Nama Bayi Yang Artinya Awal – Artikel ini berisi daftar panjang nama bayi dari berbagai asal bahasa dengan makna / arti nama khusus yaitu Awal. Anak adalah sebuah anugrah yang tak ternilai harganya oleh sebab itu papa mama harus memberikan nama anak dengan arti yang baik bagi si jabang bayi karena sebuah nama bisa menjadi sebuah doa bagi calon anak kita.

Nama nama bayi yang saya sajikan disini terdiri dari 67 Nama Bayi Laki Laki Yang Artinya Awal dan 18 Nama Bayi Perempuan Yang Artinya Awal. Arti nama Awal ini bisa anda gunakan untuk nama depan, nama tengah, dan nama belakang sehingga membentuk arti nama bayi yang memiliki makna yang indah.

Semoga posting arti nama anak ini bisa menjadi solusi bagi ayah & bunda yang sedang mencoba mencari rangkaian nama anak terbaik. Memang mencari nama bayi tidaklah mudah, karena melakukan hal tersebut membutuhkan pemikiran dan pertimbangan yang matang. Untuk memudahkan navigasi pencarian, nama anak bayi di artikel ini saya awali dengan nama lelaki dan untuk nama wanita dimulai pada halaman 3.

67 Nama Bayi Laki Laki Yang Artinya Awal

Nama Bayi Artinya Awal

1. Aam (Laki Laki – Sunda): Bentuk pendek dari nama yang berawalan Am- seperti nama Amin
2. Al (Laki Laki – Sejarah): Bentuk pendek dari nama-nama yang berawalan Al-
3. Al-Fath (Laki Laki – Arab): Awal (bentuk lain Alfath)
4. alfath (Laki Laki – Arab): awal
5. Alfatih (Laki Laki – Arab): Awal (Alfath)
6. Alfatih (Laki Laki – Arab): Awal
7. Ali (Laki Laki – Sejarah): Seandainya dipakai untuk nama perempuan, merupakan bentuk kesayangan dari Alison, Alice, atau nama lain yang berawalan nama ini. Dan kalau dipakai untuk nama laki-laki merupakan bentuk kesayangan dari nama Alistair, juga merupakan nama perseorangan dari bahasa Arab yang berarti ‘yg mahamulia’
8. Alib (Laki Laki – Indonesia): Awal
9. Andrew (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Inggris dari nama Yunani Andreas, bentuk pendek dari berbagai nama yang berawalan andr- ‘laki-laki, prajurit’. Dalam Perjanjian Baru dia adalah murid pertama yang dipanggil oleh Jesus. Setelah Kebangkitan, St Andrew menyebarkan ajaran Jesus di Asia Minor (Turki) dan Yunani. Aindrias, Aindreas, Aindriu, Aindrea, Anndra, Andras, Andries, Anders, Andreu
10. Anggaraksa (Laki Laki – Jawa): pengawal, pelindung
11. Anselm (Laki Laki – Sejarah): Berasal dari Jerman, gabungan dari kata ans ‘dewa, tuhan’ + helm ‘helm/topi’. Dibawa dari Italia ke Inggris oleh St Anselm, yang merupakan uskup besar Canterbury di akhir abad 11 dan awal abad 12, dan diberi penghormatan sebagai Doctor di gereja.
12. Anza (Laki Laki – Sansekerta): Awal, permulaan
13. Archie (Laki Laki – Sejarah): Bentuk kesayangan dari Archibald, digunakan sebagai nama tersendiri sejak abad ke-19. Sejak awal abad 21 nama ini sangat populer.
14. Bartholomew (Laki Laki – Sejarah): Berasal dari perjanjian baru, awal mula dari nama Yahudi Talmai yang artinya ‘penuh dengan alur’.
15. Ber (Laki Laki – Sejarah): Dari bahasa Yiddi yang berarti beruang. Mungkin dipengaruhi kebiasaan memberi nama binatang kepada manusia pada awal zaman pertengahan di eropa.
16. Bill (Laki Laki – Sejarah): Pengubahan bentuk singkat dari William, tidak dipakai sebelum abad ke 19. Nama panggilan William of Orange yaitu “Raja Billy” adalah contoh awal dari Irlandia yang terpengaruh pemakaian kata-kata Inggris.
17. Blair (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga,pada awalnya adalah nama setempat dari beragam tempat dinamai dengan bahasa gaelic blar “dataran,lapangan”. (Blaire)
18. Bond (Laki Laki – Sejarah): Memiliki arti yaitu loncatan.Diambil dari nama keluarga,awalnya menunjukan seorang petani pada masa petengahan yang menjadi petani penggarap.
19. Booker (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga,pada awalnya merupakan nama jabatan untuk ahli menulis atau para penjilid buku.
20. Boone (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga,pada awalnya merupakan nama panggilan dari Prancis kuno Bon “Baik”. Dipakai sebagai nama pemberian dan mungkin saja terinspirasi dari legenda orang yang tinggal di perbatasan Amerika yaitu Daniel Boone (1734-1820).
21. Booth (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga, pada awalnya menunjukan seseorang yang tinggal dalam pondok kecil atau bothy (tempat tinggal khas para gembala).
22. Boyd (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama umum orang Skotlandia dan Irlandia,asal mula kata ini masih diragukan. Mungkin awalnya dari nama setempat di pulau Bute.
23. Brett (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga yang pada awalnya di masa pertengahan digunakan sebagai nama suku dari Breton yang tiba di Inggris pada saat penaklukan Normandia. (Bret)
24. Bruce (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga di Skotlandia,sekarang dipakai sebagai nama pemberian di seluruh negara berbahasa Inggris. Keluarga Bruce berpengaruh pada peristiwa Skotlandia di awal masa pertengahan,anggota keluarga yang terkenal adalah Robert ”the Bruce” (1274-1329), ia menguasai Skotlandia sebagai Raja Robert ke 1 pada tahun 1306 samapai 1329.
25. Bud (Laki Laki – Sejarah): Awalnya merupakan bentuk singkat dari nama panggilan untuk buddy “teman”,atau lainnya berasal dari Gaelic Skotlandia bentuk penyeru a bhodaich “orang tua”. (Buddy)
26. Buster (Laki Laki – Sejarah): Pada awalnya merupakan nama panggilan logat populer dari sapaan yaitu buster “pemukul,penghancur”. Ini adalah nama panggilan dari komedian film bisu yaitu Joseph Francis “Buster” Keaton (1895-1966).
27. Chandler (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga, yang pada awalnya adalah nama orang yang membuat dan menjual lilin.
28. Chapman (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga,awalnya adalah pada masa pertengahan sebagai nama jabatan untuk pedagang atau penjaja.
29. Chase (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga, awalnya adalah pada masa pertengahan sebagai nama panggilan untuk pemburu.
30. Christopher (Laki Laki – Sejarah): Dari nama Yunani Khristophoros, dari Khristos “Kristus” dan Pherein “Dilahirkan”. Nama ini populer pada awal Masehi. (Kristopher)
31. Coby (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga,awalnya tidak diketahui dan tidak bisa dijelaskan.
32. Constantine (Laki Laki – Sejarah): Dari nama latin kuno Constantinus,kata jadian dari Constans. Pada awal nama Constant dan Constantine tidak selalu berbeda dengan jelas. Kaisar Romawi Constantine yang Agung (288-377) adalah Kaisar kristen pertama dan mendapatkan penghormatan spesial dari gereja kristen.
33. Cosmo (Laki Laki – Sejarah): Bentuk Italia nama Yunani, Kosmas. Nama ini dibawa oleh santo kristus,bersama dengan saudaranya Damian di Aegea,Cicilia pada awal abad ke-4.
34. Cyrus (Laki Laki – Sejarah): Dari bentuk Yunani (Kyros) dari nama berbagai raja dari Persia,lebih khususnya adalah Cyrus yang Agung (d.529 BC). Asal dari nama ini tidak diketahui,tapi pada awal masehi dihubungkan dengan kosakata Yunani Kyrios “raja”.
35. Damian (Laki Laki – Sejarah): Dari bahasa Yunani Damianos, nama dari saudara laki-laki Kosmas. Mereka berdua martir bersama di Aegea, Cicilia pada awal abad ke 4.
36. Darwin (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga, disusun dari unsur deor “sayang,kekasih” + wine “teman”. Dipakai sebagai nama pemberian awalnya untuk menghormati Charles Darwin (1809-82),penemu teori evolusi.
37. Donovan (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga Irlandia, Gaelic O Donndubhain “keturunan dari Donndubhan”. Dipakai sebagai nama pemberian dari awal 1900an. Penyanyi folk rock Donovan mendapatkan pengaruh atas kepopulerannya yang meningkat pada tahun 1960an.
38. Dorian (Laki Laki – Sejarah): Kosakata baru abad 20 awal, rupanya ditemukan oleh Oscar Wilde, tidak ada bukti ditemukan keberadaannya sebelum ia menggunakannya untuk karakter utama dalam The Portrait of Dorian Gray (1891). (Dorien)
39. Dov (Laki Laki – Sejarah): Berarti Beruang dalam bahasa Yahudi. Ini adalah terjemahan ke bahasa Yahudi dari nama binatang yang menjadi populer dalam bahasa eropa pada awal abad pertengahan.
40. Engkus (Laki Laki – Sunda): berasal dari nama yang berawalan -kus (harum)
41. Fa (Laki Laki – Tionghoa): Bertumbuh, awal mula (Fai)
42. Fai (Laki Laki – Cina): (bentuk lain dari Fa) Bertumbuh, awal mula
43. Fai (Laki Laki – Tionghoa): Awal mula
44. Fairfax (Laki Laki – Sejarah): Diambil dari nama keluarga, dikenal dari awal abad 17. Pada mulanya merupakan nama panggilan untuk seseorang dengan rambut panjang yang indah (Inggris kuno fæger ‘tercinta’ + feax ‘rambut,ikal’).
45. Fathana (Laki Laki – Arab): Kemenangan, awal (Fathoni)
46. Fathar (Laki Laki – Arab): Permulaan, Awal
47. Fathoni (Laki Laki – Arab): Kemenangan, awal (Bentuk lain dari fathon, Fathan, Fathani)
48. Fattar (Laki Laki – Arab): Permukaan, awal, pembuka (dari kata Al-Fath), kebahagiaan dari Tuhan (Fathar, Fatir)
49. Fattar (Laki Laki – Arab): Permukaan, awal, pembuka (dari kata Al-Fath), kebahagiaan dari Tuhan
50. Fay (Laki Laki – Tinghoa): Awal mula (bentuk lain dari Fai)

loading...