Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Pemerintahan Yang Baik Dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Jabatan Pemerintahan – detiklife.com. Mengundurkan diri dari jabatan pemerintahan merupakan sebuah keputusan besar yang layak dipikirkan matang-matang. Jika Anda memang benar-benar berniat mengundurkan diri, Anda harus siap dengan segala konsekuensi yang harus dihadapi. Sebagai bahan acuan berikut akan kami sajikan contoh surat pengunduran diri:

  • Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Kepala Dusun
  • Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Camat
  • Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Bupati

Masing-masing dari contoh surat tersebut ditulis dengan singkat, sederhana, serta mengkuti aturan yang baik dan benar. Kami menyediakan juga link download surat pengunduran diri doc (format word) dalam ukuran A4 dan F4.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Kepala Dusun

Desa Ambangsari, 11 Desember 2018

Kepada Yth,
Kepala Desa Ambang Sari
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Mursadi bermaksud ingin mengundurkan diri dari jabatan saya selaku Kepala Dusun II Desa Ambang Sari Kecamatan Siliwangi Kabupaten Manokrawi terhitung sejak tanggal 10 Desember 2018.
Saya mengucapkan terimakasih atas segala kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bisa memimpin Dusun ini. Saya juga meminta maaf apabila ada kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja.
Saya berharap selalu, semoga Desa Ambang Sari ini dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik kedepannya.

Hormat Saya,

Mursadi

Contoh diatas adalah surat pengunduran diri jabatan dalam instansi pemerintah. Yang mana dalam surat tersebut merupakan pengunduran diri  dari jabatan kepala dusun. Walaupun singkat dan sederhana, surat tersebut ditulis dengan baik dan jelas bahasanya.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Camat

SURAT PERNYATAAN
PENGUNDURAN DIRI SEBAGAI CAMAT KARANGASEM

Yang bertanda tangan dibawah ini saya :
Nama : Ranggana Prasetyo
Tempat tanggal lahir : Jakarta, 21 Januari 1986
Jabatan : Camat
Periode : 2015/2020
Alamat : Desa kaliputih Rt 05 Rw 07, Kecamatan Karangasem,
Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Dengan ini saya menyatakan dengan sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan Camat Karangasem. Pengunduran diri ini efektif per tanggal 15 Desember 2018 Pukul 24.00 WIB, dikarenakan saya tidak mampu menjalankan tugas sebagaimana mestinya akibat sakit yang saya derita.

Demikian Surat Pernyataan Pengunduran Diri ini saya buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya oleh pihak yang berkepentingan.

Saya Yang Menyatakan

Ranggana Prasetyo, SE

Contoh surat pengunduran diri dari jabatan camat diatas memiliki format yang lebih lengkap dari contoh surat sebelumnya. Surat pengunduran diri resmi ini sangat cocok dipakai untuk mengundurkan diri dari instansi pemerintah.

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Bupati

Kepada Yth.
Ketua DPRD Kabupaten Pemalang
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Aris Munandar
Tempat/ Tanggal lahir : Kebumen, 19 Oktober 1980
Jabatan : Bupati Pemalang
Alamat : Desa Jatiasih Rt 09 Rw 10 , Kecamatan Duren Sawit
Kabupaten Pemalang

Dengan ini saya menyatakan dengan penuh kesadaran bahwa saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Bupati Kabupaten Pemalang, bertepatan akan diadakannya pemilihan Gubernur Jawa Tengah dan saya berniat untuk ikut mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jawa tengah. Perihal kewenangan sementara sudah dialihkan kepada Wakil Bupati Pemalang terhitung dari ditandatanganinya surat ini.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dalam keadaan sehat dan sadar juga tidak sama sekali dalam tekanan pihak manapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.Pemalang, 23 Desember 2018

Hormat Saya,

Aris Munandar,SH

Surat tersebut adalah contoh surat pengunduran diri dari jabatan pemerintah sebgai bupati. Alasan pengunduran dari surat tersebut yaitu karena akan mencalonkan diri jadi gubernur. Surat pengunduran diri yang formal dan resmi tersebut tentunya bisa jadi referensi terbaik bila ingin mengundurkan diri dari instansi pemerintah.

 

Download Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Kepala Dusun Doc

surat pengunduran diri dari jabatan kepala dusun

Download Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Camat Doc

surat pengunduran diri dari jabatan camat

Download Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Bupati Doc

surat pengunduran diri dari jabatan bupati