Manfaat Trenggiling Untuk Kesehatan: Spesialis Jantung, Stroke, Paru-paru, hingga Kulit

Resep Puding Oreo Praktis

Manfaat Trenggiling Untuk Kesehatan: Spesialis Jantung, Stroke, Paru-paru, hingga Kulit – Di masa lampau, trenggiling dianggap memiliki nilai mistis di pedalaman Kalimantan, bahkan tak jarang juga dianggap sebagai jelmaan setan atau hantu. Keberadaan trenggiling di suatu desa dapat dianggap sebagai pertanda kurang baik. Orang kemudian akan memburunya jauh ke dalam hutan, atau ditangkap untuk dibakar tanpa sisa agar roh jahat yang ada di dalam tubuh trenggiling ikut musnah terbakar. Saat itu orang-orang hanya memburu dan memusnahkan trenggiling, bukan untuk memakan dagingnya.

Manfaat Trenggiling Untuk Kesehatan: Spesialis Jantung, Stroke, Paru-paru, hingga Kulit
Kini hewan bersisik ini termasuk dalam jenis satwa yang dilindungi, meski perburuan terhadapnya terus terjadi. Trenggiling yang hanya menghasilkan satu anak tiap kali hamil dan selalu memiliki pertahanan dengan menggulung badannya seperti bola itu dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Makanan olahan dari trenggiling kini banyak tersebar di beberapa warung serta restoran yang menyajikan menu ekstrim. Biasanya menu trenggiling kerap bersanding dengan menu ular kobra, monyet, landak, dan lain-lain.

Di Asia, khususnya Asia Tenggara dan China, trenggiling memang cukup populer untuk dikonsumsi. Beberapa sumber mengatakan bahwa di dunia ini hanya tinggal tujuh jenis trenggiling yang masih hidup, yaitu: Trenggiling India (Manis Crassicaudata) terdapat di India dan Srilangka, Trenggiling China (M. Pentadactyla) di Taiwan dan RRC Selatan, Trenggiling Pohon (M. Tricuspis), Trenggiling Berekor Panjang (M. Tetradactyla), Trenggiling Raksasa (M. Gigantea) dan Trenggiling Temmick (M.Temmicki) terdapat di Afrika, dan yang terakhir adalah Trenggiling Jawa (M. Javanica) terdapat di Semenanjung Birma, Indocina (Vietnam, Laos, Kamboja), Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.

Trenggiling sudah dikenal luas sebagai komponen penting dalam TCM (Traditional Chinese Medicine) yang memberikan manfaat baik untuk pengobatan. Meski belum ada penelitian medis yang mendukungnya, tetapi banyak orang meyakini bahwa daging trenggiling dapat mengatasi: penyakit jantung, stroke, paru-paru, kencing manis, darah tinggi, haid tidak teratur, serta kesehatan kulit. Bahkan, beberapa orang percaya bahwa trenggiling dapat menjadi obat kuat. Tidak semua bagian tubuh trenggiling bisa dimanfaatkan. Bagian binatang ini yang dapat dimanfaatkan adalah: daging, sisik, empedu, serta lidahnya. Biasanya menu menggiling diolah menjadi sup atau sate.

Demikianlah artikel Manfaat Trenggiling Untuk Kesehatan: Spesialis Jantung, Stroke, Paru-paru, hingga Kulit. Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Manfaat dan Khasiat Hewan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Manfaat Ikan Tonggkol Untuk Kesehatan: Badan Kebal Tubuh Kuat. Silahkan kunjungi artikel terbaru Manfaat dan Khasiat Hewan kami yang lain.

loading...