Keuangan Tips Kesehatan

Makanan Murah Meriah Dan Sehat

Makanan Murah Meriah Dan Sehat – Makanan bergizi memang perlu buat kesehatan tubuh. Tapi bagaimana jika kantong Anda sering bolong karena urusan makanan? Orang sering bingung. Maunya makan sehat, tapi herannya harga makanan yang menurut buku-buku sangat baik buat tubuh biasanya juga sangat mahal. Mungkin Anda pun akan mengangguk-anggukan kepala tanda setuju. Jelas, seporsi nasi berlauk ayam dan sayur plus sepotong buah untuk makan siang, akan lebih mahal dibanding semangkuk bakso!

Jangan putus asa dulu, sebenarnya ada beberapa trik menghemat biaya makan Anda, tentu tanpa mengurangi kualitas giziya. Kuncinya cermat-cermatlah saat belanja dan jeli memilih bahan makanan. Mau tahu caranya? Boleh baca panduan berikut ini!

Makanan Murah Meriah Dan Sehat
BELAJAR PINTAR
– Mulailah dengan merencanakan menu yang akan Anda santap. Selain bisa mengatur kebutuhan gizi, juga sekaligus mengontrol pengeluaran.
– Sesekali cobalah memasak sendiri kalau keadaan memungkinkan. Batasi makan diluar atau delivery. Selain lebih murah, masak sendiri memungkinkan variasi jenis makanan dan gizi.
– Bawa daftar saat belanja, agar tak tergoda membeli yang tak diperlukan.
– Periksa isi lemari dan kulkas sebelum belanja, jangan sampai ada bahan makanan yang masih menumpuk sementara Anda sudah beli yang baru.
– Buka mata lebar-lebar, siapa tahu ada makanan yang sedang di-sale di supermarket tempat Anda belanja. Selama kondisinya masih baik, tak ada salahnya membeli dalam jumlah banyak sebagai persediaan.
– Tak ada salahnya membandingkan harga di beberapa swalayan. Kalau memang ada yang lebih murah, kenapa tidak? Perbedaan harga yang sedikit pun kalau dikumpulkan akan menghemat juga.
– Membeli makanan dalam kemasan besar biasanya lebih murah. Tinggal bagi-bagi sesuai porsi yang diperlukan, lalu simpan difreezer untuk digunakan saat diperlukan.

JELI MEMILIH DAN MENGOLAH MAKANAN
– Siapa bilang bahan makanan yang bergizi harus selalu mahal? Coba buka lagi buku-buku referensi tentang gizi. Cari altematif bahan makanan yang kandungan gizinya tak kalah tinggi, tapi dengan harga lebih murah. Misalnya sumber protein, tak harus selalu berupa daging sapi atau daging ayam. Anda bisa gantikan dengan telur, ikan, tempe atau tahu.
– Manfaatkan sayur atau buah yang sedang musimnya, harganya akan lebih murah. Jangan takut bosan, coba olah atau sajikan dengan cara yang berbeda-beda.
– Agar lebih menarik, boleh juga buat makanan ala fastfood di rumah. Lebih murah dan lebih sehat! Coba buat pizza sendiri, tinggal beli roti lalu buat toppingnya sesuai selera. Tambahkan sayur-sayuran agar lebih sehat.
– Makanan kecil siap santap biasanya harganya lumayan mahal. Coba buat sendiri snack yang sederhana namun tetap lezat. Kenapa harus beli agar-agar siap saji, kalau Anda bisa buat sendiri dengan harga lebih murah dan bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis buah.
– Manfaatkan makanan yang tak habis. Ayam panggang sisa semalam bisa jadi isi chicken sandwich yang lezat!

To top