P3K: Mengambil Pecahan Benda Dalam Luka

Cara Membuat Resep Pancake Kentang Praktis Dan Sederhana

P3K: Mengambil Pecahan Benda Dalam Luka – Masih ingatkah anda latihan P3K pada saat anda sekolah atau saat mengikuti ekstra kulikuler pramuka?

Ada kalanya kita mengalami situasi darurat dimana orang yang mengalami kecelakaan tidak bisa dengan segera dibawa ke klinik atau rumah sakit terdekat. Dalam menghadapi kejadian tersebut, pengetahuan tentang P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) adalah sesuatu yang bisa membantu meringankan dampak yang merugikan bagi si korban kecelakaan, setidaknya itu menjadi pertolongan pertama selama menunggu bantuan medis tiba.

P3K: Mengambil Pecahan Benda Dalam Luka
Kecelakaan yang bisa meninggalkan pecahan benda dalam luka seperti kecelakaan mobil dimana pecahan kaca menancap di bagian tubuh, potongan besi/paku yang menusuk saat berjalan tanpa alas kaki, atau serpihan kayu yang tertancap di tangan pada saat kita terjatuh.

Ketika menghadapi situasi diatas, sangat dianjurkan untuk segera membawa si korban ke rumah sakit atau klinik. Tapi jika hal tersebut terkendala karena berbagai faktor, pecahan benda yang tertinggal dalam luka perlu untuk diangkat dari dalam luka. Anda dapat melakukan pertolongan pertama dengan menyiapkan peralatan sebagai berikut:

1. Jarum
2. Jepitan/Pinset
3. Obat merah
4. Korek api
5. Sabun mandi
6. Kasa/Perban
7. Plester

Berikut langkah P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang dapat dilakukan:

1. Cucilah tangan Anda dan kulit di sekitar luka tersebut dengan sabun dan air.
2. Sterilkan jarum dan jepitan (atau pinset) dengan merebusnya selama 10 menit atau dengan jalan membakarnya dengan korek api.
3. Kemudian bukalah luka dengan jarum dan cabutlah pecahan benda itu dengan jepitan.
4. Bila pecahan telah keluar, pijit luka dengan hati-hati agar darah keluar sedikit.
5. Berikan obat merah lalu tutup dengan perban.

Kalau pecahan itu patah atau tertinggal dan tidak bisa diambil lagi, segeralah bawa ke dokter. Walaupun anda berhasil mengambil pecahan benda dari dalam luka, anda harus tetap membawa korban ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan melihat apakah luka tersebut perlu dijahit atau tidak. Selain itu si pasien pasti membutuhkan obat pereda nyeri dan anti biotik selama penyembuhan luka.

Demikianlah artikel P3K: Mengambil Pecahan Benda Dalam Luka. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik P3K: Menangani dan Menghentikan Pendarahan Hebat. Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang P3K kami yang lain. Semoga bermanfaat.

Advertisements