Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Segar dan Fresh

Pernahkan Anda membuang makanan yang tidak segar atau fresh karena lupa untuk memakan atau mengolahnya lalu Anda baru mengingatnya lagi ketika sudah mulai berubah menjadi busuk? Kalo sudah begini, tidak ada yang bisa Anda lakukan. Tapi taukah Anda bahwa ada cara untuk menjaga dan menyimpan makanan supaya bisa bertahan lebih lama dan tetap segar?

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan, seperti membersihkan kulkas secara teratur dan memeriksa makanan yang ada dilemari atau dimanapun Anda menyimpannya. Tapi tidak hanya dengan memeriksanya saja. Itu tidak bisa mencegah apa-apa. Beberapa jenis buah-buahan dan sayur-sayuranan memiliki karakteristik mudah rusak dan cepat busuk. Yang dapat anda lakukan adalah membuang makanan busuk sebelum seluruh dapur bau.

Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Segar dan Fresh
Jadi, apa yang bisa anda lakukan agar bisa menjaga makanan, sayur dan buah tetap segar? Buah atau sayur ternyata mempunyai cara penyimpanan yang berbeda agar bisa segar dan awet lebih lama. Berikut tips praktis untuk memastikan supaya makanan, sayur atau buah Anda lebih segar dan bersih:

1. Sebarkan beberapa cengkeh disekitar permukaan meja dapur anda, dan juga bawah wastafel. Mengapa? karena cengkeh bisa mengusir semut.
2. Tempatkan beberapa daun salam dalam tempat yang terisi bumbu-bumbu, beras, dan makanan yang serangga sukai. Mengapa? Daun salam dapat mengusir serangga dan kutu. Dengan menempatkan daun salam, anda dapat memastikan bahwa tidak akan ada serangga yang mendekat. Tapi ingat untuk mengganti daun salam setidaknya setiap 3 bulan sekali. Untuk menjaga aroma dari bumbu dalam waktu yang lama, simpanlah selalu bumbu-bumbu tersebut di dalam botol kaca.
3. Tempatkan setengah potong kentang dalam lemari es. Mengapa? Karena jika ada jenis bau dari makanan atau makanan yang sudah dimasak, maka kentang akan menyerap bau tersebut. Pastikan bahwa kentang harus diganti setiap 3 hari sekali.
4. Simpan telur disisi bawah kulkas. Mengapa? Karena menyimpan telur disisi bawah membuat mereka bertahan lama.
5. Tempatkan beberapa balok gula (gula kotak) dalam toples dimana anda menyimpan keju. Mengapa? Karena jika anda menempatkan 2 atau 3 balok gula, ini dapat mencegah keju jadi busuk. Karena keju mudah cepat kering, bungkuslah keju dengan kertas lilin atau penutup plastik sebelum menyimpan.
6. Jangan simpan tomat dan mentimun ditempat yang sama. Mengapa? Karena tomat memproduksi gas yang menyebabkan mentimun membusuk lebih cepat jadi pastikan bahwa anda menyimpan keduanya dalam tempat yang terpisah.
7. Jangan simpan apel bersama dengan sisa dari buah-buahan dan sayuran lain. Mengapa? Karena apel memberikan gas-gas tertentu yang menyebabkan sayuran dan buah-buahan membusuk.
8. Tempatkan beberapa irisan apel atau kentang mentah di tempat roti. Mengapa? Dengan menambahkan beberapa iris apel atau kentang mentah dengan roti, ini akan membuat roti akan segar lebih lama dari biasanya.
9. Tempatkan lobak bersamaan dengan air. Mengapa? Anda harus menyimpan lobak dalam wadah yang berisikan air, karena air akan membuat lobak tetap segar untuk waktu yang lama. Jika lobak sudah layu, tempatkan mereka kedalam wadah yang berisi air dingin. Ini akan menjadikan lobak tersebut kembali lagi ke bentuk semula.

Beberapa jenis buah dan sayur tidak perlu disimpan di kulkas selama beberapa hari. Buah dan sayuran ini harus disimpan di tempat yang gelap dengan temperatur ruangan, hindarkan dari sinar matahari langsung dan udara panas.

1. Pisang : Gantung pisang untuk tiga hari pertama, kemudian masukkan ke dalam kulkas.
2. Apel : Taruhlah apel di mangkuk buah untuk lima hari pertama kemudian baru dimasukkan ke dalam kulkas.
3. Jeruk Bali : Buah ini tahan ditempatkan di luar selama tujuh hari.
4. Plum, beri hitam, dan jenis buah berbiji keras lainnya : Ketika masih mentah, buah-buahan ini tidak perlu ditempatkan di kulkas, cukup masukkan ke dalam kantong kertas cokelat. Tetapi, segera setelah mereka matang, buah-buahan tersebut harus didinginkan.
5. Bawang dan kentang : tidak memerlukan pendinginan, simpan di tempat yang gelap dan kering.

Buah dan sayuran yang memerlukan pendinginan:

1. Ubi bit, wortel, dan lobak : Potong bagian hijau atas dan simpan dalam kantung yang kering.
2. Mentimun, timun jepang, paprika (capsicum) dan labu : Tempatkan di dalam kantong plastik atau kantong khusus di kulkas, mereka juga harus selalu dalam keadaan kering.
3. Sayuran berdaun: Jenis ini butuh perhatian khusus. Bersihkan daun dan biarkan mengering. Ketika terlihat sudah kering, simpan di dalam kantong plastik atau kantong khusus di kulkas.
4. Jagung: Simpan jagung dengan sabutnya untuk mencegah biji jagung menjadi kering.
5. Jamur : Simpan jamur yang belum dicuci didalam kantong kertas plastik.
6. Kacang polong : jika belum ingin digunakan segera, simpanlah kacang polong di dalam kontong plastik.

Penting untuk menyimpan semua buah dan sayur dalam kantong yang terpisah guna meningkatkan tingkat kesegaran mereka. Buah-buahan dan sayuran mengeluarkan gas etilena, gas tidak berbau, yang mempercepat pematangan buah dan sayuran lainnya di sekitar mereka dan dapat menyebabkan kerusakan dini.

Tips Penyimpanan Daging, Ikan, Susu

1. Daging dan unggas : Bahan makanan ini harus disimpan di dalam tempat khusus daging, dan harus digunakan dalam waktu dua hari. Jika membutuhkan penyimpanan jangka panjang, bungkuslah daging dengan aluminium foil dan bekukan.
2. Ikan : Karena ikan memiliki aroma yang kuat, jangan simpan ikan dengan makanan lainnya. Ikan harus segera dimasukkan ke dalam freezer.
3. Susu : Susu memiliki kecenderungan untuk menyerap rasa apapun dengan mudah. Oleh karena itu jauhkan susu dari bahan makanan yang memiliki aroma yang kuat.

Kesimpulan : disini telah disebutkan beberapa tips praktis yang harus anda ikuti untuk memastikan bahwa anda dan keluarga mengkonsumsi makanan yang tetap segar dan lezat.

Jika Anda ingin membaca judul artikel sebelumnya, silahkan klik Cara Mengajarkan Anak Tertarik Untuk Menabung. Topik yang serupa dengan artikel Tips Menyimpan Makanan Agar Tetap Segar dan Fresh ini, Anda dapat temukan dalam kategori DetikLife. Silahkan kunjungi artikel kumpulan DetikLife kami yang lain.

About these ads