Nama Bayi Perempuan

Nama Anak Perempuan Nabi Muhammad Untuk Inspirasi Nama Bayi

Nama Anak Perempuan Nabi Muhammad – Sebagai umat beragama Islam, tentunya anda mengenal sosok Nabi yang sangat mulia yaitu Nabi Muhammad SAW. Beliau lahir dari rahim ibunya yang bernama Aminah binti Wahab pada 570 M di Kota Mekkah. Sejak kecil, Beliau sudah menjadi yatim karena ayahnya yang bernama bernama Abdullah bin Abdul Muthalib meninggal ketika Nabi Muhammad berada di dalam kandungan ibunya. Ibunya pun meninggalkan Beliau di umurnya yang masih sangat kecil, yaitu 6 tahun.

Nabi Muhammad merupakan suri tauladan yang terbaik bagi umat Islam karena sifat dan karakter Beliau yang begitu mulia. Tak heran jika umat Islam berlomba – lomba ingin memiliki sifat semulia Beliau. Nabi Muhammad pun menikah dan memiliki keturunan sebanyak 7 orang anak. Anak – anak Beliau pun diberikan nama yang mempunyai makna yang bagus sebagai do’a untuk kebaikan mereka kelak. Berikut adalah nama anak perempuan Nabi Muhammad.

Nama Anak Perempuan Nabi Muhammad

Kumpulan Nama Bayi Dari Nama Anak Perempuan Nabi Muhammad

1. Ruqayyah binti Muhammad

Nama anak perempuan Nabi Muhammad yang pertama adalah Ruqayyah binti Muhammad. Ia merupakan putri dari Nabi Muhammad dari pernikahannya dengan istri pertamanya yang bernama Khadijah binti Khuwalid RA. Ruqayyah lahir 20 tahun sebelum Hijriyah (tahun 603 Mekkah) dan tepat 7 tahun sebelum Nabi Muhammad diutus kenabiannya. Ia lahir pada saat Nabi berumur 33 tahun.

Ruqayyah mempunyai laqab (gelar) Dzat al Hijratain. Nama Ruqayyah mempunyai makna kelembutan yang tercermin dengan pribadinya sehari – hari. Pada akhirnya, Ruqqayah berumah tangga dengan Ustman bin Affan dan setelah pernikahan mereka, ia pergi hijrah bersama suaminya ke Habasyah. Setelah itu ia memiliki seorang putra yang bernama Abdullah. Namun, Ruqayyah meninggal di usia 21 tahun pada saat pertempuran Badar terjadi.

2. Fatimah binti Muhammad

Nama anak perempuan Nabi Muhammad yang kedua adalah Fatimah binti Muhammad atau Fatimah Az Zahra. Ia merupakan anak Nabi Muhammad dari pernikahannya dengan Khadijah binti Khuwalid RA. Ia lahir 5 tahun setelah kenabian Nabi Muhammad (tahun 606 Mekkah), tepatnya pada 10 Jumadil Akhirah. Kelahiran putrinya ini disambut sangat hangat oleh Rasulullah SAW meski pada umurnya yang ke 5 tahun ia menyaksikan ayahnya mengemban tugas yang berat dari Allah SWT.

Fatimah merupakan nama anak Nabi yang paling terkenal diantara umat muslim karena sifat – sifatnya yang mulia sangat mirip dengan Rasulullah SAW. Ia pun mempunyai nama julukan yaitu Fatimah Az Zahra yang memiliki arti sebagai Fatimah yang selalu berseri. Dibalik nama tersebut, Nabi Muhammad menyelipkan do’a agar putrinya tersebut mempunyai hati dan juga wajah yang selalu berseri. Dengan tujuan, ia dapat membuat sekitarnya selalu bahagia dan juga menjadi teladan bagi lainnya.

Nabi Muhammad sangat menyayangi Fatimah. Hingga pada akhirnya Fatimah menikah dengan Ali bin Abi Thalib. Setelah 6 bulan setelah wafatnya Rasulullah SAW, Fatimah pun mengalami sakit hingga akhirnya ia wafat pada 13 Ramadhan tahun 11 Hijriyah (632 Madinah), tepat di hari selasa. Kemudian ia pun dimakamkan di Jannatul Baqi.

3. Ummu Kultsum binti Muhammad

Nama anak perempuan Nabi Muhammad yang ketiga adalah Ummu Kultsum binti Muhammad. Ia merupakan anak dari istrinya yang pertama, yaitu Khadijah binti Khuwalid RA. Ummu Kultsum lahir tepat 6 tahun sebelum Nabi Muhammad diutus kenabiannya, yaitu pada 19 tahun sebelum Hijriyah (tahun 604 Mekkah). Ia lahir saat Nabi Muhammad berumur 34 tahun.

Ummu Kultsum sempat hijrah bersama Fatimah Az Zahra ke Madinah. Kemudia, ia pun menikah dengan Ustman bin Affan di tahun 4 Hijriyah. Ummu Kultsum pun meninggal pada 9 Ramadhan (Bulan Maret 630 Madinah) karena jatuh sakit. Ia pun dimakamkan di Jannatul Baqi.

4. Zainab binti Muhammad

Nama putri dari Nabi Muhammad yang terakhir adalah Zainab binti Muhammad. Ia adalah anak sulung dari pernikahannya Nabi Muhammad dengan istri pertamanya Khadijah binti Khuwalid RA. Ia lahir ketika Nabi Muhammad berumur 23 tahun (tahun 600 Mekkah). Zainab pun menikah dengan Abul Ash Al Rabi dan dikaruniai seorang putra dan seorang putri bernama Ali dan Umamah. Sayangnya, putranya yang bernama Ali meninggal saat ia masih bayi.

Merupakan anak sulung Nabi Muhammad dari istrinya Khadijah. Lahir pada 23 tahun sebelum HIJRAH ATAU 600 Mekah. Ia menikah dengan laki laki bernama Abul Ash Al Rabi dan memiliki dua orang anak bernama Ali (meninggal ketika masih bayi) dan Umamah. Ia pun meninggal pada 8 Hijriyah (629 Masehi) ketika berumur 29 tahun. Ia dimakamkan di Jannatul Baqi.

Demikianlah nama – nama dari anak perempuan dari Rasulullah SAW yang bisa anda jadikan referensi untuk memberi nama buah hati anda. Dengan memberikan nama yang terinspirasi dari anak – anak Nabi Muhammad, orangtua berharap anaknya kelak akan mempunyai sifat mulia yang dimiliki oleh putri – putri Rasulullah tersebut. Semoga artikel di atas dapat membantu anda.

To top