Manfaat dan Khasiat Manfaat Seledri Untuk Kesehatan: Mengobati Hipertensi Sakit mata dan Rematik Tanaman Herbal

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan: Mengobati Hipertensi, Sakit mata, dan Rematik

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan: Mengobati Hipertensi, Sakit mata, dan Rematik – Pasti kita tahu tanaman seledri, karena tanaman ini sering dijadikan sebagai pelengkap dalam makanan. Seperti pada baso dan sayur sop. Seledri (Apium graveolens) dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi. Tumbuhan seledri dikategorikan sebagai sayuran. Perkebunan seledri di indonesia terdapat di Brastagi, Sumatera Utara dan di Jawa Barat tersebar di Pacet, Pangalengan dan Cipanas yang berhawa sejuk.

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan: Mengobati Hipertensi, Sakit mata, dan RematikTumbuhan seledri memiliki daun yang lebat dan berwarna hijau dengan bau yang khas, memiliki batang basah bersusun. Bagi bangsa Romawi Kuno tumbuhan seledri digunakan sebagai karangan bunga. Menurut ahli Botani, daun seledri telah dimanfaatkan sebagai sayuran sejak tahun 1640, dan tiga ratus tahun kemudian diakui secara ilmiah sebagai tumbuhan berkhasiat obat. Pengembangbiakan tanaman seledri dapat digunakan 2 cara, yaitu melalui bijinya atau pemindahan anak rumpunnya.

Nama daerah dari seledri ini adalah Celery (lnggris), Celeri (Perancis), .Seleri (Italia); Selinon, Parsley (Jerman), Seledri (Indonesia); Seledri (Jawa), dan Saledri (Sunda). Penyakit yang dapat diobati oleh tumbuhan seledri diantaranya adalah hipertensi, sakit mata, dan rematik.

Contoh penggunaan di masyarakat Indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman ini?

Untuk mengobati penyakit darah tinggi dapat dilakukan dengan cara daun seledri secukupnya diperas dengan air masak, kemudian disaring. Air hasil saringan diminum 3 kali sehari sebanyak 2 sendok makan dan dilakukan secara teratur. Tetapi, penggunaan yang berlebihan dapat berbahaya.

Apa rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman seledri?

Seledri mempunyai banyak kandungan gizi, diantaranya kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, Vitamin A,Vitamin B1, dan Vitamin C. Daun seledri juga banyak mengandung senyawa apiin, di samping, kandungan diuretik yang bermanfaat untuk menambah jumlah air kencing.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan: Mengobati Ambeien, Mencret, Hingga Bisul. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Seledri Untuk Kesehatan: Mengobati Hipertensi, Sakit mata, dan Rematik ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top