Sejarah

Sejarah Singkat Permainan Monopoli

detiklife.com – Sejarah permainan Monopoli diawali pada tahun 1903. Sang penemu permainan Monopoli yaitu Elisabeth Magie menamai permainan tersebut bukan dengan nama Monopoli seperti yang sudah kita kenal saat ini.

Saat menemukan permainan ini, Elisabeth Magie bekerja sebagai stenographer dan juru ketik di kantor pos amerika serikat yang mengurusi surat-surat yang tidak bisa sampai tujuan dikarenakan salah alamat. Magie lahir di tahun 1866 dan wafat pada tahun 1948 pada umur 82 tahun.

gambar papan permainan The Landlord's Game 1906

sumber: landlordsgame.info

The Landlord’s Game, itulah nama yang awalnya diberikan oleh Elisabeth Magie untuk permainan edukasi ini. Papan permainan ini diciptakan untuk menerangkan teori “single tax” Henry George yang menjelaskan aspek negatif dari penguasaan lahan yang dimonopoli oleh orang tertentu.

Pada tahun 1904 permainan ini dipatenkan dan mulai dicetak secara pribadi pada tahun 1906. Semenjak dikenalkan dan beredar di masyarakat Amerika, berbagai variasi dan pengembangan dari game ini bermunculan, termasuk didalamnya proses jual beli lahan dan cara pengembangan lahan dalam permainan ini.

Kemudian ditahun 1935 dengan mencontoh dan menambahkan beberapa variasi dari sistem permainan The land’s Lord, papan permainan Monopoli versi Charles Darrow dijual kepada Parker Brothers. Untuk mengesahkan Parker Brothers memonopoli permainan Monopoli ini, ditahun yang sama Parker Brothers membeli paten The Landlord’s Game dari Elizabeth Magie dengan harga USD 500. Elizabeth Magie merasa kesepakatan penjualan paten ini akan menyebarkan ajarannya mengenai masalah kesenjangan ekonomi secara luas ke masyarakat.

Sedikit menyimpang dari topik sejarah Monopoli, Siapa itu Parker Brothers? Mereka adalah salah satu produsen mainan terbesar di Amerika. Dari 1883 sampai saat ini, sudah lebih dari 1.800 jenis permainan telah mereka hasilkan.

Kembali ke topik asal usul monopoli, secara resmi Parker Brothers mulai menjual papan permainan Monopoli pada tanggal 6 februari 1935. Ditahun yang sama papan permainan ini terjual 278.000 unit dan lebih dari 1.750.000 unit pada tahun berikutnya.

Proses penjualan secara internasional diluar kawasan Amerika dimulai tahun 1936. Ada cerita menarik dari sejarah permainan Monopoli yaitu ditahun 1941. Ditahun tersebut pihak Intelejen Rahasia Inggris membuat Monopoli edisi khusus untuk para tahanan Nazi saat perang dunia ke 2 masih berlangsung. Didalam kotak permainan tersebut disembunyikan kompas, peta, uang dan benda-benda lain yang diperlukan para tahanan untuk melarikan diri. Monopoli “special edition” ini didistribusikan oleh “organisasi amal” yang dibuat oleh pihak intelejen Inggris.

gambar papan monopoli hasbro

sumber: www.sbs.com.au

Dari tahun 1994 sampai dengan saat ini, ada 3 penerbit permainan Monopoli yang dikenal luas dengan versinya masing-masing, yaitu Hasbro, Parkers Brothers dan Waddingtons.

Dari cerita panjang mengenai asal usul permainan Monopoli ini, satu hal yang mengejutkan dan juga ironi adalah informasi dari data sensus yang dilakukan pada tahun 1940, tepat 8 tahun sebelum Elizabeth Magie tutup usia. Pada sensus tersebut Magie mengisi kolom pekerjaan sebagai “maker of games” dan dikolom pendapatan Magie menulis “0”. That’s monopoly all about.

To top