Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 4 (Adnexa-Agenesis)

Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 4 (Adnexa-Agenesis)

Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 4 (Adnexa-Agenesis)

  • Pengertian Adnexa

Adnexa adalah perlengkapan rahim, termasuk tuba falopi, ovarium, dan ligamen yang terkait.

  • Pengertian Adrenal

Adrenal adalah kelenjar yang terletak di atas setiap ginjal, kelenjar ini membuat kortisol hormon, aldosteron dan androgen. Hormon-hormon tersebut membantu mengatur keseimbangan air, gula darah dan tekanan darah. Mereka juga berperan dalam perubahan pria dan wanita dalam masa pubertas. Setiap kelenjar adrenal terdiri dari dua bagian, yaitu medula adrenal dan korteks adrenal.

  • Pengertian Adrenalin

Adrenalin (epinefrin) adalah zat yang dilepaskan ke dalam aliran darah oleh kelenjar adrenal. Hormon ini dikenal sebagai hormon “stres”, karena sekresinya meningkat selama stres dan ketegangan. Adrenalin menyebabkan perubahan dalam tubuh, seperti denyut nadi dipercepat, dilatasi pupil, dan aliran darah meningkat ke otot-otot ekstremitas bawah. Digunakan secara medis, adrenalin berfungsi untuk resusitasi, pada Asma (melebarkan bronkus), pada operasi (menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan) dan banyak lagi.

  • Pengertian Aduksi

Aduksi adalah gerakan ekstremitas ke arah tubuh.

  • Pengertian Aduktor

Aduktor adalah kebalikan dari abduktoer, yaitu otot yang bergerak ke arah tubuh. Menurunkan kembali lengan yang terangkat ke samping, atau merapatkan jari-jari sehingga lurus membutuhkan aduktor.

  • Pengertian Advance Directive

Advance directive (wasiat hidup) adalah dokumen tertulis di mana seseorang dengan jelas menentukan bagaimana keputusan medis yang mempengaruhi dirinya harus diambil jika dia tidak mampu untuk melakukannya, atau untuk mengizinkan orang tertentu untuk membuat keputusan tersebut untuk dirinya.

  • Pengertian Aerobik

Aerobik adalah latihan di mana energi yang dibutuhkan disediakan oleh oksigen yang terhirup dan diperlukan untuk periode berkelanjutan olahraga berat dengan denyut nadi terus cepat.

  • Pengertian Aerosol

Aerosol adalah: partikel halus yang tersebar dalam gas atau udara. suatu bentuk sediaan di mana obat, seperti pentamidin, diubah menjadi kabut semprotan halus dengan nebulizer untuk dihirup.

  • Pengertian Afakia

Afakia adalah ketiadaan lensa mata.

  • Pengertian Afasia

Afasia adalah ketidakmampuan untuk berbicara, menulis, atau mengerti bahasa lisan atau tertulis. Kondisi ini paling sering hasil disebabkan oleh stroke atau cedera kepala.

  • Pengertian Afasia Anomik

Afasia anomik adalah ketidakmampuan untuk menyebut nama benda atau mengenali nama tertulis atau lisan dari benda. Hal ini juga dikenal sebagai afasia nominal atau afasia amnesia (amnestik).

  • Pengertian Afasia Broca

Afasia Broca adalah suatu gangguan bicara yang disebabkan oleh kerusakan atau masalah perkembangan di daerah anterior otak, termasuk (namun tidak terbatas pada) daerah frontal kiri bawah yang dikenal sebagai area Broca. Dalam hal ini, pemahaman bahasa sebagian besar masih utuh. Juga dikenal sebagai afasia ekspresif atau afasia agramatik.

  • Pengertian Afasia Global

Afasia global ditandai dengan hilangnya lengkap kemampuan untuk memahami bahasa lisan atau tertulis, serta mengekspresikan bahasa lisan atau tertulis. Ekspresi verbal terbatas pada kata atau frase otomatis pendek. Juga, pemahaman sama sekali tidak ada meskipun ekspresi wajah terlihat bahwa pasien memahami. Pengulangan dan penamaan juga terganggu.

  • Pengertian Afasia Wernicke

Afasia Wernicke ditandai oleh bicara fasih tetapi tidak berarti dan kerusakan parah kemampuan memahami kata-kata lisan atau tertulis. Sering (tapi tidak selalu) disebabkan oleh kerusakan saraf ke daerah Wernicke di otak. Kondisi ini juga dikenal sebagai afasia reseptif, afasia fasih, atau afasia sensorik.

  • Pengertian Aferen

Aferen berarti menuju pusat, misalnya saraf aferen membawa impuls ke sistem saraf pusat.

  • Pengertian Aferesis

Aferesis adalah prosedur di mana darah pasien sendiri diambil dan cairan dan unsur seluler tertentu diambil dari darah, lalu kemudian dikembalikan ke pasien.

  • Pengertian Afinitas

Afinitas (affinity) adalah sejauh mana suatu substansi cenderung ingin mengikat dengan yang lain.

  • Pengertian Aflatoksin

Aflatoksin adalah toksin jamur yang merupakan karsinogen hati yang kuat. Zat ini dihasilkan oleh Aspergillus flavus dan A. parasiticus, yang tumbuh dengan mudah pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan kacang tanah yang secara salah disimpan dalam kondisi hangat dan lembab.

  • Pengertian Afrodisiak

Afrodisiak adalah sebuah makanan, minuman, obat, atau kadang-kadang pikiran yang mengintensifkan gairah seksual (libido).

  • Pengertian Agalmatofilia

Agalmatofilia (agalmatophilia) adalah parafilia fiksi, belum diamati sebagai sindrom, di mana stimulus seksuoerotiknya adalah patung telanjang atau model manusia. Sinonim: statuofilia, pigmalionisme.

  • Pengertian Agammaglobulinemia

Agammaglobulinemia adalah sebuah ketiadaan hampir total antibodi (imunoglobulin) yang mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk memproduksi imunitas antibodi.

  • Pengertian Agen Antidiabetes

Agen antidiabetes adalah obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

  • Pengertian Agen Antimikroba

Agen antimikroba adalah obat-obatan, bahan kimia, atau zat lain yang membunuh atau memperlambat pertumbuhan mikroba. Mereka termasuk obat antibakteri (yang membunuh bakteri), antivirus (yang membunuh virus), antijamur (yang membunuh jamur), dan antiparasit (yang membunuh parasit).

  • Pengertian Agen Antineoplastik

Agen antineoplastik adalah obat yang mencegah, membunuh, atau menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

  • Pengertian Agen Antiresorptif

Agen antiresorptif adalah obat atau hormon yang menghambat resorpsi tulang.

  • Pengertian Agen Infeksi

Agen infeksi adalah organisme hidup atau kuasi-hidup atau partikel yang menyebabkan penyakit menular. Bakteri, virus, jamur, protozoa, cacing, dan prion adalah agen infeksi.

  • Pengertian Agen Kemoterapi

Agen kemoterapi adalah senyawa yang digunakan dalam pengobatan penyakit yang membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme dan melakukannya pada konsentrasi yang cukup rendah untuk menghindari kerusakan pada host.

  • Pengertian Agen Perangsang Eritropoesis

Agen perangsang eritropoesis adalah obat buatan manusia yang bekerja seperti eritropoietin alami tubuh.

  • Pengertian Agen Radiokontras

Agen radiokontras (radiocontrast agent) adalah zat yang menyerap atau memantulkan radiasi sinar-X. Dalam hubungannya dengan pencitraanreal-time, agen radiokontras memungkinkan demonstrasi proses secara dinamis, seperti gerakan peristaltik di saluran pencernaan atau aliran darah dalam arteri dan vena.

Agen radiokontras yang umum digunakan adalah barium dan yodium. Barium dapat diberikan secara oral atau rektal untuk evaluasi saluran urogenital. Yodium yang dapat diberikan melalui oral, rektal, intraarteri atau intravena untuk mengontraskan jaringan normal dan jaringan abnormal (tumor, kista, radang)..Dalam keadaan tertentu, udara dapat digunakan sebagai agen radiokontras untuk sistem pencernaan dan karbon dioksida untuk sistem vena. Dalam kasus ini, udara dan karbon dioksida mengontraskan jaringan dengan melemahkan radiasi sinar-X.

  • Pengertian Agenesis

Agenesis (kata sifat, agenetik) adalah kegagalan pembentukan atau pengembangan sebagian atau seluruh organ atau bagian tubuh.

Demikianlah artikel Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 4 (Adnexa-Agenesis). Topik yang serupa dengan artikel ini, dapat Anda temukan dalam kategori Pengertian Kesehatan.

Jika Anda tertarik dengan artikel sebelumnya silahkan klik Pengertian, Definisi dan Istilah Dalam Kesehatan ed. 3 (Adenilil Siklase-Adiposit). Silahkan kunjungi artikel terbaru tentang Pengertian Kesehatan kami yang lain.

About these ads