Manfaat dan Khasiat Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan: Mengatasi Insomnnia Rematik Hingga Cacingan Tanaman Herbal

Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan: Mengatasi Insomnnia, Rematik, Hingga Cacingan

Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan: Mengatasi Insomnnia, Rematik, Hingga Cacingan – Putri malu sering kita jumpai di pekarang rumah, pesawahan dan ladang. Tanaman ini tumbuh tidur di tanah, kadang-kadang tegak. Memiliki batang yang bulat, berbulu dan berduri. Daunnya kecil-kecil tersusun secara majemuk bentuknya lonjong dengan ujung yang lancip, warnanya hijau (ada yang warna kemerahmerahan).

Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan: Mengatasi Insomnnia, Rematik, Hingga CacinganUniknya daun putri malu apabila kita sentuh akan segera menutup dengan teratur dengan demikian disebut sebagai tanaman yang sensitif (sensitif plan). Karena sifatnya itulah disebut sebagai tanaman putri malu. Bunganya berbentuk bulat seperti bola dengan warna merah muda.

Walaupun tanamannya kecil putri malu mempunyai nama daerah yang berbeda-beda diantaranya adalah si kejut, rebah bangun, akan kaget, Han xiu cao (Cina).

Putri malu dapat dimanfaatkan dalam mengobati beberapa penyakit diantaranya adalah susah tidur (insomnia), bronkitis, panas tinggi, herpes, rematik, dan cacingan.

Contoh Penggunaan di masyarakat indonesia

Bagaimana pemakaian tanaman obat Ini?

Untuk penyakit luar seperti, luka, radang kulit benanah dan herpes, putri malu dapat digunakan dengan cara tanaman yang segar dilumatkan terlebih dahulu kemudian di tempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Sedangkan untuk penyakit dalam, putri malu dapat digunakan dengan cara diminum. Contohnya apabila ada yang menderita penyakit susah tidur (insomnia), daun putri malu sebanyak 30-60 gram direbus dan diminum setiap hari.

Apakah rahasia di balik manfaat dan khasiat tanaman utri malu?

Tanaman ini memiliki rasa manis dan agak dingin dan dapat berperan sebagai penenang (tranquiliser), peluruh dahak (expectorant), anti batuk (anlitusive), penurun panas (antipirelic), anti radang (anti-inilammatory), peluruh air seni (diuretic). Kandungan kimia yang terkandung didalamnya adalah senyawa mimosine. Bagian tumbuhan putri malu yang digunakan sebagai obat adalah daun, akar, seluruh tanaman, baik yang masih seger atau yang telah dikeringkan.

Jika Anda ingin membaca artikel tanaman herbal sebelumnya, silahkan klik Manfaat Pacar Air Untuk Kesehatan: Mengobati Kanker, Bisul, Hingga Tulang Patah. Artikel kesehatan yang serupa dengan topik Manfaat Putri Malu Untuk Kesehatan: Mengatasi Insomnnia, Rematik, Hingga Cacingan ini, dapat Anda temukan dalam kategori Tanaman Herbal. Silahkan kunjungi artikel Manfaat dan Khasiat Tanaman Herbal kami yang lain.

To top