Nama Bayi Perempuan Dalam Alquran Lengkap Dan Artinya

Nama Bayi Perempuan Dalam Alquran – kumpulannamabayi.com. Pilihan nama yang diambil dari Alquran memang masih jadi pilihan yang dipilih oleh para orangtua. Hal ini tentu bukanlah tanpa alasan, sebab nama yg berasal dari kitab suci umat muslim ini dikenal punya makna baik dalam tiap nama perempuan. Inilah yg menjadi dasar para orangtua lebih memilihkan nama dari Alquran dibandingkan dengan nama lainnya. Daripada penasaran yuk langsung aja simak nama dan penjabaran artinya disini.

Adapun pembahasan nama bayi dimulai dri arti namanya hingga rekomendasi untuk rangkaian nama yang terdiri atas 3 kata. Tenang saja nama2 disini dijamin pasti bagus dan dipastikan tak akan rugi jika memilih namanya. Yuk langsung aja baca selengkapnya pada artikel nama bayi perempuan dalam Alquran lengkap dan artinya berikut.

10 Rangkaian Nama Bayi Perempuan Dalam Alquran Terlengkap

Nama Bayi Perempuan Dalam Alquran

1. Kamila

Pilihan nama bayi perempuan yang diambil dari Alquran yang pertama ialah dengan nama Kamila. Nama Kamila merupakan nama yang muncul dalam QS Al Baqarah ayat 196, Kamila bermakna sempurna.  Sehingga dengan harapan sang anak memiliki ahlak  yang sempurna.

Berikut Ini beberapa ide rangkaian nama dari alquran yang disertai artinya :

Qarirah Kamila Huwaida :  Anak perempuan yang memiliki kesempurnaan dalam ahlaknya, penuh kelmah lembutan hatunya dan membawa kesejukan dalam kehidupan orang yg ada disekitarnya.
Qarirah : Pandangan yang sejuk
Kamila : Sempurna
Huwaida : Lemah lembut

Kamila Zaina Syahla :  Seorang perempuan cantik dengan mata kebiru-biruan yang dimilikinya, hidup penuh kesempurnaan dan diberikan paras yang cantik mempesona.
Kamila : Sempurna
Zaina : Cantik
Syahla : Yang memiliki mata kebiru-biruan

2. Muhita

Muhita menjadi nama perempuan yang diambil dari Alquran. Dimana namanya diambil berdasarkan dari QS Al Ankabut ayat 54. yang bermakna orang yang sadar kemudian bertaubat. Jadi dengan harapan sang anak mampu menjadi sosok yang selalu taat dalam agama dan beribadah kepada Allah.

Adapun contoh kombinasi nama bayi perempuan dari Alquran yang dapat dipilih yaitu :

Muhita Feiyaz Khasanah : Anak perempuan yang mendapatkan hidayah dari Allah, diberikan kesuksesan dalam hidupnya dan menjadi anak yang dilimpahi dengan rezeki yang berlimpah.
Muhita : Orang yang sadar kemudian bertaubat; nama ini tercantum dalam QS Al Ankabut ayat 54
Feiyaz : Sukses
Khasanah : Kekayaan

Salma Muhita Hanania :  Bayi perempuan yang sadar diri, penuh kasih sayang Allah serta mendapatkan kedamaian dalam kehidupannya.
Salma : Kedamaian
Muhita : Orang yang sadar kemudian bertaubat; nama ini tercantum dalam QS Al Ankabut ayat 54
Hanania : Dikasihi Allah

3. Fakhirah
Pilihan nama anak perempuan dalam Alquran yang ketiga yaitu menggunakan nama Fakhirah dengan doa agar sang buah hati menjadi seseorang yang berharga dan menjadi kebanggaan orangtua. Adapun dari nama ini pun juga dapat digunakan sebagai rangkaian nama dalam 3 kata.

Berikut adalah beberapa pilihan rangkaian nama yang dapat dijadikan sebagai nama lengkapnya :

Mahfuza Shiba Fakhirah : Seorang anak perempuan yang memiliki kasih sayang nan tulus, dilindungi oleh Allah dan menjadi anak yang dibanggakan oleh kedua orangtuanya.
Mahfuza : Yang dilindungi
Shiba : Kerinduan
Fakhirah : Anak yang berharga dan menjadi kebanggaan orangtua

Fakhirah Rafilah Shazfa : Anak cewe yang anggun, hidup dalam kesuksesan yang sangat berharga untuk keluarga besarnya.
Fakhirah : Anak yang berharga dan menjadi kebanggaan orangtua
Rafilah : Anggun
Shazfa : Sukses

4. Faiqah
Rekomendasi nama bayi perempuan diambil dari Al-quran selanjutnya ialah dengan nama Faiqah yang berarti kedudukan tinggi. Orangtua tentu berharap kelak sang buah hati menjadi anak yang dimuliakan oleh Allah dengan diangkat derajatnya oleh Tuhan.

Berikut inspirasi rangkaian nama wanita dalam al-quran yang telah disertai maknanya :

Hizra Faiqah Arrahma :  Seseorang anak perempuan yang bersuara merdu, memiliki kedudukan tinggi yang penuh kasih sayang terhadap sesamanya.
Hizra : Sejenis burung yang merdu suaranya
Faiqah : Memiliki kedudukan tinggi
Arrahma : Kasih sayang

Faiqah Yasna Shalihah : Wanita pemimpin yang shalehah, punya paras nan menawan seperti bunga dan kelak menjadi wanita nan shalihah.
Faiqah : Memiliki kedudukan tinggi
Yasna : Mawar putih
Shalihah: Shalehah; berakhlak baik

5. Ilmi
Alternatif nama bayi perempuan dalam alquran lainnya ialah dengan nama Ilmi. Ilmi sendiri diambil dalam surat Al Baqarah ayat 47, Ilmi bermakna pengetahuan. Dengan harapan kelak sang anak dapat menjadi sosok yang berpengetahuan luas dengan pemikiran nan cerdas.

Dibawah ini ide rangkaian nama bayi perempuan dari alquran diantaranya ialah :

Ilmi Jinan Razita : Bayi perempuan yang memiliki pengetahuan, shalihah dan hati yg selalu berbunga bunga luar biasa.
Ilmi : pengetahuan
Jinan : Surga
Razita : Bunga

Airani Ilmi Wijayanti : Anak perempuan yang memiliki ilmu pengetahuan nan luas yang punya banyak keunggulamn dan memiliki jiwa yang selalu muda.
Airani : Berhati Muda
Ilmi : pengetahuan
Wijayanti : Sangat Unggul, Kuat
6. Hilya
Hilya menjadi sebuah referensi nama untuk perempuan yang tercantum dalam Alquran di surah An Nahl ayat 14. Dengan arti nama perhiasan yang bermakna seseorang perempuan ibarat perhiasan yang berharga dan sudah sepantusanya harus dijaga dengan baik dan benar.

Berikut ini beberapa inspirasi rangkaian nama dan artinya yang dapat dipakai :

Hilya Rania Alishba : Anak  cewe yang berparas cantik, menjadi pusat perhatian yang sangat berharga dan bergerak dipaling depan.
Hilya : perhiasan
Rania : Berdiri paling depan; Kerajaan
Alishba : Cantik

Rifa Hilya Andyra : Perempuan yang meneduhkan, menjadi sosok yang sangat berharga dan selalu berjalan dalam hal kebaikan.
Rifa : Setuju; sepakat
Hilya :  Perhiasan
Andyra : Rumah

7. Maisara
Contoh nama anak cewek dari Alquran lainnya ialah dengan nama Maisara. Namanya tercantum Dalam QS Al Baqarah ayat 280, Maisara bermakna orang yang diberi kemudahan, kekuatan, serta kesabaran dalam menjalani kehidupan

Berikut Ini beberapa gabungan nama perempuan 3 kata yang dapat dipilih :

Sabrina Maisara Marzaqah : Anak perempuan yang diberikan banyak kemudahan dalam hidupnya diberkahi dengan paras cantik da juga memperoleh banyak rezeki dalm kehidupannya.
Sabrina : Bidadari
Maisara : orang yang diberi kemudahan, kekuatan
Marzaqah : Yang memperoleh rizki yang banyak

Maisara Zayaan Aniq Anindita : Seorang perempuan cantik dengan kesempurnaan fisiknya yang kuat hatinya.
Maisara : orang yang diberi kemudahan, kekuatan
Aniq : Cantik dan mungil
Anindita : Sempurna, lengkap

8. Riza
Riza adalah menjadi nama yang bisa disematkan untuk anak perempuan dimana nama ini memiliki makna sebuah indikasi menjaga kehormatan karena takut kepada Allah. Maksudnya kelak sang anak perempuan mampu menjaga dirinya dengan baik dan yg selalu takut kepada Allah.

Berikut Ini beberapa rangkaian nama beserta artinya dalam 3 kata ialah

Almeera Riza Nazafarin : Bayi perempuan yang terhormat, penuh rasa bahagia dan menjadi sosok yang mampu emnjadi pemimpin nan bijaksana.
Almeera : Putri raja
Riza : kehormatan karena takut kepada Allah
Nazafarin : Membawa kebahagiaan

Riza Khanza Multazimah : Wanita yang selalu taat pada Allah, punya komitmen hidup nan jelas dan berahlak dalam kebaikan.
Riza : kehormatan karena takut kepada Allah
Khanza : Wanita yang baik
Multazimah : Yang komitman

9. Nuha
Di Al Quran, Nuha disebutkan sebanyak dua kali, yaitu di surat Thaha ayat 54 dan 128. Nuha dapat diartikan rasa, pikiran, kecerdasan, dan kemampuan untuk berpikir. Sehingga nama Nuhgat serasi apabila disematkan untuk nama perempuan dalam alquran.

Berikut ini ide rangkaian nama panjang untuk perempuan diantaranya :

Salamah Nuha Zhufairah :  Seorang wanita yang hidup penuh keselamatan, mendapatkan banyak kemenangan dalam dirinya dan berakal cerdas.
Salamah : Keselamatan
Nuha : Rasa, pikiran, kecerdasan, dan kemampuan untuk berpikir.
Zhufairah : Yang banyak mendapatkan kemenangan

Nuha Zakiyah Shareen :  Anak perempuan dengan kemampuan untuk berfikir, baik dalam segala hal dan memiliki paras manis nan mempesona.
Nuha : Rasa, pikiran, kecerdasan, dan kemampuan untuk berpikir.
Zakiyah : Yang baik
Shareen : Manis

10. Dafiyah
Ide nama untuk penamaan nama bayi perempuan yang terakhir ialah dengan nama Dafiyah yang berarti seorang Perawi (orang yang meriwayatkan) hadits. Dimana harapannya agar sang buah hati menajdi soosk nan religius yang tak hanya tahu tentang Alquran saja namun juga mengenai hadist.

Berikut Ini beberapa Refrensi rangkaian nama beserta artinya :

Dafiyah Risqi Jaelani :  Bayi perempuan yang religius, mendapatkan karunia dari Allah yang kuat jiwanya.
Dafiyah : Perawi (orang yang meriwayatkan) hadits.
Risqi : Karunia dari Allah
Jaelani : Kuat

Salma Dafiyah Arrahma :  Sosok anak cewe yang hidupnya selamat, penuh kasih sayang serta menjadi anak yang diberkahi keahlian dalam bidang agama.
Salma : Selamat
Dafiyah : Perawi (orang yang meriwayatkan) hadits.
Arrahma : Kasih sayang