Obat Herbal Tradisional Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Kolesterol Penyakit

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Kolesterol

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Kolesterol – Sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Lemak merupakan salah Satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi.

Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Kolesterol

Di samping di sebagai salah satu sumber energi, kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh, dan merupakan bahan dasar pembentukan hormon steroid. Tetapi bila keberadaan kolesterol dalam tubuh berlebih, akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan timbul suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol yang kita butuhkan, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia akan meningkat jumlahnya bila tubuh menerima makanan dari luar yang berasal dari lemak hewani, telur, dan lain-lain yang disebut sebagai makanan sampah (iunkfood). Unsur lemak dalam darah terdiri atas kolesterol, trigliserida, fosfolipid, dan asam lemak bebas. Hanya seperempat dari kolesterol yang terkandung dalam darah berasal langsung dari makanan yang diserap dari saluran pencernaan. Sisanya merupakan hasil produksi tubuh (oleh sel-sel hati).

Lemak yang didapat dari makanan akan diuraikan menjadi kolesterol, trigliserida, fosfolipid dan asam lemak bebas pada saat dicerna dalam usus dan masuk ke dalam darah (kolesterol dan unsur lemak laintidak larut dalam darah). Agar dapat diangkut dalam aliran darah kolesterol bersama lemak lainnya (trigliserida dan fosfolipid) harus berkaitan dengan protein membentuk senyawa baru lipoprotein agar bisa larut dalam darah.

Kilomikron merupakan liprotein yang mengangkut lemak menuju ke hati. Dalam hati, ikatan lemak tersebut akan diuraikan sehingga terbentuk akan dipakai sebagai sumber energi atau bila jumlahnya berlebih akan disimpan dalam jaringan lemak. Bila asupan kolesterol tidak mencukupi sel hati akan memproduksinya.

Dari hati, kolesterol diangkut oleh lipoprotein yang bernama LDL (Low Density Lipoprorein) untuk dibawa ke sel-sel tubuh yang memerlukan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya (termasuk sel otot jantung, otak dan lain-lain). Sedang kolesterol yang berlebih akan diangkut kembali oleh lipoprotein yang disebut HDL (High Density Lipoprotein) untuk dibawa ke hati, yang selanjutnya akan diuraikan lalu dibuang ke dalam kandung empedu sebagai asam (cairan) empedu.

Kolesterol terbagi dua macam. yaitu LDL (Low Density Lipoprorein) dan HDL (High Density Lipoprotein). LDL sering disebut sebagai kolesterol jahat karena dapat melekat di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penumpukan lemak sedangkan HDL disebut sebagai kolesterol baik karena mampu mengangkat kolesterol dan pembuluh darah yang kemudian dikeluarkan sebagai asam empedu.

Kolesterol yang berlebihan dalam darah akan mudah melekat pada dinding sebelah dalam pembuluh darah dan melalui lapisan sel endotel, masuk ke lapisan dinding pembuluh darah yang lebih dalam yaitu intima. Makin kecil ukuran LDL atau makin tinggi kepadatannya, makin mudah pula LDL tersebut menyusup ke dalam intima (disebut LDL kecil padat).

LDL yang telah menyusup ke dalam intima akan mengalami oksidasi tahap pertama, sehingga terbentuk LDL teroksidasi yang memacu terbentuknya zat yang dapat melekatkan dan menarik monosit (salah satu jenis sel darah putih), menembus lapisan endotel dan masuk ke dalam intima. Selain itu LDL teroksidasi juga menghasilkan zat yang dapat mengubah monas& yang telah masuk ke dalam intima menjadi makrofag. Pada tahap kedua, LDL teroksidasi akan menjadi LDL teroksidasi sempurna yang dapat mengubah makrofag menjadi sel busa. Sel busa yang terbentuk akan saling berikatan membentuk gumpalan yang semakin membesar, sehingga terbentuk benjolan yang mengakibatkan penyempitan lumen pembuluh darah. Keadaan semakin memburuk jika LDL teroksidasi sempuma dan merangsang sel-sel otot pada lapisan pembuluh darah yang lebih dalam (media) masuk ke lapisan intima. dan kemudian membelah-belah diri sehingga jumlahnya semakin banyak. Melihat mekanisme pembentukan sumbatan pembuluh darah di atas, LDL semakin berbahaya bila mempunyai ukuran kecil dengan kepadatan tinggi, atau yang klta kenal sebagai LDL kecil padat.

Nilai Klasifikasi LDL, HDL, Total Kolesterol dan Triglyccrides

– LDL (Kolesterol Jahat)
Kurang dari 100 Berarti Optimal
100-129 berarti Mendekati Optimal
130-159 berarti Batas Normal Tertinggi
160-189 berarti Tinggi
Lebih dari 190 berarti Sangat Tinggi

– HDL (Kolesterol Baik)
Kurang dari 40 berarti Rendah
Lebih dari 60 berarti Tinggi

– Total Kolesterol
Kurang dari 200 berarti Yang Diperlukan
200-239 berarti Batas Normal Tertinggi
Lebih dari 240 berarti Tinggi

– Triglycerides
Kurang dari 150 berarti Normal
150 – 199 berarti Batas Normal Tertinggi
200 – 499 berarti Tinggi
Lebih dari 500 berarti Sangat Tinggi

Pengobatan Tradisional Herbal untuk Kolesterol

Keji Beling (Reullu napifera Zoll Mor.)
Cara membuat : 3 Lembar daun keji beling mentah dan segar dimakan sebagai lalapan. Lakukan secara teratur. Pantangan : Makanan yang berlemak.

Ngokilo (Stachytarpheta Mutabillis, Vahl.)
Cara membuat : 3 Lembar daun ngokilo mentah dan segar dimakan sebagai lalapan. Lakukan secara teratur. Pantangan : Makanan berlemak.

Jeruk Nipis (Citrus auramifblia Swingle)
Cara membuat : Pilih jeruk nipis yang segar lalu cuci dengan bersih, belah jeruk nipis menjadi empat bagian, lalu iris tipis-tipis. Masukkan irisan tadi kedalam gelas. Irisan jeruk nipis tadi adalah irisan yang lengkap dengan kulit nya, tuangkan air panas hingga penuh, kemudian tutup rapat. Tunggu kira-kira 30 menit, lalu minum sampai habis, Lakukan secara rutin sehari dua kali pagi dan malam.

Asam Jawa (Tamarindus Indica L.)
Cara membuat : tumbuk 150-200 daun asam jawa, lalu campur dengan 1 gelas air matang panas (200 ml), kemudian diperas, disaring dan diminum untuk satu kali minum. Dianjurkan untuk membuatnya kali sehari.

Jika Anda ingin membaca artikel kesehatan sebelumnya tentang obat herbal, silahkan kunjungi Obat Herbal Tradisional Untuk Keracunan. Topik yang serupa dengan artikel Obat Herbal Tradisional Untuk Penyakit Kolesterol ini, dapat Anda temukan dalam kategori Obat Herbal Tradisional. Silahkan kunjungi artikel kesehatan tentang Obat Herbal Tradisional kami yang lain.

To top