kadar 150-999 mg / dL, menempatkan diri mereka pada resiko penyakit jantung. Level trigliserida atas 2.000 mg / dL dapat menimbulkan risiko tinggi untuk pankreatitis.

Penyebab Trigliserida Tinggi

Trigliserida biasanya meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Selain itu, penyebab trigliserida tinggi dapat disebabkan salah satu atau gabungan beberapa faktor dibawah ini:

– Gaya hidup
– Kelebihan berat badan atau obesitas
– Kurang berolahraga
– Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol
– Faktor genetik/keturunan
– Diabetes tipe 2 atau sindrom metabolik
– Kehamilan
– Obat-obatan: obat diuretik thiazide, obat beta-blocker, Estrogen (pil KB, terapi hormon), Isotretinoin untuk jerawat, Kortikosteroid untuk asma dan radang sendi, obat penurun kolesterol tertentu, Protease inhibitor untuk HIV, penekan kekebalan (seperti sirolimus), dan beberapa obat antipsikotik (obat kesehatan mental).

Topik yang serupa dengan artikel Apa Itu Trigeliserida ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pengertian Kesehatan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Pengertian Patofisiologi Beserta Contohnya. Silahkan kunjungi artikel Pengertian Kesehatan kami yang lain.