Nama Bayi Sahabat Nabi Untuk Anak Laki Laki

Nama bayi sahabat nabi — kumpulannamabayi.com. Memberikan nama pada seorang anak anda juga dapat menggunakan beberapa nama atau tokoh tertentu baik dalam agama atau masyarakat. Tentunya dalam hal ini menggunakan nama tersebut lebih memiliki tujuan agar nantinya nama tokoh tersebut. Dapat membawa berkah yang dapat mengantarkan anak anda sama seperti pemilik nama tersebut, misalkan pada keadaan ini kita ketahui bersama. Banyak sekali nama yang menggunakan nama nabi besar Muhammad SAW tentunya dalam hal ini agar pemberian nama ini memiliki tujuan.

Kelak ketika anak tersebut dewasa dapat menjadi seseorang yang mencintai nabi Muhammad atau paling tidak menjadi seseorang yang mulia. Meskipun tidak dapat menandingi kemuliaan nabi Muhammad, atau anda juga dapat menggunakan beberapa nama sahabat nabi untuk anak anda. Mengingat para sahabat nabi tersebut merupakan orang-orang yang banyak mehabiskan waktu bersama beliau dan turut menjadi sosok yang mulia. Berikut ini beberapa nama bayi sahabat nabi yang bisa anda gunakan.

Nama Bayi Sahabat Nabi

Inspirasi Nama bayi sahabat nabi

1. Abu Bakar Ash-Shiddiq

Nama bayi sahabat nabi yang pertama ini adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq pada nama ini anda bisa menggunakan beberapa penggalan dari nama ini. Nama ini sendiri merupakan milik salah seorang sahabat nabi yang pertama kali memeluk Islam. Beliau juga menjadi seorang khalifah pertama sepeninggal rasulullah wafat, sahabat yang satu ini terkenal dengan kelembutan hatinya. Nama mulia ini bisa anda gunakan untuk memberikan nama pada anak anda misalkan seperti Muhammad Abu Bakar, Lukman Ash-Shiddiq, serta beberapa nama lainnya yang menggunakan nama mulia tersebut.

2. Umar bin Khattab

Nama bayi sahabat nabi yang selanjutnya anda bisa menggunakan nama yang satu ini, terutama ketika dalam hal ini anda ingin memberikan nama yang gagah pada anak anda. Mengingat beliau Umar bin Khattab merupakan sosok sahabat nabi yang gagah yang banyak di segani, serta memiliki sifat yang tegas. Beliau menjadi pelindung umat islam yang kokoh kala itu ketika mereka sering kali di teror oleh kaum qurasy. Nantinya anda bisa menggunakan nama ini sebagai penggalan nama untuk anak anda seperti Yusuf Umar, Rizky Umar al Khattab, serta beberapa kreasi nama lainnya yang menggunakan nama tersebut.

3. Utsman bin ‘Affan

Salah satu peristiwa yang paling di kenal dari ke khalifahan beliau kala itu adalah pengumpulan musaf Al-Quran. Dengan tujuan untuk membukukan dan mengumpulkan Al-Quran menjadi satu buku, mengingat kala beliau menjadi khalifah setelah baginda Rasulullah telah meninggal. Serta para sahabat yang hafal Al-Quran banyak gugur di medan perang sehingga di lakukanlah hal tersebut, nama ini juga dapat anda jadikan sebagai salah satu penggalan nama untuk anak anda. Mengingat beliau merupakan salah satu sahabat utama yang selalu menemani Rasulullah kala itu.

4. Ali bin Abi Thalib

Nama bayi sahabat nabi yang selanjutnya adalah Ali bin Abi Thalib di mana beliau merupakan sepupu Rasulullah. Beliau sejak kecil di asuh oleh Rasulullah, serta Rasulullah sering kali membanggakan beliau, beliau menjadi salah satu orang yang masuk islam sewaktu masih anak-anak. Kelak beliau menjadi sepupu sekaligus menantu karena beliau di nikah kan dengan anak dari Rasulullah yaitu Fatimah Az Zahra. Nama ini menjadi pilihan nama sekaligus doa terbaik yang bisa anda gunakan, mengingat beliau dijuluki sebagai gudang ilmu oleh Rasulullah.

5. Abu Ubaidah

Beliau termasuk dalam golongan yang pertama kali masuk islam, tentunya masih memiliki hubungan kerabat dengan Rasulullah. Mengingat nama lengkap beliau adalah Amir bin Abdullah bin Jarrah Al Fihry Al Quraisy yang mana pada nama terakhir tersebut merupakan nama suku. Termasuk dalam hal ini Rasulullah masih merupakan anggota dari suku tersebut, yang nantinya akan memerangi Rasulullah. Nama ini menjadi salah satu rujukan nama terbaik berikutnya setelah empat sahabat utama tadi untuk anda gunakan menjadi nama anak anda.

6. Sa’ad bin Abi Waqqash

Nama sahabat nabi yang satu ini memeluk islam pada usia 17 tahun di mana beliau masih memiliki hubungan darah dengan Rasulullah melalui jalur ibunya. Beliau menjadi salah seorang penting nantinya dalam penyebaran dan membantu Rasulullah dalam menyebarkan agama islam. Jadi nama ini menjadi salah satu nama mulia yang dapat anda gunakan nantinya untuk memberikan nama pada anak anda. Sehingga nantinya dengan menggunakan nama ini di harapkan dapat membawa berkah pada anak anda seperti halnya pemilik nama aslinya.

7. Thalhah bin Ubaidillah

Berikutnya adalah Thalhah bin Ubaidillah yang mana beliau dalam hal ini masuk islam atas peran Abu Bakar. Beliau menjadi salah seorang yang menjadi saksi akan kabar kerasulan nabi besar Muhammad SAW yang di beritakan oleh salah seorang pendeta pada saat beliau berdagang ke Syam. Kelak beliau menjadi sahabat yang paling setia dan gagah berani dalam melindungi Rasulullah saat perang Uhud berlangsung hingga beliau mengalami luka parah. Nama ini menjadi salah satu simbol laki-laki yang gagah berani yang kuat dalam memegang agama Allah.

8. Sa’id bin Zaid

Nama yang terakhir ini adalah Sa’id bin Zaid yang mana beliau menjadi salah satu golong pertama yang memeluk agama islam setelah berita kerasulan beliau. Beliau juga menjadi salah seorang yang memiliki jasa besar penyebaran agama islam kala itu. Nama ini menjadi nama terakhir yang bisa anda gunakan untuk anda berikan pada anak anda nantinya.

Semoga beberapa nama bayi sahabat nabi di atas dapat anda gunakan sebagai imbuhan bagi nama anak anda. Agar anak tersebut nantinya dapat sedikit mengilhami perjuangan agung mereka dalam membela dan membatu Rasulullah dalam dakwah menyebarkan agama islam. Semoga beberapa nama dan penjelasan di atas bermanfaat.