Apakah Pijat Bayi Itu ?

Apakah Pijat Bayi Itu – Pijat bayi biasa disebut dengan stimulus touch. Sejak dilahirkan, bayi memiliki tiga kebutuhan yang harus dipenuhi oleh orang tua, yaitu kebutuhan fisik-biologis yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak, sistem sensorik serta motoriknya. Kebutuhan emosi kasih sayang untuk kecerdasan emosi, inter dan intrapersonalnya. Serta kebutuhan stimulasi untuk merangsang semua kerja sistem sensorik dan motoriknya.

Sentuhan dan pijat pada bayi setelah kelahiran dapat memberikan jaminan adanya kontak tubuh berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman pada bayi. Laporan tertua tentang seni pijat untuk pengobatan tercatat di Papyrus Ebers, yaitu catatan kedokteran zaman Mesir kuno; Ayur-Veda buku kedokteran tertua di India (sekitar 1800 SM) yang menuliskan tentang pijat, diet, dan olah raga sebagai cara penyembuhan utama masa itu. Sekitar 5000 tahun yang lalu para dokter di Cina dari Dinasti Tang juga meyakini bahwa pijat adalah salah satu dari empat teknik pengobatan yang penting.

pijat bayi
Sebenarnya pijat telah dipraktikkan hampir di seluruh dunia sejak dahulu termasuk di Indonesia. Seni pijat diajarkan secara turun-temurun, walaupun tidak diketahui dengan jelas bagaimana pijat dan sentuhan dapat berpengaruh demikian positif pada tubuh manusia, namun pengaruh positif sentuhan pada proses tumbuh kembang anak telah lama dikenal manusia. Akan tetapi penelitian ilmiah tentang hal ini masih belum begitu banyak dilakukan.

Sebagaimana telah Anda ketahui bahwa kulit merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai respon terluas. Sensasi sentuhan/raba adalah indera yang aktif berfungsi sejak dini, karena bayi telah merasakannya sejak masa janin, yaitu ketika dikelilingi dan dibelai oleh cairan hangat ketuban. Ujung-ujung syaraf pada permukaan kulit bereaksi terhadap sentuhan-sentuhan, dan selanjutnya mengirimkan pesan-pesan ke otak melalui jaringan syaraf di tulang belakang. Sentuhan juga akan merangsang peredaran darah dan akan menambah energi karena gelombang oksigen yang segar akan lebih banyak dikirim ke otak dan ke seluruh tubuh.

Sebenarnya pijat yang dilakukan secara benar tidak hanya bermanfaat untuk bayi sehat saja tetapi juga bagi bayi yang sakit atau kurang sehat dan bahkan juga bagi anak-anak sampai orang dewasa. Pijat bayi bukanlah perawatan spa gaya baru untuk bayi-bayi yang orangtuanya kaya. Justru pijat bayi itu biasa dilakukan pada banyak kebudayaan dan telah berlangsung selama ratusan tahun.

Di negara lain, di India, setelah lahir, pijat pembersihan dilakukan menggunakan bola tepung lembut dan sedikit minyak almond. Berlangsung selama 6 hari untuk meningkatkan sistem peredaran (darah), membantu pembuangan racun dan membantu sistem pencernaan bayi.

Di Cina, pijat bayi mempunyai sejarah lebih dari beberapa ratus tahun. Ini merupakan praktik yang sangat khusus, biasanya untuk merawat bayi yang diare akibat menangis terus menerus, sembelit dan banyak lagi penyakit bayi lain tanpa pengobatan apapun atau suntik. Titik tekan pengobatan (acupressure) pada bayi berbeda dengan orang dewasa yang membuat pijatan itu begitu efektif.

Bayi-bayi dari orang-orang Polynesia (Pacific Selatan) dipijat setiap sore setelah mandi dengan minyak kelapa untuk meredakan pegal-pegal akibat gejala pertumbuhan pada anak-anak.

Jika dilihat dari keuntungannya, pijat bayi mempunyai banyak kelebihan. Yang pertama dalam daftarnya adalah membantu mereka tidur lebih baik, dan siapa yang tidak ingin mendapat sedikit tambahan tidur di malam hari. Ini dapat melonggarkan tensi karena stres harian. Turut dikemukakan pula bahwa bayi-bayi merasa stres akibat lingkungan sekitar mereka dan karena proses tumbuh mereka. Pijat juga menyamankan bayi-bayi dengan cinta dan sentuhan manusiawi. Setiap orang pasti akan menikmati sebuah pijatan yang lembut.

Secara ilmiah, pijatan menstimulasi hormon rangsangan di dalam tubuh, satu substansi yang mengatur fungsi-fungsi seperti nafsu makan, tidur, ingatan dan belajar, pengatur temperatur, mood, perilaku, fungsi pembuluh darah, kontraksi otot, pengatur sistem endokrin (pengatur metabolisme, pertumbuhan, dan pubertas) dan depresi.

Lebih menakjubkannya lagi dengan mengetahui bahwa bayi-bayi prematur yang setiap harinya diberikan pijatan selama 15 menit, akan tumbuh dan mengalami kenaikan berat badan 47% lebih cepat daripada mereka yang tidak menerima pijatan. Mereka juga keluar dari rumah sakit lima hingga enam hari lebih cepat daripada bayi lainnya.

Selain itu, sentuhan meningkatkan perkembangan sosial. Studi menunjukkan bahwa bayi yang dipijat ketika mereka berusia empat minggu dan sesudahnya, menunjukkan mereka lebih responsif selama waktu pengawasan di rumah dalam kurun waktu dua belas minggu. Bayi-bayi ini menyambut orang tuanya dengan lebih banyak kontak mata, senyum, mengeluarkan suara, menjangkau dan respon refleks. Pijat selama 15 menit dapat mengurangi sifat lekas marah pada bayi, meningkatkan proses pembelajaran dan mempercepat perkembangannya. Dan diantara anak-anak yang diberikan pijatan, masalah tidur berkurang dari 33% hingga 100%. Itu adalah jumlah yang besar jika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup.

Seorang terapis pijat atau dokter akan memberi nasihat kepada Anda jika Anda khawatir melakukan kesalahan dan yang paling penting mengingat begitu kecilnya tubuh-tubuh itu. Tutup mata Anda dan tekan kelopak mata Anda. Tekanan yang harus Anda gunakan untuk memijat bayi Anda adalah sama dengan saat Anda menekan kelopak mata tanpa menimbulkan rasa tak nyaman.

Minyak apa yang dapat digunakan pada kulit bayi?

Minyak paling baik adalah minyak yang sederhana dan sehat tanpa wewangian. Baby oil, minyak zaitun untuk kulit, minyak telon atau minyak-minyak tanpa wewangian (non perfume) juga bisa. Cobalah sedikit pada kulit jika itu baru untuk bayi Anda, guna memastikan tidak ada reaksi alergi. Jarang sekali terjadi alergi pada minyak tanpa wewangian-non perfume. Perhatikan isyarat atau tanda-tanda yang ditunjukkan oleh bayi Anda. Selama mereka senang dan tersenyum, maka Anda melakukan sesuatu yang benar.

Demikianlah pembahasan mengenai pijat bayi. Semoga pembahasan tentang Apakah Pijat Bayi Itu dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. Topik yang serupa dengan artikel ini, Anda dapat temukan dalam kategori Perkembangan Bayi.

Jika Anda ingin membaca artikel tentang nama bayi, silahkan klik disini untuk Nama Bayi Laki Laki dan disini untuk Nama Bayi Perempuan. Silahkan kunjungi kumpulan artikel Perkembangan Bayi kami yang lain.

About these ads