P3K: Menolong Orang Yang Mengalami Kejang-kejang

P3K: Menolong Orang Yang Mengalami Kejang-kejang – Indikasi yang dapat ditemukan pada orang yang mengalami kejang-kejang adalah bibir berubah menjadi biru, bola mata berputar ke atas, kepala tertarik ke belakang, dan tubuh tersentak-sentak dikarenakan gerakan-gerakan kejang yang tidak terkontrol.

P3K: Menolong Orang Yang Mengalami Kejang-kejang
Hal-hal yang harus diperhatikan ketika mendapati orang yang mengalami gejala kejang seperti disebut diatas adalah:
1. Janganlah mencoba untuk menahan gerakan kejang-kejang dan korban tersebut.
2. Setelah itu letakkan korban ke lantai dan palingkan kepalanya ke satu sisi untuk membiarkan ludahnya keluar.
3. Singkirkan perabot-perabot keras yang ada disekitarnya untuk menghindarkan terjadi benturan
dengan korban.
4. Tempatkan gulungan sapu tangan atau kain lain yang bersih di antara giginya. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan kemungkinan korban menggigit lidah atau bibirnya sendiri.
5. Bila didapati tubuh dan korban dingin, hangatkan dengan cara menempatkan kain basah yang telah dicelupkan ke air panas pada keningnnya dan usaplah tubuhnya dengan alkohol atau air dingin.
6. Bila kejangnya telah mereda, baringkan korban dengan posisi serileks dan seenak mungkin lalu kemudian panggilkan bantuan medis atau dokter.

Serangan kejang-kejang biasanya berlangsung hanya dalam beberapa menit, namun begitu korban sebaiknya tetap mendapatkan perawatan dari dokter. Selain itu Anda harus memastikan saluran pernapasannya berfungsi sebagaimana mestinya.

Demikianlah artikel P3K: Menolong Orang Yang Mengalami Kejang-kejang. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Mengambil Pecahan Benda Dalam Luka. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

About these ads