Cerita Lucu Si Kabayan Paling Gokil

Cerita Lucu Si Kabayan – riajenaka.com. Siapa yang tak kenal dengan Si Kabayan?! Salah satu tokoh imajinatif dari sunda yang lucu, polos namun cerdas. Berkat kelucuannya hingga sampai saat ini masih banyak masyarakat yang mengingat tentang cerita lucu si kabayan. Seluruh cerita lucu Kabayan menggambarkan tentang kehidupan bermasyarakat warga sunda seperti yang telah saya ceritakan di bawah ini.

Cerita Lucu Si Kabayan

Cerita Lucu Si Kabayan vs Pak Ustadz

Dikisahkan, Kabayan seorang pemuda sunda yang telah lima tahun menuntut ilmu di negeri Paman Sam, akhirnya bisa kembali ke kampung halaman. Istri si kabayan sebut saja Nyi Iteung mulai merasa ada yang berubah dengan sikap si kabayan. Kabayan yang dulu nya rajin solat, kini terlihat jarang sekali ke masjid. Hmmm… boro-boro ke masjid, solat di rumahpun sudah tidak pernah.

Nyi Iteung: “Kang… Iteung teh ngarasa aneh pisan sama akang.” (raut muka yang heran)

Kabayan: “Aneh kenapa atuh Nyi?”

Nyi Iteung: “Kenapa sekarang teh akang jarang solat, jarang ngaji. Gak pernah pergi ke masjid lagi.”

Kabayan: “Sekarang saya punya keyakinan baru dari negeri paman sam sana iteung!” (dengan nada tinggi)

Nyi Iteung: “Astaghfirulloh… Kenapa akang teh jadi begini?” (iteung nampak sedih)

Kabayan: “Sudahlah iteung! Kamu panggil saja kiayi atau ustadz yang paling hebat di kampung ini. Dia pasti tidak bisa menjawab pertanyaanku, akang yakin dia akan jadi pengikut akang.!” (jawab kabayan dengan sombong)

Iteung merasa khawatir dengan perkataan si kabayan. Ia pun langsung berlari memanggil Ustadz bagong, beliau adalah guru ngaji di kampung tetangga. Lima belas menit kemudian, datanglah ustadz bagong ke rumah si kabayan.

Kabayan: “Anda siapa?”

Ustadz bagong: “Saya ustadz bagong, dari kampung sebelah.”

Kabayan: “Benar kamu ustadz?! Jika benar kamu ustadz dan kamu percaya bahwa Tuhan itu ada, kamu pasti bisa menjawan pertanyaan saya. Tetapi kalo tidak bisa tinggaljan saja agamamu itu!” (kabayan menantang sang ustadz)

Ustadz bagong: “InsyaAllah jika Allah mengijinkan, saya akan menjawabnya.”

Kabayan: “Kamu jangan yakin dulu. Waktu saya kuliah di Amerika saja, Profeso paling cerdas sekalipun tidak ada yang bisa menjawab.”

Ustadz bagong: “Kalau begitu, pertanyaan apa yang akan kang kabayan berikan kepada saya?”

Kabayan: “Begini…

  1. Kalau memang benar Tuhan itu ada, tunjukan wujud Tuhan kepada saya.
  2. Kalau benar manusia mempunyai takdir, apa itu takdir dan tunjukan pula pada saya.
  3. Setan itu kan di ciptakan dari api, lalu kenapa Tuhan memasukkan setan ke dalam neraka? Bukankah neraka juga terbuat dari api? Apakah setan akan merasa kesakitan dengan api? Mengapa Tuhan tidak berpikir sampai kesitu?”

Ustadz bagong: “PLAKKKK….!”

Ustadz bagong menampar si kabayan…

Kabayan: “Aduhhh..Kenapa kamu menampar saya? Kamu marah? Kalau tidak bisa membuktikan jangan marah dong!”

Ustadz bagong: (tersenyum) “Itu adalah jawaban dari ketiga pertanyaan akang.”

Kabayan: “Kalau marah jangan marah.”

Ustadz bagong: “Bagaimana rasa tamaparan saya?”

Kabayan: “Sakit.!”

Uatadz bagong: “Akang percaya rasa sakit itu ada?”

Kabayan: “Percaya.”

Ustadz bagong: “Tunjukan wujud sakit itu pada saya.”

Kabayan: “Saya mana bisa menunjukan wujudnya.”

Ustadz: “Itulah jawaban pertanyaan anda yang pertama. Sesungguhnya Tuhan itu ada, namun manusia tidak akan mampu melihat wujudnya. Apakah sebelum saya datang, akang berpikir akan menerima tamparan dari saya hari ini?”

Kabayan: “Tidak..!”

Ustadz bagong: “Itulah yang di namakan takdir. Terbuat dari apakah tangan saya?”

Kabayan: “Kulit.”

Ustadz bagong: “Terbuat dari pipi akang?”

Kabayan: “Kulit juga…”

Ustadz bagong: “Bagaimana rasa tamparan saya?”

Kabayan: “Sakit!”

Ustadz bagong: “Walaupun setan itu terbuat dari api dan neraka pun terbuat dari api, jika Tuhan berkehendak maka neraka merupaknan yang paling menyakitkan bagi setan.”

Seketika mendengar jawaban dari ustadz bagong, si kabayan langsung terdiam.


Cerita Lucu Telunjuk Si Kabayan Sakit

Dikisahkan, suatu hari kabayan pergi ke klinik karena ia mengeluhkan badannya sakit semua. Kebetulan si kabayan mendapatkan antrian pertama…

Dokter: “Dimana yang terasa sakit?”

Kabayan: “Sakit semua dok.”

Dokter: “Coba lebih spesifik, dimana tepatnya?”

Kabayan: “Semuanya dok!”

Kabayan menyentuh lututnya dengan telunjuk kanannya. “Aww sakit!.” Kemudian menyentuh jidat, pipi, bahkan perutnya sambil berteriak kesakitan.

Kabayan: “Tuh kan dok, sakit semua.”

Dokter memeriksa seluruh anggota badan kabayan dengan teliti…

Dokter: “Ini mah bukan semuanya yang sakit, tapi telunjuk kamu yang retak!”


Cerita Lucu Baju Hitam Kabayan

Alkisah, Si Kabayan kehilangan baju hitam kesayangannya. Sehingga ia kesehariannya memakai baju warna putih. Yang bikin anehnya lagi, semenjak baju hitamnya hilang si kabayan jadi sering mengucapkan kata alhamdulillah. Teman si kabayan yang bernama Semar penasaran dengan tingkah lakunya yang aneh tersebut.

Semar: “Kang, kenapa atuh akhir-akhir ini jadi sering pakai baju putih?”

Kabayan: “Baju hitam kesayangan saya hilang.”

Semar: “Bajunya hilang kok sering mengucap alhamdulillah?”

Kabayan: “Karena saya harus banyak bersyukur.”

Semar: “Banyak bersyukur kenapa?”

Kabayan: “Karena sekarang ini saya sedang tidak pakai baju hitam. Kalau saya pakai baju hitam, tentu saja saya juga ikutan hilang bersama baju hitam tersebut.”

Semar: ???

Baca juga:

Cerita Lucu Bahasa Banjar

Cerita Lucu Sunda Jorang

Cerita Lucu Sunda Kang Ibing


Cerita Lucu Si Kabayan Ngambil Nangka

Pagi-pagi buta si kabayan disuruh mertuanya untuk menambil buah nangka…

Mertua: “Yang tua ngambil nangkanya ya, kabayan.”

Si Kabayan langsung ngeloyor ke kebun sambil membawa golok. Setelah sampai di kebun, si kabayan tengok kanan kiri mencari buah nangka yang besar. Akhirnya ia menemukan nangka yang sudah tua dan besar sekali. Di ambil lah nangka tersebut, setelah diangkat beratnya ngga ketulungan.

Kabayan: “Wah, ngga bakalan ke angkat nih buah nangkanya. Berat pisan…”

Akhirnya si kabayan menghanyutkan buah nangka tersebut ke sungai…

Kabayan: “Hei, nangka kamu pulang duluan ya !”

Setelah kabayan pulang ke rumah, si kabayan di tanya mertuanya…

Mertua: “Kabayan, dapat ngga buah nangkanya?”

Kabayan: “Ya dapatlah,udah tua besar lagi buahnya.”

Mertua: “Sekarang mana atuh nangkanya?”

Kabayan: “Aihhh,,, belum datang ya?! Kan tadi teh di hanyutkan ke sungai, di suruh pulang duluan.”

Mertua: “Ari kamu teh bodo pisan kabayan. Masa ada buah nangka bisa pulang sendirian!” (Jawab mertua dengan nada sewot)

Kabayan: “Wah, yang bodo mah nangkanya atuh, udah tua ngga tahu jalan pulang.”(kata kabayan sambil ngeloyor pergi)


Cerita Lucu Si Kabayan Mencari Siput

Dikisahkan, ada seorang laki-laki pemalas sebut saja si kabayan. Meskipun ia pemalas tapi memiliki banyak akal yan konyol. Suatu hari si kabayan disuruh abah mertuanya untuk mengambil siput di sawah. Setibanya si sawah, kabayan malah duduk di pematang sawah.

Abah: “Kabayan…! Apa yang kamu lakukan? Mengapa tidak turun lansung ke sawah dan mengambil tutut-tutut (siput) itu?!”

Kabayan: “Abah, aku takut turun ke sawah karena sawah ini sangat dalam. Lihat bah, begitu dalam sawah ini hingga langit pun terlihat di dalamnya.”

Abah mertua kabayan jadi geram. Di doronglah tubuh si kabayan hingga terjatuh ke dalam sawah.

Kabayan: (senyum-senyum) “Tenyata sawah ini dangkal ya bah.”

Cerita si kabayan ini meskipun lucu dan konyol tapi dari isi ceritanya saja sudah dapat mengambil pesan moral dan pelajaran yang sangat berharga. Semoga dengan adanya cerita lucu si kabayan ini dapat menghibur anda.